Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan dan Gimana Memantaunya

Pada bulan Ramadhan, kita akan melakukan puasa dengan menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. Selain itu, anjuran untuk meningkatkan volume ibadah dan bangun untuk sahur membuat pola tidur kita pun berantakan.

Hal itu membuat tubuh nggak terhidrasi dengan baik dan mungkin akan mengganggu kesehatan kita. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita mengikuti beberapa tips menjaga kesehatan di bulan Ramadhan dan memantaunya dengan baik.

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

1. Atur Pola Makan Saat Sahur dan Buka


Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan
Mengatur pola makan saat sahur dan berbuka


Iya. Aku paham kok. Beberapa orang memang kadang sangat malas buat makan sahur, baik karena masih mengantuk atau karena enggan makan di jam yang seharusnya kita masih nyenyak tidur.

Tapi, tahu nggak sih, Gaes? Sahur tuh punya peranan penting untuk menjaga stamina tubuh dalam menjalankan ibadah dan aktivitas siang hari selama puasa. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan menghindari makanan yang tinggi minyak biar nggak menyumbat pembuluh darah dan nggak bikin ngantuk.

Sebaliknya, saat buka puasa, kita malah kadang kalap dan "lapar mata". Rasanya, kita ingin makan semua menu makanan dan minuman yang terhidang di meja makan. Nggak heran kalau saat puasa tuh malah banyak yang obesitas.

Biar mudah memantau asupan kalori dan nutrisi termasuk cairan bagi tubuh. Kita bisa lho pakai aplikasi MyFitnessPal. Salah satu situs teknologi merekomendasikan aplikasi ini untuk memantau kesehatan kita selama bulan Ramadhan lho.

2. Pastikan Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Pas belum bulan Ramadhan saja banyak yang nggak aware soal kebutuhan cairan tubuh. Apalagi pas puasa, di mana kita memang harus menahan diri dari makan dan minum selama lebih dari 12 jam.

Tapi, Gaes. Memastikan kebutuhan cairan terpenuhi tuh penting banget lho. Biar tubuh nggak berisiko terkena dehidrasi yang menyebabkan badan terasa lemas, sakit kepala, sembelit dan urine berwarna lebih pekat atau gelap.

Kita bisa mengonsumsi air dengan aturan dua gelas saat sahur, empat gelas saat buka dan dua gelas sebelum tidur. Atau atur deh pakai aplikasi WaterMinder.

Jangan lupa pakai internet yang cepat dan stabil ya! Biar reminder dari aplikasinya bisa tepat.

3. Tetap Beraktivitas dan Olahraga Ringan


Olahraga Ringan Meski Puasa
Tetap Berolahraga Meski Puasa


Tidur di bulan Ramadhan tuh juga ibadah. Pasti seringlah ya mendengar kutipan ini. Bikin beberapa dari kita lebih suka rebahan ketimbang melakukan aktivitas fisik apalagi olahraga.

Padahal, kita perlu untuk terus bergerak minimal 30 menit setiap harinya agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap berolahraga ringan meski kita sedang berpuasa ya.

Kita bisa tuh memanfaatkan aplikasi Muslimah Fit. Di aplikasi itu ada panduan latihan fisik dan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh saat puasa lho.

4. Bila Perlu Konsultasi Ke Dokter

Ada kondisi-kondisi khusus yang bikin kita perlu buat konsultasi ke dokter biar aman berpuasa. Misal, ketika kita punya penyakit kronis, kayak diabetes, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Kita bisa kok konsultasi dokter via online menggunakan aplikasi Halodoc. Di sana juga bisa beli obat, vitamin dan suplemen yang mungkin kita butuhkan.

5. Menjaga Pola Tidur


Pantau Kesehatan di Bulan Ramadhan


Selama bulan Ramadhan, kita akan memiliki aktivitas menyiapkan makan sahur yang bikin kita bangun dini hari. Oleh karena itu, kalau nggak terlalu penting mending kita nggak tidur terlalu malam ya.

Bila kita menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan di bulan Ramadhan tersebut. Maka, harapan kita adalah terhindar dari masalah kesehatan yang bikin ibadah kita nggak lancar.

Gunakan Akses Internet yang Cepat dan Stabil untuk Pantau Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

Dalam hal memantau kesehatan selama bulan Ramadhan, kita memerlukan bantuan beberapa aplikasi, yaitu MyFitnessPal, WaterMinder, Muslimah Fit dan Halodoc. Menjalankan semua aplikasi tersebut tentu membutuhkan akses internet. IndiHome sebagai penyedia layanan internet tentu memfasilitasinya dengan baik.

Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan IndiHome dari Telkom Indonesia. Karena mereka adalah solusi internet cepat, berkelas dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas.

Mau mendengarkan tausiyah atau menonton video-video selama Ramadhan juga gampang sih kalau pakai provider internet IndiHome tuh.

Yakin masih mikir mau jadikan IndiHome sebagai patner terbaik untuk merasakan peran internet dalam memantau kondisi tubuh kita selama Ramadhan?

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

24 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. jangan olahraga di bulan ramadan, sebelum puasa aja aku jarang olahraga mba, hahaha. nakal ya. tapi jalan kaki aku sering, jadi itu yang tetap aku lakuin sampai sekarang. apalagi aku udah donlot aplikasi mengukur track jalan kaki dan lari seperti pedometer. aku juga instal MyFitnessPal dan Halodoc untuk cek diet dan info kesehatan.

    BalasHapus
  2. Biasanya pas buka puasa, godaan untuk menyantap semua makanan ya, Mbak. Apalagi penjual makanan itu sangat beragam dan enak-enak semua. Tapi tetap harus menjaga pola makan, agar kondisi badan tetap terjaga dan sehat. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa pantau kesehatan lewat internet.

    BalasHapus
  3. waah menjaga pola tidur ini yang agak susah, akhir akhir ini tidurku agaj nggak teratur. Terima kasih remindernya mbak..

    BalasHapus
  4. Menjalankan beberapa tips di atas saat ramadhan menjadi hal yang sangat penting. Terlebih jika menunaikan puasa bersama anak-anak di ramadhan , orang tua harus betul-betul memperhatikan asupan dan kondisi kesehatan anak. Bisa juga melakukan pemantauan kesehatan secara berkala dengan memanfaatkan internet

    BalasHapus
  5. Konon katanya olahraga ringan malah bisa bikin badan lebih fresh yaa...Jadinya engga lemes dan ngantuk. Manfaat adanya wifi rumah kita jadi bisa cari informasi lengkap tentang kesehatan yah...

    BalasHapus
  6. Jam tidur memungkinkan berubah, dan ini bisa berpengaruh juga ya pada keseharian, jadi lebih mudah mengantuk dan menguap. Sehingga perlu disiasati dengan mengaturnya dan berolahraga

    BalasHapus
  7. Kalau saya suka lupa olahraga nih kak, karena kalu siang lemes kalau malam ngantuk. Tapi tetap bergerak utk mengerjakan pekerjaan rumah tangga :D

    BalasHapus
  8. iya nih kak, bisa memantau kesehatan dengan modal internet selama bulan ramadan. modalnya ya dengan aplikasi tertentu biasanya yaa

    BalasHapus
  9. Memantau kesehatan sangat penting apalagi dalam keadaan puasa. Banyak yang sakit akibat cuaca tak menentu. Beruntung ada jnternet jadi bisa memantau kesehatan mandiri

    BalasHapus
  10. Ramadan harus banget mantau kesehatan tubuh biar bisa fit terus selama menjalankan ibadah saum ini. Pola makan dan pola hidup juga harus tetap sehat, ya

    BalasHapus
  11. Emang bener kalau puasa harus memastikan asupan nutrisi bergizi cukup buat tubuh. Jangan lupa olahraga juga. Kalau lagi ngga enak badan sekarang enak ya bisa langsung konsul ke dokter lewat aplikasi kesehatan. Untung ada internet.

    BalasHapus
  12. Aku sendiri kebantu banget kemarin pas anak sakit, huhu.. bisa pantau kesehatannya via konsul online sama dokter, sejauh anak ngga mengalami gejala kegawat daruratan.

    BalasHapus
  13. Memantau kesehatan saat bulan Ramadhan memang penting banget ya Mbak. Beruntung sekarang sudah ada internet cepat dari IndiHome. Jadi aktivitas online semua bisa lancar tanpa buffering, termasuk menjalankan aplikasi untuk memantau kesehatan.

    BalasHapus
  14. penting banget menjaga pola makan agar tetap terkontrol saat ramadan. soalnya biasanya kalo udah buka, pengen makan ini itu hehe

    BalasHapus
  15. Emang penting banget sih nyari info kesehatan yang valid di internet. Gimana menyediakan menu sehat dan bergizi untuk sahur maupun untuk buka puasa. Dengan hadirnya internet, kita jadi terbantu banget untuk memantau kesehatan selama bulan puasa. Nice artikel Mba Yuni

    BalasHapus
  16. Menjaga kesehatan tubuh saat puasa itu penting ya mbak
    Kalau tubuh kita sehat, ibadah jadi lancar

    BalasHapus
  17. Untuk yg jaga pola tidur diriku agak kesusahan nih kalau bulan puasa. Tp alhamdullilah puasa masih aman. Yg penting asupan makanannya hrs benar2 bergizi.

    BalasHapus
  18. Aku termasuk yang selalu pakai internet untuk banyak kebutuhan termasuk menjaga kesehatan selama puasa, lewat browsing resep atau pakai aplikasi kesehatan digital

    BalasHapus
  19. Penting banget di bulan Ramadan ini kita memantau kesehatan. Biar tubuh selalu sehat, dan ibadah bisa lebih khusyuk.

    BalasHapus
  20. Selama Ramadhan ini pola istirahatku kacau. Kadang masih kerja sampai jam 11 malam. Jam 2 udah bangun buat nyiapin sahur. Besoknya repeated. Mungkin perlu konsul ke dokter, atau mungkin lebih tepat ke psikolog. Di Halodoc ada psikolog gak ya?

    BalasHapus
  21. kalo saya sendiri sih, hampir pasti setiap sahur ataupun buka konsumsi makanan atau minuman yg agak manis supaya energi di tubuh terpenuhi buat aktivitas sehari-hari,

    BalasHapus
  22. Meski puasa, tapi tetap jaga asupan makanan dan minuman dengan baik serta berolahraga yang cukup. Ini point yang paling penting sih ya.. Bersama IndiHome, terus pantau kesehatan selama Ramadan dengan aplikasi kesehatan atau website terpercaya.

    BalasHapus
  23. Kesehatan selama Ramadan penting
    Saya merasakan enggak enaknya sakit di bulan Ramadan
    Makanya internet lancar dimanfaatkan

    BalasHapus
  24. Aku juga termasuk yang kalau sakit, caru info dulu ke Google yah meskipun akhirnya tetep ke dokter. Setidaknya internet bisa ngebantu buat penanganan pertama dan kewaspadaan diri. Tapi sekarang juga udah banyak aplikasi medis sih. Emang internet ini ngebantu banget buat memaatikan kondisi kesehatan aplgi kalau pake IndiHome yak

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro