5 Tips Naik Bus untuk Menempuh Perjalanan Antarkota

Mungkin ada yang sedang menyusun rencana untuk melakukan perjalanan ke luar kota? Wah, senang banget dong pastinya!

Kegiatan traveling semacam ini bisa menjadi salah satu momen refreshing di tengah kepadatan rutinitas harian. Kita juga bakal excited banget dalam melakukan persiapan, termasuk menentukan transportasi apa yang akan kita gunakan.

Saat ini, ada banyak pilihan transportasi yang tersedia, mulai dari kendaraan pribadi hingga transportasi umum. Salah satunya, transportasi darat dengan bus. Perjalanan antarkota dari Jakarta ke Bandung misalnya dapat kita tempuh dengan bus Primajasa. Untuk menggunakan layanannya, kita dapat pesan tiket bus Primajasa di Traveloka terlebih dahulu.


tips naik bus untuk ke luar kota
Sumber Foto: Website Traveloka


Tips Naik Bus untuk Menempuh Perjalanan Antarkota

Nah, agar perjalanan naik bus lebih nyaman bagi kita, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu.

1. Beli Tiket Beberapa Hari Sebelumnya

Ada orang yang memang senang melakukan perjalanan mendadak atau tanpa persiapan sebelumnya. Kayak aku. Spontanitas seperti ini bisa menciptakan pengalaman yang baru dan menegangkan. Namun, kita juga harus siap dengan risiko yang mungkin terjadi, misalnya kehabisan tiket kendaraan.

Jika ingin menikmati perjalanan yang nyaman dan santai, persiapkan kebutuhan dari jauh-jauh hari. Belilah tiket bus atau transportasi apa pun yang kita gunakan beberapa waktu sebelum keberangkatan. Bukan hanya akan merasa lebih aman karena tiket sudah di tangan, kita pun berkesempatan memperoleh harga yang lebih murah.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Pertimbangkan Barang Bawaan

Salah satu keuntungan bepergian dengan kendaraan pribadi adalah lebih fleksibel saat membawa barang. Kita bisa menyimpan barang di bagasi mobil atau meletakkannya di kabin jika memungkinkan. Kita nggak perlu membawa turun barang-barang tersebut jika harus berhenti di suatu tempat. Letakkan saja di dalam mobil dan dijamin aman.

Berbeda dengan kendaraan pribadi, kita harus mempertimbangkan barang bawaan saat naik bus. Pertama, ruang penyimpanan di dalam bus lebih terbatas karena diisi oleh banyak orang. Kedua, kita juga akan kesulitan membawa barang-barang tersebut. Bahkan, barang berharga harus ditenteng terus-menerus agar tetap aman. Karena itu, sebaiknya batasi barang bawaan saat naik bus.

3. Ketahui Titik Keberangkatan dan Titik Turun

Tips selanjutnya yang nggak kalah penting adalah mengetahui titik keberangkatan dan titik turun dari bus. Titik keberangkatan adalah tempat kita akan naik ke bus. Biasanya, ada titik tetap yang sudah ditentukan oleh pengelola bus, misalnya di terminal atau di lokasi tertentu. Nah, kita harus mempersiapkan transportasi menuju ke titik tersebut.

Sebaliknya, titik turun adalah lokasi akan turun dari bus. Beberapa bus mengizinkan penumpang turun di beberapa titik tertentu. Pastikan lokasi kita turun cukup dekat dengan tujuan sebenarnya. Selain itu, kita juga perlu mempersiapkan transportasi dari titik turun ke lokasi tujuan. Jangan lupa untuk memberitahu pihak bus mengenai hal ini, ya.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Memilih Tempat Duduk yang Nyaman


Naik Bus dengan Traveloka
Sumber Foto: Website Traveloka


Karena perjalanan antarkota memakan waktu yang cukup panjang, sangat penting untuk memastikan bahwa kita akan merasa nyaman. Faktor yang bisa menciptakan kenyamanan dalam transportasi adalah tempat duduk yang sesuai. Ada orang yang suka tempat duduk di dekat jendela, ada pula yang suka dekat lorong karena lebih leluasa.

Apa pun pilihan kita, pastikan kita telah memesannya lebih dahulu. Biasanya pemesanan tempat duduk bisa kita lakukan saat membeli tiket. Kalau ini sudah dilakukan, kita bisa lebih tenang karena nggak perlu memperebutkan tempat duduk strategis di bus dengan orang lain.

5. Selalu Waspada dengan Sekitar

Bahaya bisa ada di mana saja, termasuk ketika naik bus. Ada oknum-oknum yang mengincar barang berharga ketika orang lain terlihat lengah. Agar nggak menjadi korban, kita wajib tetap waspada saat naik kendaraan umum seperti bus. Perhatikan sekeliling dan ketahui jika ada hal yang mencurigakan.

Kejadian nggak diharapkan bisa kita antisipasi dengan menyimpan barang berharga di tas dengan cermat. Tempatkan dompet dan dokumen penting pada tempat yang sulit dijangkau oleh orang lain.

Jika bepergian sendiri, kita pun perlu ekstra waspada. Usahakan agar tas berisi barang berharga selalu berada dalam pengawasan. kita.

Naik bus untuk bepergian dari satu kota ke kota lain bisa sangat menyenangkan. Kita bisa melihat pemandangan sepanjang perjalanan dengan lebih leluasa. Selain itu, harganya biasanya lebih terjangkau. Perjalanan pun bisa lebih fleksibel karena jadwal bus cukup banyak.

Nah, agar pengalaman naik bus bisa lebih optimal, jangan lewatkan tips-tips yang baru saja kita bahas ya. Percaya deh, kita akan menikmati perjalanan dan tiba di tujuan dengan selamat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Selamat liburan!

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro