Hari Blogger Nasional 2022: Pilih Blogspot atau Wordpress?

Selamat Hari Blogger Nasional 2022 buat Teman-teman blogger di segala penjuru Indonesia. Gimana nih? Masih semangat buat ngeblog?

Aku yakin masing-masing punya cerita mengenai awal mula tertarik di dunia blog ya. Entah itu berhubungan dengan kisah sedih dan bahagia.

Tapi, apa pun ceritanya. Semoga kita selalu konsisten dengan apa yang sudah kita mulai dan berusaha untuk terus berkembang. Tanpa perlu beragam drama tercipta yang bahkan nggak elok untuk kita kenang.

Fulltime Blogger? Kenapa Nggak?


Blogger di Blogspot atau Wordpress
Fulltime Blogger di Blogspot atau Wordpress?

Sudah sejak awal masa pandemi aku memilih untuk menjadi fulltime blogger. Hal ini membuatku terlihat seperti pengangguran yang seharian hanya di rumah. Berkutat dengan laptop dan buku.

Padahal, banyak sekali pekerjaan blogger yang seolah menyita perhatian. Andai semua pekerjaan itu bisa bersuara. Aku yakin, keriuhannya nggak kalah sama ibu-ibu yang berebut mendapatkan barang diskonan.

Hal menyenangkannya adalah kegiatan ngeblog ini membuatku mendapatkan penghasilan. Mungkin terkesan receh. Tapi bisa memenuhi semua kebutuhan dan sesekali menuruti hobi traveling.

Jadi, meski banyak yang menganggapku sebagai pengangguran. Dan suka hati minta tolong tanpa perduli dengan deretan deadline yang menyita perhatian. Aku mah cuek saja dan membantu mereka sebisaku.

Bacaan Menarik Lainnya:

Pilih Blogspot atau Wordpress?


Hari Blogger Nasional 2022

Awal mula aku memutuskan ngeblog sampai sekarang. Permasalahan yang nggak henti menjadi pertanyaan adalah pilih ngeblog dengan blogspot atau wordpress?

Well, aku sendiri sulit untuk memutuskan pilihan terbaiknya. Karena saat ini, aku punya blog di kedua platform tersebut.

Jawaban yang bisa kuberikan hanya standart saja. Bahwa masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tinggal kita nyamannya di mana. Pake platform apa. Lalu fokus mengerjakannya.

Apa itu Blogspot?

Blogspot atau blogger adalah layanan ngeblog gratis dari Google. Kita bisa membuat blog dengan mendaftar pakai akun Google. Domain yang kita miliki biasanya berupa namadomain.blogspot.com

Kalau pun kita ingin yang lebih profesional. Maka kita bisa menghilangkan kata blogspot di nama domain kita melalui beberapa pengaturan yang ada di dashboard blogger. Tapi sebelum itu, kita sudah harus menyewa nama melalui penyedia nama domain.

Bacaan Menarik Lainnya:

Apa itu Wordpress?

Wordpress adalah platform CMS yang memungkinkan kita untuk membuat blog sendiri. Platform ini terbagi menjadi 2, yaitu wordpress.com dan wordpress.org

Apa saja perbedaan wordpress.com dan wordpress.org?

  1. wordpress.com hanya menggunakan hosting milik wordpress, sedangkan wordpress.org bisa pakai word press hosting sendiri.
  2. wordpress.com nggak bisa mengontrol website sepenuhnya, sedangkan wordpress.org memungkinkan kita mengontrol website dengan lebih leluasa.

Perbedaan Blogspot dan Wordpress

Lalu apa bedanya blogspot dan wordpress? Well, sejak awal ngeblog, aku sudah menggunakan kedua platform ini.

Oleh karena itu, sedikit atau banyak aku punya catatan mengenai perbedaan keduanya. Biar lebih mudah, aku akan menuliskannya dalam sebuah tabel berikut ini:


Blogspot atau Wordpress
Tabel Perbedaan Blogspot dan Wordpress

See! Aku sudah bilang ‘kan kalau kedua platform ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang nyaman dengan blogspot. Eh nggak sedikit yang lebih pilih wordpress karena segala kemudahannya bersama aneka ragam plugin.

Sudah Kenal Domainesia?

Misalkan, Teman-teman mau mulai ngeblog dan pinginnya gratisan. Maka coba pake blogger deh. Kita bisa mengintegrasikan blog gratisan di blogspot ke Google Analytics. Sehingga, meski gratisan, kita tetap bisa menganalisa performa blog.

Tapi, kalau mau yang profesional. Maka boleh sewa domain dan self hosting di Domainesia. Mereka fokus pada kualitas tanpa mengorbankan biaya.

Buat pemula, kita bisa sewa word press hosting. Atau kalau ingin performa situs yang lebih optimal, maka kita sewa VPS murah Domainesia saja.

Intinya, Domainesia tuh sudah menyediakan layanan hosting web yang andal, terukur, dan aman untuk individu maupun bisnis. Mereka sudah beroperasi sejak tahun 2009.

Blogspot atau Wordpress? Bebas Selagi Masih Suka Ngeblog

Jadi, kalau ada yang bertanya mengenai blogspot atau wordpress. Sebenarnya sulit menentukan pilihan.

Kalau kubilang lebih pilih wordpress, rasanya kok sayang mau memindahkan blogku yang di blogspot ke wordpress. Mau bilang lebih nyaman di blogspot. Nyatanya, kebanyakan blogku pake self hosted.

Sehingga, apapun pilihan Teman-teman, selagi masih suka ngeblog mah bebas. Yang penting mau belajar agar bisa terus berkembang.

Selamat Hari Blogger Nasional 2022.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

1 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Daku punya keduanya, meski yang WP belum TLD. Tapi Alhamdulillah sudah mengantarkan cuan. Yang penting semangat menulis di platform mana aja. SemangatCiee

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro