Mau Service Motor? Jangan Lupa Cek Bagian ini ya!

Selama ini, aku hanyalah pengguna motor yang nggak perduli sama urusan perawatan. Apa itu service motor? Aku hanya paham kalau aku harus melakukan penggantian oli mesin dan oli gardan saja. Itupun selalu aku lakukan bersamaan. Padahal, kedua oli ini punya masa pakai sendiri.

Lalu, bapakku pun menjelaskan bahwa service motor adalah pengecekan rutin kondisi motor yang biasanya kita lakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Nggak hanya oli mesin dan oli gardan. Ada bagian lain yang harus ikutan kita cek, seperti saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, ban dan sebagainya.

Bagian yang Wajib Kita Periksa Saat Service Motor


Service Motor


Awalnya, aku berpikir kalau aku rutin mengganti oli mesin dengan oli motor matic sesuai jenis motorku, maka motorku akan baik-baik saja. Kemudian, aku mulai merasakan motorku agak rewel. Ban bagian depan sering banget kempes. Karena banku tubles, aku hanya menambahkan angin saja.

Lalu, bapakku mengomel. “Gimana nggak kempes terus, Ning? Ban motormu sudah waktunya diganti. Wes alus banget itu.”

Begitulah ceritanya hingga aku pun mendapat penjelasan tentang bagian yang wajib kita cek saat servis motor, sebagai berikut:

1. Oli Mesin

Bagian ini sih aku nggak terlalu buta. Aku mengerti kalau oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Makanya, bapakku selalu berpesan agar aku nggak telat melakukan penggantian oli mesinnya.

Selama ini, aku menggunakan patokan jarak tempuh untuk menandai kapan aku harus mengganti oli mesin. Biasanya, pabrikan merekomendasikan penggantian oli setelah menempuh jarak 2.500 km dengan biaya meliputi biaya pembelian oli di mana harganya tergantung pada merek dan biaya jasa montir yang mengganti oli.

Meski begitu, beberapa tahun belakangan ini, sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang berani merekomendasikan penggantian oli sampai 2 kali lebih lama dari oli biasa. Dalam artian, kita boleh mengganti oli setelah menempuh jarak 5.000 km.

Hal ini karena oli yang mereka perjual-belikan sudah menggunakan teknologi ester. Di mana ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. Jadi, wajarlah ya kalau retailer ini mengklaim kalau pemakaian oli mesinnya bisa 2 kali lebih lama dari oli biasa.

2. Oli Gardan

Nggak usah ngetawain aku ya! Karena aku sudah merasa geli dan boros banget sama urusan rumus penggantian oli gardan yang kulakukan selama ini.

Meski, bagian ini juga penting untuk kita cek saat service motor. Apalagi oli gardan tuh berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CTV). Tapi, aku ‘kan nggak perlu menggantinya sesering aku mengganti oli mesin ya. Hehehe….

Bapakku bilang, pakai rumus 2 kali ganti oli mesin saja. Pada penggantian kedua baru deh bareng sama ganti oli gardan. Aku jadi merasa sudah buang-buang uang selama ini.

3. Busi

Aku sering kali berjumpa sama teman yang motornya mogok. Katanya sih persediaan bensin di tangki motornya aman. Lalu, dia bilang kalau busi motornya yang bermasalah.

Usut punya usut, busi merupakan bagian di motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api yang bikin mesin bisa menyala. Bila bagian ini nggak berfungsi dengan baik, maka sudah pasti motor akan sulit kita nyalakan. Malah bisa mogok kayak motor temanku.

Kalau sudah begitu, kita perlu melakukan penggantian busi. Biar motornya bisa menyala dengan baik lagi.

4. Kampas Rem

Ingat ya, Teman-teman! Faktor penting yang harus selalu kita perhatikan saat berkendara adalah keamanan dan keselamatan. Salah satu komponen motor yang punya pengaruh besar terhadap keselamatan kita adalah sistem pengereman.

Oleh karena itu, kita harus rutin melakukan pengecekan kondisi kampas rem saat melakukan service motor. Mengapa? Bila kampas rem sudah tipis, bikin rem kurang pakem dan beresiko menyebabkan bahaya kecelakaan.

5. Filter Udara

Selanjutnya, aku mulai mengenal filter udara. Di mana komponen filter udara di motor berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar nggak ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Biasanya sih mekanik akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Apakah filter udara motor butuh penggantian atau hanya perlu kita bersihkan saja?

6. Aki atau Accu

Sebelumnya, aku nggak tahu soal tegangan aki saat mesin mati dan menyala. Lebih ke bodo amat kali ya. Maklumlah cewek. Hehehe…

Tapi, sekali lagi, aku harus mulai aware sama kondisi motor kalau ingin dia awet menemani perjalanku. Jadi, aku mulai mengingat bahwa tegangan aki saat kondisi mesin mati yang ideal berada pada 12,3-12,6 Volt. Sedangkan, saat mesin menyala, idealnya tegangan aki berada di angka 13,7 - 14,2 Volt.

Jadi, saat melakukan perawatan motor mending kita cek deh. Apakah tegangan akinya sudah sesuai dengan kondisi yang ideal? Karena kalau nggak, bisa jadi ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat.

Hal ini bikin mekanik harus melakukan pemeriksaan secara detail. Apabila kondisi aki sudah nggak layak, maka kita harus segera menggantinya. Biar kita bisa tetap menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban


Bagian yang Dicek saat Service Motor


Aku baru saja mengganti ban depan motorku karena kondisinya yang sudah menyedihkan. Gundul kalau kata adikku. Bikin aku harus nambah angin setiap dua hari sekali.

Oleh karena itu, pemeriksaan ban juga penting untuk kita lakukan secara berkala. Malah seharusnya nih ya, kita perlu memeriksa kondisi ban motor sebelum menggunakannya.

Meski begitu, saat service motor, mekanik akan fokus sama pemeriksaan pada tekanan udara dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (apakah bannya sudah gundul atau belum) dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Terakhir, service motor tune up merupakan pemeriksaan rutin pada semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Aku nggak tahu pasti. Hanya saja, biasanya, pemeriksaan akan fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan saringan udara, memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Meski begitu, kadang kala, tune up juga bisa bersamaan dengan ganti oli mesin, oli gardan dan sparepart lainnya. Tapi nggak perlu khawatir! Mekanik nggak akan serta-merta mengganti langsung memaksa kita membayar biaya pergantian.

Mereka akan menginformasikan kepada kita terlebih dahulu. Bila kita setuju sama rincian penggantian yang mereka ajukan, baru deh mereka mengeksekusi.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Setiap orang tentu sudah memiliki kriteria tertentu dalam memilih bengkel langganan untuk melakukan servis motor. Kita bisa lho mengandalkan Planet Ban. Di mana, kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Gimana tuh maksudnya?

Buat yang belum pernah dengar istilah ini, servis motor rasa baru juga bisa kita kenal dengan sistem servis terpadu. Tujuannya untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan biaya yang lebih hemat dan cara yang cepat.

Saat melakukan servis motor rasa baru, mekanik akan fokus pada pemeriksaan dan perbaikan di bagian vital yang letaknya tersembunti dan jarang diservis. Termasuk komponen yang jarang dicek dan disetel rutin.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa sih yang akan kita dapatkan saat melakukan servis di Planet Ban?

  • Mereka menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga bisa meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Secara otomatis, mesin jadi lebih awet.
  • Jika kita kombinasikan dengan menggunakan sparepart asli, maka pemakaian akan lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kita nggak perlu sering ke bengkel. Bukankah ini akan membuat biaya servis jadi lebih hemat?
  • Pada akhirnya, kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Pasti ada yang tanya, apa sih bedanya servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain?

Well. Saat kita servis di tempat lain tuh mungkin masih akan ada banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Kadang, sering juga kita temukan kotoran dan debu yang tertinggal di blok CVT. Ini tuh bikin motor jadi terasa berat.

Sedangkan saat kita melakukan service motor rutin di Planet Ban, mekanik akan membersihkan seluruh bagian atau komponen mesin sampai kayak balik ke kondisi baru. Sebut saja kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, pokoknya semua part akan bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran.

Nggak heran sih kalau mesin jadi terlihat seperti baru. Karena Planet Ban memang bikin motor kita jadi kayak balik lagi ke kondisinya saat masih baru. Tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan kondisi mesin bersih total.

Sudah gitu ya, harga service motor di Planet Ban tuh terjangkau banget, di antaranya:

  • service motor injeksi Rp. 20.000,-
  • CVT sekaligus rantai Rp. 19.500,-
  • service throttle body Rp. 20.000,-

Gimana, girls? Masih bingung soal bagian apa saja yang harus kita servis? Ingat ya! Perawatan motor tuh nggak hanya ganti oli mesin dan oli gardan saja lho! Ada komponen lain yang harus ikut kita cek!

Coba deh ingat lagi! Kapan terakhir kali kita service motor? Kalau aku sih minggu lalu. Itu pun karena aku harus ganti ban depan yang sudah gundul. Hehehe….

Pokoknya, kalau perlu service motor, jangan lupa ke Planet Ban saja ya! Lalu dapatkan semua layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

23 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Sejak memiliki motor, tentu saya juga harus rajin ngerawatnya. Mulai dari motor gigi sampai yang motor matic. Alhamdulillah sih kalau untuk perawatan oli, sudah cocok dengan Planet Ban karena motor saya yang sudah lebih dari 15 tahun masih tokcer keliling kota ^_^

    BalasHapus
  2. Keren nih Planet Ban. Ternyata wes banyak juga blogger-blogger yang langgan Planet Ban. Ini kalau cek cerita mereka di blogku Yun. Kita juga gitu kan Yun? Suka ke Planet Ban juga.

    BalasHapus
  3. Puas banget ya kalau servis motor ditangani oleh orang/bengkel yang ahli. Bener-bener menyeluruh sampai terasa seperti mesin baru.

    BalasHapus
  4. Service motor juga asing nih buatku yang cuman bisa pakainya aja, haha. Tapi, aku juga tahu nih bagian apa saja yang harus di service. Planet Ban menggunakan oli yang berkualitas ya pantas aja setiap habis service di Planet Ban rasanya seperti mesin baru lagi.

    BalasHapus
  5. Rekomen banget ya mbak Yun Planet Ban, karena lokasinya juga terjangkau dengan cabang yang ada di mana aja. Jadinya kan bikin semangat buat rutin servis

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah motor matic saya masih aman, Mbak. Saya belinya tahun 2015. Selain saya pakai aktivitas harian, dulu pas masih di kebumen dipakai ngebolang juga. beberapa kali bolak-balik Kebumen - Jakarta atau sebaliknya.
    Kuncinya memang servis rutin. Karena nanti ketahuan mana saja yang saatnya diganti. kalau ternyata ada yang sudah aus, dan dipaksakan, malah akan berpengaruh pada lainnya. Termausk oli mesin.

    BalasHapus
  7. Jadi keinget kemarin motornya adekku tuh businyaa keknya udah aus, perlu diganti, jadinya pas dipake gabisa distarter tangan hihhh mana aku gabisa starter kakiii lagi :(((

    BalasHapus
  8. Saya juga sering servis ke planet ban. Biasanya memang untuk ganti oli atau cek bagian motor lainnya sesuai tips dari tulisan mba

    BalasHapus
  9. betul banget tuh mbaaa, papaku ngajarin bahwa kalo punya kendaraan tuh ya minimal hrs bisa perawatan n tau2 bagian2 dasar yg mesti dicek

    BalasHapus
  10. planet ban ya? pas bgt nih ak mau servis motor, mau cobain ah di sana

    BalasHapus
  11. Wajib diingat nih
    Nggak boleh melupakan 8 bagian ini saat servis motor ya mbak

    BalasHapus
  12. Keren juga nih Planet Ban. Diriku belum pernah servis di Planet Ban, jadi pengin nyobain juga servis motor di sana.

    BalasHapus
  13. Bener banget. Service motor di Planet ban itu, hasilnya terlihat kayak jadi baru lagi motornya. Punya pengalaman pribadi soalnya dan harga terjangkau juga

    BalasHapus
  14. salfok sama gambar motor bekjul merah diatas, dulu saya pernah punya motor bebek merah itu waktu pertama belajar motor yang kini sudah berubah menjadi sejumlah uang di tabungan, hahahaha. sedih sih, tapi diganti dengan motor matic berwarna sama yaitu merah. dan bener sih, uran servis motor tuh penting banget gak boleh sampai skip. apalagi ganti oli dan rem kanvas, eh aki juga itu penting banget apalagi buat motor matic

    BalasHapus
  15. salfok sama gambar motor bekjul merah diatas, dulu saya pernah punya motor bebek merah itu waktu pertama belajar motor yang kini sudah berubah menjadi sejumlah uang di tabungan, hahahaha. sedih sih, tapi diganti dengan motor matic berwarna sama yaitu merah. dan bener sih, uran servis motor tuh penting banget gak boleh sampai skip. apalagi ganti oli dan rem kanvas, eh aki juga itu penting banget apalagi buat motor matic

    BalasHapus
  16. Motor tua atau lama kalau diservis dengan baik pastinya awet
    Apalagi kalau tahu tempat service terbaik
    Pastinya nyaman pakai motornya

    BalasHapus
  17. Bener ya, kalau perempuan tuh beneran taunya cuma make doank..hhihi~
    Tapi kini sejak ada Planet Ban, maka servis motor jadi mudah dan nyaman. Mau servis juga gak ragu karena dikerjakan oleh tenaga ahli.

    BalasHapus
  18. Senengnya ganti oli di Planet Ban tuh krn mereka pny oli X-Ten yg pny daya tempuh hingga 2x lipat oli keluaran lain..kita jd lbh hemat buat ongkos ganti oli tuh..plus suara mesin lbh adem dan ga berisik. Dan harga servicenya sgt terjangkau.

    BalasHapus
  19. Aku kalo servis motor selain kasih tau mana aja komponen yg dirasa nggak nyaman, selebihnya serahin ke ahlinya sih, haha.. Pun servisnya di Planet Ban. Sparepartnya komplit dan terjangkau pula.

    BalasHapus
  20. Masalah ganti oli emang kudu diingat bener bener deh, tetanggaku lupa tidak ganti oli malah mesinnya yang rusak berat...

    BalasHapus
  21. Planet Ban juga tempat kesukaan saya kalau mau service motor kak. Hasilnya berasa ngendarain motor dengan mesin baru tapi kantong tetep aman karena harga servisnya terjangkau

    BalasHapus
  22. Terima kasih atas informasi pentingnya Service motor rutin, sebagai pengalaman Motor saya pada bulan april yang lalu harus turun mesin karena katanya terlambat ganti oli. Yasudah terpaksa keluar uang 1,5 jutaan buat perbaikan...

    BalasHapus
  23. Terima kasih banyak atas informasinya yang sangat bermanfaat! Saya baru-baru ini mengalami pengalaman yang cukup menegangkan karena terlambat mengganti oli motor saya. Awalnya, saya meremehkan pentingnya penggantian oli secara teratur.

    Beberapa bulan yang lalu, motor saya mulai mengeluarkan suara yang tidak biasa dan terasa kurang bertenaga. Setelah diperiksa di bengkel, ternyata oli mesin sudah terlalu kotor dan mengental. Akibatnya, mesin motor harus dibongkar dan dibersihkan secara menyeluruh. Alias harus turun mesin

    Pengalaman ini sungguh membuat saya sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mesin dengan rutin mengganti oli. Biaya perawatan yang seharusnya tidak terlalu besar bisa menjadi mahal karena kelalaian tersebut.

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro