Rekomendasi Ide Liburan Akhir Tahun yang Seru dan Menyenangkan

Ada yang sudah punya ide liburan akhir tahun yang seru dan menyenangkan nggak? Ingat ya! Tahun 2022 sudah mau berakhir nih. Nggak asyik ah kalau moment akhir tahun berlalu begitu saja. Iya nggak sih?

Minimal rencanakan beberapa kegiatanlah sama teman atau keluarga. Sekalian kita bisa evaluasi apa saja yang sudah terjadi selama tahun 2022.

Barangkali ada yang perlu kita tingkatkan. Atau ada yang perlu kita perbaiki untuk membuat resolusi di tahun 2023. Semacam itulah.

Ini Dia Rekomendasi Ide Liburan Akhir Tahun yang Seru

1. Camping Bersama Teman atau Keluarga

Ide Liburan Akhir Tahun


Aku melakukan ide pertama ini di tahun 2017. Saat aku masih kerja di Semarang.

Waktu itu aku dan teman kosku memutuskan untuk menghabiskan malam pergantian tahun di Jogja. Awalnya nggak kepikiran buat camping sih.

Tapi, teman kosku malah bertemu dengan teman-teman dari organisasi Pramukanya. Mereka mengajak kami buat camping bersama di pantai Kesirat.

Kupikir daripada cuma muter-muter Malioboro, mending mah ikut mereka saja. Dan aku nggak menyesal dengan keputusan itu. Karena ternyata, camping saat malam tahun baruan tuh asyik banget.

Merasakan sensasi menghitung mundur waktu pergantian tahun, sembari menyaksikan kembang api yang dilepas ke langit itu seru.

Apalagi lokasi camping di pantai Kesirat tuh nggak persis di bibir pantai sih. Tapi kayak semacam di atas tebing gitu dengan area camping yang cukup luas.

Banyak kok orang-orang yang memilih camping di malam tahun baru kayak kami. Dimana pun lokasi campingnya, pastikan saja, kita nggak meninggalkan sampah di area camping ya, Gaes!

2. Hiking

Pada dasarnya hiking adalah berjalan kaki di alam terbuka. Kegiatan ini mengandung unsur permainan, petualangan dan romantika kehidupan.

Kita bisa melakukannya sendiri atau bersama kesayangan. Apalagi bila kita melakukannya sebagai liburan akhir tahun. Pasti menyenangkan sembari ngobrolin masa depan bersama. Ceileh.

Nggak perlu track yang berat sih. Cukup track yang ringan saja. Atau kalau mau sih di perbukitan. Biar kita nggak terlalu capek.

Aku sih belum pernah memilih ide liburan akhir tahun dengan hiking. Karena memang belum punya patner yang cocok untuk aktivitas ini. Kalau Teman-teman mau mah boleh kok. Asyik lho!

3. Piknik Santai

Rekomendasi yang ini kayaknya lebih bisa kalau kita bilang sebagai rangkaian acara liburan akhir tahun. Kok gitu?

Kita bisa memilih untuk piknik santai bersama teman atau keluarga di pagi atau siang hari. Pilihan tempatnya sih bebas saja. Mau di taman atau pantai.

Persiapkan bekal makanan untuk kita nikmati saat piknik. Bisa jajanan tradisional, kimbab dan lain-lain.

Sambil makan, kita bisa mengobrol banyak dengan teman atau keluarga dalam suasana yang santai. Kita bisa saling intropeksi diri atau menyampaikan apa pun yang menjadi pengganjal dalam hati.

Jadi, kita bisa membuka lembaran baru yang lebih baik untuk tahun depan nanti.

Setelah itu, malamnya kita bisa menghabiskan waktu dengan aktivitas lain yang nggak kalah asyik. Main game bersama sambil menunggu pergantian tahun. Atau barbeque-an.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Mengunjungi Wisata Budaya dan Sejarah

Satu hal yang mungkin masih berhubungan dengan waktu yaitu sejarah. Bahkan kata Bung Karno, jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Oleh karena itu, momen liburan pergantian tahun akan lebih bermakna kalau kita bisa berkunjung ke wisata budaya dan sejarah.

Kita bisa belajar banyak hal tentang budaya. Juga mengenang sejarahnya. Menjadikan itu sebagai cermin untuk menjalani kehidupan tahun mendatang.

Teman-teman bisa mencari situs-situs wisata sejarah melalui website AshefaNews ya! Kayaknya ada tulisan mengenai Sejarah Candi Abang yang ada di Sleman, Yogyakarta deh.

5. Menonton Film Favorit di Bioskop


Liburan Akhir Tahun


Biasanya, akhir tahun tuh muncul film-film box office yang keren-keren di bioskop. Kayak Avatar: The Way of Water, Cek Toko Sebelah 2, Qorin, KKN Di Desa Penari Luwih Dowo Luwih Medeni, Tumbal Kanjeng Iblis dan lain-lain.

Nah, daripada bengong di rumah karena nggak punya ide mau melakukan apa-apa untuk momen liburan akhir tahun. Mending kita melipir ke bioskop deh.

Cari tahu film yang mau kita tonton. Kalau aku lagi penasaran sama Avatar: The Way of Water. Terus beli tiketnya dan nonton.

Apalagi di bioskop tuh ada ‘kan pemutaran film yang sampai midnight gitu. Kayaknya nonton bakalan lebih syahdu dan tenang. Cobain, Gengs!

Atau kalau nggak gitu. Ya udah, habis nonton kita bisa terusin keliling kota sampai momen pergantian tahun. Pasti ramai dong. Kita bisa ikut merasakan euforianya.

6. Staycation

Beberapa waktu belakangan staycation menjadi salah satu pilihan liburan terbaik untuk keluarga. Kita bisa sekalian melepas penas dan ketegangan dengan cara sederhana tapi tetap mengutamakan quality time bersama keluarga.

Menurutku, nggak ada salahnya kok kalau menjadikan kegiatan staycation sebagai ide liburan akhir tahun. Kita bisa seru-seruan bersama keluarga di penginapan. Sambil lalu merasakan atmosfer lingkungan yang berbeda.

Pilih hotel atau penginapan yang sesuai dengan kondisi kita. Boleh yang mewah kalau memungkinkan atau hotel-hotel yang lucu tapi mengesankan. Intinya mah kita harus bisa menikmati waktu bersama keluarga.

Tapi ingat ya! Kalau mau staycation di akhir tahun. Jangan memesan hotel di waktu mepet!

Karena ide staycation bukan hanya milik kita seorang. Ada banyak keluarga yang punya ide serupa.

Jadi, booking hotelnya harus jauh hari sebelum akhir tahun. Selain biar nggak kehabisan kamar juga biar dapat harganya yang nggak terlalu mahal. Iya nggak?

Bacaan Menarik Lainnya:

7. Ngumpul Bareng dengan Sahabat atau Komunitas

Buat yang sedang jauh dari keluarga. Entah untuk urusan pekerjaan atau studi. Nggak usah merasa sedih karena nggak bisa menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga ya.

Kita tetap punya ide liburan akhir tahun yang seru dan menyenangkan kok. Salah satunya adalah sekedar berkumpul bersama sahabat atau komunitas.

Biasanya ‘kan komunitas suka mengadakan acara-acara tuh untuk merayakan suatu event. Siapa tahu saja akhir tahun juga bisa jadi event tahunan. Mau acaranya hanya berisi diskusi atau kegiatan menyenangkan yang lain.

Aku sih yakin asal kita berkumpul sama sahabat atau orang-orang yang punya passion yang sama. Pasti bakal terasa menyenangkan. Benar nggak?

8. Rebahan Di Rumah Sambil Nonton Film

Pada akhirnya, kita nggak bisa mengesampingkan rebahan di rumah sebagai ide liburan akhir tahun lho. Namanya juga hari libur. Kebanyakan dari kita pasti milih rebahan.

Toh kita bisa sambil merenungkan gimana perjalanan kita di tahun sebelumnya. Kemudian memikirkan apa saja target yang ingin kita capai di tahun yang akan datang. Sekaligus bagaimana strategi untuk mencapainya.

Setelah semua target sudah kita tentukan. Strategi untuk mencapainya sudah kita susun. Mau lanjut rebahan sambil nonton film di Netflix akan lebih seru.

Habiskan Waktu Liburan Akhir Tahun Bersama Teman dan Keluarga

Apapun ide liburan akhir tahun yang ingin kita lakukan. Akan lebih baik kalau kita lewati bersama teman atau keluarga. Rasanya pasti lebih seru dan menyenangkan.

Kalau Teman-teman sudah punya rencana apa nih di akhir tahun nanti? Kalau aku sih paling berkumpul dengan sahabat. Mumpung para sahabatku bisa meluangkan waktu.

Tahu sendirilah ya! Saat kita sudah dewasa, kita sudah punya kehidupan masing-masing. Mau sedekat apa kita dengan sahabat. Nggak bakal bisa lagi menghabiskan waktu kayak saat masih sekolah.

Jadi, selamat berlibur dan bersenang-senang ya!

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

1 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Kalau daku pas liburan selain ama ponakan nonton film dan baca buku.
    Pengen staycation takutnya penuh hehe.
    Jadinya menikmati yang dekat aja

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro