Daftar Lengkap Nama Provinsi di Pulau Sumatera Beserta Ibukotanya

Pulau Sumatera yang masuk dalam wilayah Indonesia ternyata adalah pulah terbesar ke-6 di dunia, loh. Nama lain dari pulau ini adalah Suwarnadwipa yang artinya pulau emas.

Omong-omong soal Pulau Sumatera, udah pada tau nggak provinsi yang ada di pulau ini? Jika belum, yuk ah pelajari dulu nama provinsi di Pulau Sumatera itu apa saja? Nanti aku, Luluk Sobari, Si Lifestyle Bloger and Gardening Enthusiast bakalan kasih tahu nama ibukota dan ciri khas setiap provinsinya.

Ya, sebagai tambahan ilmu pengetahuan umum. Iya nggak? Siapa tahu juga nanti Teman-teman pada punya kesempatan berkunjung ke pulau tersebut. Jadi nggak usah bingung-bingung lagi deh untuk menentukan provinsi yang akan dituju lebih dulu. Plus apa saja yang bisa kita lakukan di sana.

Nama Provinsi di Pulau Sumatera


Nama Provinsi di Pulau Sumatera


Pulau Sumatera itu bentuknya memanjang. Luasnya lebih dari 470 ribu km2 dan secara umum dihuni oleh suku Melayu. Total ada 10 provinsi yang berada di Pulau Sumatera ini. Apa saja? Berikut daftarnya! Kita mulai dari arah utara, ya.

1. Provinsi Aceh

Pertama adalah provinsi Aceh dengan ibukota Banda Aceh. Provinsi ini masuk dalam daftar Daerah Istimewa Indonesia selain Yogygakarta. Kenapa? Karena merupakan satu-satunya daerah yang menerapkan hukum syariat Islam di Indonesia.

Jadi, kalau berkunjung ke sana ya kita harus ikut aturannya. Biar tetap nyaman saat liburan.

2. Provinsi Sumatera Utara

Kedua ada Provinsi Sumatera Utara dengan ibukota bernama Medan. Medan identik dengan suku Batak dan cara bicara khas yang keras.

Seperti orang Madura, orang Medan juga terkenal sebagai perantau ulung. Bahkan banyak orang Medan yang jadi pengacara di Jakarta.

Bacaan Menarik Lainnya:

Urusan makanan, temanku yang pernah berinteraksi dengan orang Medan dan suka dibawain oleh-oleh paling suka sama Bolu Meranti. Meski begitu, ada banyak kok jajanan Medan yang enak lainnya.

3. Provinsi Sumatera Barat

Ketiga adalah Provinsi Sumatera Barat dengan ibukota Padang. Sebuah kota yang sangat terkenal dengan makanannya yang bersantan dan pedas yaitu Nasi Padang. Selain nasi padang, makanan khas yang sangat terkenal dari daerah ini adalah sate dan rendang.

Meski kita nggak harus ke Padang untuk menikmati segala makanan itu. Karena orang Padang juga banyak membuka restoran khas makanan daerah mereka di kota lain. Sebut saja Mama Fuji yang punya usaha jajanan dan rendang.

4. Provinsi Riau

Keempat Provinsi Riau dengan ibukota bernama Pekanbaru. Apa yang khas dari provinsi yang satu ini? Provinsi Riau mendapat julukan sebagai Bumi Lancang Kuning. Lancang sendiri artinya adalah perahu layar.

5. Provinsi Kepulauan Riau

Kelima ada Provinsi Kepualauan Riau atau Kepri dengan ibukota Tanjung Pinang. Masuk dalam kategori provinsi muda di Indonesia karena sebenarnya Kepri adalah hasil pemekaran dari Pronvinsi Riau sendiri.

6. Provinsi Jambi

Keenam ada Provinsi Jambi dengan ibukota bernama Jambi juga. Provinsi ini terkenal dengan komplek percandian Hindu-Budha bernama Muaro Jambi. Merupakan sebuah komplek percandian paling luas di Asia Tenggara.

Kita bisa berkunjung ke Muaro Jambi saat memilih liburan ke sana ya, Gaes.

Bacaan Menarik Lainnya:

7. Provinsi Bengkulu

Ketujuh ada Provinsi Bengkulu dengan ibukota bernama Bengkulu juga. Bengkulu dikenal dengan sebutan Bumi Raflesia karena bunga raflesia arnoldi pertama kali ditemukan di Provinsi ini.

8. Provinsi Sumatera Selatan

Kedelapan ada Provinsi Sumatera Selatan dengan ibukota bernama Palembang. Wah, langsung pada terpikir pempek kapal selam Palembang nggak nih? Kalau ke sana, jangan lupa beli, ya.

Menurut temanku yang dulu sering bolak-balik ke Palembang karena urusan dinas kantornya. Dia paling suka makan pempek dan minum es kacang merah di Vico.

9. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Kesembilan ada Provinisi Kepulauan Bangka Belitung dengan ibukota Pangkal Pinang. Provinsi ini mulai dikenal ke seantero Indonesia sejak adanya film Laskar Pelangi. Adaptasi dari novel karangan Andrea Hirata.

Jadi, kalau misalkan ada kesempatan untuk berkunjung ke Bangka Belitung mungkin kita bisa berkunjung ke lokasi syuting film ini ya. Karena lokasinya juga jadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal mau pun Manca Negara.

10. Provinsi Lampung

Terakhir ada Provinsi Lampung dengan ibukota Bandar Lampung. Provinsi ini menjadi pintu masuk ke Pulau Sumatera bagi orang-orang yang datang dari Banten, Jawa. Yakni melalui Pelabuhan Merak di Banteng ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung.

Gimana, sekarang Teman-teman sudah tahu kan apa saja nama provinisi di Pulau Sumatera beserta ibukotanya?

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro