Kenali Dulu Jenis-jenis Obligasi Sebelum Mulai Investasi

Investasi adalah salah satu cara kita dalam mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial. Kita bisa memanfaatkan beragam instrument investasi, termasuk obligasi. Tapi, sebelum memutuskan untuk mulai investasi di sana. Kita harus paham dulu apa saja jenis-jenis obligasi?

Definisi Obligasi


Jenis-jenis Obligasi


Dari apa yang kubaca di website sikapiuangmu milik OJK, definisi obligasi adalah surat utang, baik jangka menengah atau jangka panjang yang bisa diperjualbelikan.

Mudahnya tuh begini, penerbit obligasi adalah pihak yang berutang. Sedangkan pemegang obligasi kayak kita adalah pihak yang berpiutang.

Latar belakang penerbitan obligasi ini adalah upaya untuk menghimpun dana dari masyarakat. Di mana dana ini bisa digunakan sebagai sumber pendanaan.

Kalau bagi pebisnis, maka obligasi bisa untuk memperoleh dana segar agar usahanya lancar. Sedangkan bagi Negara, obligasi bisa bermanfaat untuk membiayai sebagian deficit APBN.

Selayaknya surat utang, maka di obligasi tertulis tanggal jatuh tempo pembayaran utang beserta bunganya (kupon). Di mana pembayaran ini merupakan kewajiban penerbit obligasi kepada pemegang obligasi.

Jangka waktunya bisa beragam. Kalau di Indonesia umumnya mulai dari 1 sampai 10 tahun.

Jenis-jenis Obligasi

Secara umum, jenis obligasi terbagi dalam tiga kategori, sebagai berikut:

1. Obligasi Pemerintah

Sesuai namanya, penerbit surat utang ini adalah pemerintah RI. Ada beberapa jenis obligasi pemerintah yaitu:

  1. Obligasi kupon tetap.
  2. Obligasi kupon variable.
  3. Surat utang dengan prinsip syariah atau Sukuk Negara.

2. Obligasi Korporasi

Obligasi korporasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh korporasi Indonesia, baik BUMN dan korporasi lainnya. Mereka menerbitkan 3 jenis obligasi yang sama dengan pemerintah yaitu obligasi dengan kupon tetap, kupon variable dan obligasi dengan prinsip syariah.

Hanya saja, dalam hal ini, ada obligasi korporasi yang sudah diperingkat dan ada yang belum.

3. Obligasi Ritel

Jenis obligasi ketiga adalah obligasi ritel. Obligasi ini diterbitkan oleh Pemerintah dan dijual pada individu atau perseorangan melalui agen penjual yang Pemeritah tunjuk.

Kenali Dulu Jenis-jenis Obligasi Sebelum Mulai Investasi

Kalau Teman-teman merasa tertarik dengan instrument investasi berupa obligasi. Memang nggak bisa membeli sembarangan sih.

Misalkan ya, saat Pemerintah menerbitkan obligasi dan kita tertarik untuk membelinya. Maka, kita harus membeli lewat agen penjual yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah, bisa bank, lembaga sekuritas dan platform investasi tertentu.

Hal yang pasti adalah kita harus mengenal jenis-jenis obligasi terlebih dahulu. Lalu apakah obligasinya memiliki kupon atau nggak? Semacam itulah.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro