5 Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri

Dulu, aku pernah punya mimpi kuliah di Amerika atau Negara mana pun. Tapi, ternyata itu nggak mudah lho. Kita butuh beasiswa dan bersaing dengan ribuan orang lainnya. Terus gimana tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri dong?

Nggak mudah bukan berarti kita nggak bisa mengusahakannya sama sekali. Iya nggak?

Kenyataannya, ada lho temanku yang kuliah sampai ke Jepang hanya mengandalkan beasiswa. Jadi, kuylah berusaha dapat beasiswa ke Amerika atau Negara mana pun yang kita mau.

Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri

1. Pertahankan dan Perbaiki Prestasi


Tips Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri
Pertahankan dan Tingkatkan Prestasi


Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri adalah mempertahankan prestasi kita. Lebih bagus lagi kalau kita bisa meningkatkannya.

Gimana dong? Kita harus siap bersaing dengan ribuan orang di luar sana. Kalau prestasi kita saja sudah menyedihkan, mau bersaing gimana? Yakin bisa?

Lagian nih ya. Ada lho jenis beasiswa yang diberikan pada siswa atau mahasiswa yang punya prestasi dalam bidang akademik mau pun non akademik.

Tentu kalau prestasi kita sudah memukau. Akan memberikan nilai plus di mata lembaga donor. Benar nggak?

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Lakukan Riset tentang Beasiswa

Kuliah ke luar negeri itu bukan main-main. Kita harus punya persiapan yang matang. Baik untuk jenis beasiswa yang kita mau, keperluan pendaftaran bahkan sampai urusan seleksinya.

Oleh karena itu, kita perlu melakukan riset habis-habisan. Beberapa hal yang wajib kita cari tahu adalah sebagai berikut:

  1. Semua jenis beasiswa yang mungkin kita ikuti, seperti beasiswa Fulbright, LPDP dan lain sebagainya.
  2. Persayaratan dokumen apa saja yang perlu kita persiapkan.
  3. Ketentuan yang harus kita penuhi, terkait berapa nilai TOEFL, IELTS dan lain sebagainya.
  4. Segala hal tentang beasiswa terkait, mulai dari siapa lembaga penyelenggaranya, apakah beasiswanya bersifat penuh atau parsial dan lain-lain.
  5. Cari tahu tentang pengalaman orang-orang yang pernah atau sedang menerima beasiswa yang kita inginkan.

3. Seleksi dan Pilih Beasiswa yang Terbaik


Cara Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri
Seleksi Beasiswa dan Pilih yang Sesuai dengan Minat dan Impian Kita


Setelah mendapatkan semua informasi mengenai beasiswa. Maka langkah selanjutnya adalah mulai memetakan semua informasi tersebut.

Ingat ya! Ini bukanlah gambling untuk mencoba semua peluang yang ada. Lalu menunggu mana yang memberikan jalan dengan anggapan yang penting kuliah di luar negeri dululah. Mau di mana juga bebas.

Kita harus memastikan bahwa beasiswa yang kita pilih memang sejalan dengan apa yang menjadi mimpi kita. Misal, kita suka bertani bahkan S1nya di Pertanian. Lantas S2nya merasa nggak masalah kalau diterima di Ekonomi karena kita merasa peluangnya lebih besar di sana.

No. Nggak gitu konsepnya ya, Sobat. Kita bisa membuat klasifikasi seperti Negara, universitas, program studi, bahasa, jenis beasiswa sampa kapan deadline pendaftarannya.

Dari sana, kita akan tahu bahwa kita punya peluang untuk beasiswa yang mana. Lalu mulai fokus untuk mempersiapkannya.

4. Persiapan yang Matang

Begitu kita sudah menetapkan beasiswa mana yang kita mau. Tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri berikutnya adalah melakukan persiapan.

Kita bisa menyiapkan segala dokumen yang diperlukan, seperti surat rekomendasi, esai, motivation letter, sampai CV. Nggak perlu ragu kalau mau minta saran dan masukan dari para senior yang sudah lebih dulu lolos beasiswa tersebut.

Oh ya. Bukan hanya dokumen yang perlu kita persiapkan. Dalam hal ini kita juga perlu menyiapkan semua kemampuan yang mendukung. Kayak urusan bahasa, baik bahasa yang nantinya kita pakai sehari-hari di Negara tujuan atau bahasa yang menjadi syarat masuk beasiswa.

Bacaan Menarik Lainnya:

5. Ajukan Permohonan Beasiswa sesuai Ketentuan

Setelah semua perjuangan yang telah kita lakukan. Pada akhirnya adalah kita mengajukan permohonan beasiswa sesuai ketentuan yang berlaku.

Ikuti semua tahapan administrasi, seleksi dan lain-lain. Sembari berharap kita bisa melewati semua tahapannya. Sampai akhirnya, kita mendapat pemberitahuan apakah kita lolos atau nggak dalam seleksinya.

Kalau pun nggak lolos. Kita bisa mengikuti seleksi pada periode selanjutnya ya. Jadi, tetap semangat dan menyerah!

Selamat Belajar di Luar Negeri

Melakukan 5 tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri tentu bukan sesuatu yang mudah. Kita harus memastikan bahwa kita punya prestasi yang bagus dan riset habis-habisan untuk mengetahui semua beasiswa sampai seluk-beluknya.

Belum lagi harus menyeleksi beasiswa mana yang mungkin bagus untuk impian kita. Melakukan persiapan dengan matang. Sampai deg-degan menunggu pengumuman hasil seleksi.

Tapi, semua itu bakalan worth it banget saat kita mendapatkan surat pemberitahuan bahwa kita lolos seleksi. Selamat belajar di Luar Negeri ya, Sobat!

Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

1 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. dulu waktu masih kuliah, aku sering datang ke pameran pendidikan luar negeri, memang pengennya bisa lanjut S2 ke Belanda
    rutin dateng ke pameran, tapi usaha untuk ikutan seleksinya kurang besar meskipun niatnya tinggi.
    alhasil sampe sekarang jadi impian terus

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro