Tips Menghadapi Persaingan dalam Bisnis Rumahan di Bidang Jualan Baju Online

Tidak bisa kita pungungi, tren busana akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga, nggak heran bila setiap harinya selalu ada orang-orang yang akan membeli baju.

Kebanyakan sih kaum hawa ya. Kita tuh kayak yang nggak pernah cukup sama baju yang sudah kita miliki.

Setiap ada acara, kita akan keukeuh buat bilang kalau kita tidak punya baju. Nggak perduli bahwa isi lemari di rumah hampir sebagian besar adalah baju-baju kita. Iya nggak sih?

Jualan Baju Online Masih Punya Prospek


bisnis rumahan


Oleh karena itu, saya bisa bilang kalau memulai bisnis rumahan dengan jualan baju online masih punya prospek yang bagus. Apalagi kalau baju yang kita jual punya kualitas yang baik dan unik.

Fix sih. Jualan baju secara online bisa menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang bisa kita tekuni sambil menyelesaikan semua aktivitas rumah tangga.

Biar kata kita tidak punya produk sendiri, kita bisa lho menjual produk orang lain. Bukankah sudah banyak sekali mode rumah yang membuat trend busananya sendiri. Kita tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan pasar yang sudah atau akan kita kembangkan.

Kupikir berjualan baju yang diproduksi orang lain akan menjadi bisnis rumahan modal kecil yang bisa kita lakukan sebagai pemula. Dengan begitu, risikonya pun bisa kita minimalisir.

Persaingan Bisnis yang Selalu Ada

Dalam era digital yang terus berkembang, memulai bisnis rumahan dengan jualan baju online sudah menjadi salah satu bidang yang sangat kompetitif. Lihat saja di berbagai media sosial!

Banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba menawarkan produk mereka secara online. Beberapa temanku malah ada yang menawarkan dagangan bajunya melalui live streaming di platform bernuansa biru milik Om Mark Zuckerberg.

Meskipun jualan baju online termasuk dalam bisnis rumahan yang menjanjikan. Kita harus selalu siap untuk bersaing. Karena persaingan dalam bisnis akan selalu ada.

Tips Menghadapi Persaingan dalam Bisnis Rumahan di Bidang Jualan Baju Online

Pada dasarnya, saya pikir berdagang baju online memang cocok sebagai bisnis ibu rumah tangga. Mereka tidak harus ke luar rumah untuk mengurus bisnisnya. Karena tahu sendirilah ya! Ibu rumah tangga selalu punya beragam kesibukan di rumah.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk bisa bersaing dalam bisnis kan?

Ada beberapa tips menghadapi persaingan dalam bisnis jualan baju online yang bisa kita lakukan, sebagai berikut:

1. Kenali Pasar yang Kita Kembangkan

Saat memutuskan akan berjualan, apalagi secara online, tentu kita sudah harus mengembangkan pasar terlebih dulu. Maksudku, kepada siapa kita akan menjual produk?

Melalui online, kita mungkin akan lebih mudah mendapatkan calon pelanggan yang luas. Tapi, kita juga harus memahami soal target pasar yang cocok untuk produk kita, karena emang tidak semua orang akan menyukai sama produk itu.

Selain itu, memiliki pengetahuan tentang preferensi pelanggan, tren mode dan bagaimana pesaing kita juga penting lho.

Artinya, memiliki ide bisnis rumahan dengan berdagang busana melalui online berarti kita harus mau melakukan penelitian pasar mendalam sebagai langkah pertama yang penting.

Dengan informasi yang kuat tentang siapa pelanggan kita dan apa yang mereka cari, kita dapat menyesuaikan strategi pemasaran yang cocok untuk produk kita.

2. Niche Pemasaran


ide bisnis rumahan


Banyak yang bilang bahwa bisnis rumahan modal kecil ya dagang baju online. Kita tidak harus stok barang. Tinggal, posting aja baju-baju yang ingin kita jual.

Tapi, tahu nggak sih? Alih-alih memposting semua jenis baju, berpikir akan lebih efektif jika kita memilih niche khusus pemasaran. Maksudku, kami fokus pada segmen tertentu.

Contohnya, kita bisa memilih untuk menjual pakaian anak-anak saja. Mau itu baju anak laki-laki atau anak perempuan dan segala pernak-perniknya.

Dengan demikian, kita dapat membangun segmen pasar yang loyal dan persaingan bisnis. Betul kan?

3. Desain dan Branding yang Kuat

Pernah gak sih kita berpikir, kenapa ya kita kok membeli baju atau produk lain di satu merchant tertentu? Bukannya ada banyak pilihan merchant yang menawarkan produk serupa?

Mungkin salah satu penjelasannya adalah soal harga. Tapi, kalau menurutku, ada hal lain yang membuat kami memutuskan untuk memilih merchant tersebut. Yaitu karena desain dan branding mereka yang sudah kuat.

Ini tuh bisa bikin kita kebayang-bayang sama merchant itu. Jadi, setiap kita kepikiran mau beli produk ya pinginnya beli di toko yang ada dalam bayangan kita. Bukan di toko lain.

Aku tuh cuma mau bilang kalau desain dan branding yang kuat itu sangat penting dalam bisnis pakaian. Pastikan bahwa situs web, logo, dan pesan kami merefleksikan citra yang ingin kami proyeksikan kepada pelanggan.

Desain yang menarik dan branding yang konsisten akan membantu kita dalam membangun kepercayaan pelanggan dan menciptakan identitas bisnis yang kuat lho.

4. Kualitas Produk yang Baik

Meskipun demikian, jualan baju online adalah salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Kita tetap tidak boleh menjual produk sembarangan. Kayak gak perduli sama kualitas bajunya. Yang penting modelnya menarik ya sudah jual saja!

Nggak bisa ya, Temans. Kualitas produk adalah kunci keberhasilan jangka panjang dalam bisnis pakaian online.

Pastikan pakaian yang kami jual berkualitas tinggi, nyaman, dan sesuai dengan deskripsi yang kami berikan kepada pelanggan. Produk yang berkualitas akan mendatangkan ulasan positif dan membantu kita dalam membangun reputasi yang baik.

5. Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah alat yang kuat untuk menjangkau pelanggan dan menghadapi persaingan. Kita bisa menggunakan strategi pemasaran online seperti iklan media sosial, optimalisasi mesin pencari (SEO), dan pemasaran email untuk mempromosikan bisnis.

Selain itu, kita bisa mempertimbangkan untuk menggunakan media sosial sebagai media untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun komunitas online.

6. Layanan Pelanggan yang Unggul


bisnis rumahan yang menjanjikan


Penting sekali untuk memberikan layanan pelanggan yang luar biasa. Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat, dan pastikan bahwa mereka merasa dihargai.

Coba saja kita bayangkan! Memilih baju di toko dengan pelayanan yang menyebalkan, kayak saat kita bertanya tentang deskripsi produk, responnya lambat. Apa yang akan kita lakukan?

Aku tidak tahu soal kalian. Tapi, kalau aku pasti akan mencari toko lain yang punya model baju yang sama dong.

Begitu pula sama pelanggan kita. Jika mereka puas dengan pelayanan kami, maka mereka akan kembali bahkan merekomendasikan bisnis kami kepada orang lain.

7. Manajemen Stok yang Efisien

Manajemen stok yang efisien adalah kunci untuk menghindari kekurangan stok dan pemborosan. Kita bisa menggunakan perangkat lunak manajemen stok yang membantu kita dalam menjaga persediaan dan memenuhi permintaan.

Dengan cara ini, kita bisa menjaga stok yang sesuai dengan kebutuhan dan mengurangi biaya penyimpanan yang tidak perlu.

8. Membangun Jaringan dan Kolaborasi

Hal yang tidak kalah penting dalam bisnis rumahan adalah soal membangun jaringan dan kolaborasi. Kita bisa bergabung dengan komunitas bisnis lokal atau kemitraan dengan bisnis terkait.

Jaringan dan kolaborasi ini dapat membantu kita dalam memperluas jangkauan dan belajar dari pengalaman bisnis lainnya.

Selain itu, kami juga dapat menjalin hubungan dengan pemasok dan produsen yang dapat memberikan kami akses ke produk berkualitas dengan harga yang kompetitif.

9. Pengawasan dan Evaluasi

Meski katanya hanya bisnis ibu rumah tangga, bukan berarti kita tidak perlu melakukan pengawasan dan evaluasi ya.

Kita tetap harus selalu mempertahankan kinerja bisnis dan terus melakukan evaluasi. Tinjau metrik kunci seperti penjualan, retensi pelanggan, dan ROI dari kampanye pemasaran.

Jika kita menemukan bahwa sesuatu tidak berfungsi, jangan ragu untuk mengubah strategi!

Yuk Jualan Baju Online di Lazada!


situs yuk jualan online


Salah satu tips menghadapi persaingan bisnis rumahan di bidang jualan baju online adalah pemasaran digital. Kita bisa memilih beragam platform eCommerce yang ada, termasuk Lazada.

Asal Teman-teman tahu saja ya! Lazada merupakan salah satu platform eCommerce untuk penjualan online nomor 1 di Indonesia. Kita bisa menggunakannya untuk membuat toko baju online milik kita dan mendapatkan peluang untuk memperluas jangkauan pasar.

Selain itu, Lazada memiliki situs Yuk Jualan Online. Situs ini memuat banyak sekali artikel tentang tips mengenai wawasan jualan online dan strategi melakukan bisnis online.

Beberapa manfaat situs Yuk Jualan Online adalah kita bisa mendapatkan banyak sekali wawasan yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan bisnis rumahan yang sedang kita kembangkan, misalnya:

  • cari inspirasi bikin feed instagram yang estetis untuk membangun brand toko online baju kita.
  • Dapat wawasan tentang konten promosi produk untuk jualan baju. 
  • Sharing dengan sesama di Komunitas
  • Dan lain sebagainya. 

Gimana Cara Jualan di Lazada?

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana sih cara jualan di Lazada? Saya maklum sekali bila ada pertanyaan itu. Karena saat mengakses Lazada, baik melalui website atau aplikasinya, kami akan langsung diarahkan ke pelanggan.

Cara jualan di lazada tu mudah, sebagai berikut:

  1. Daftar sebagai seller Lazada melalui seller center Lazada.
  2. Unggah dokumen sebagai penjual yaitu KTP, NIB berbasis risiko (bila mendaftar sebagai korporasi dan dokumen bank (kita bisa lewati dan unggah di kemudian hari).
  3. Unggah minimal 1 produk.

Ada beberapa alasan kenapa kita harus daftar sebagai seller baru di Lazada, di antaranya:

  1. 0% biaya komisi penjualan.
  2. 0% biaya gratis ongkir selama 60 hari.
  3. Kita akan mendapat bantuan dari sang ahli selama 90 hari.
  4. Mendapat jangkauan pelanggan yang lebih luas.
  5. Berhak mengikuti program inkubasi untuk seller baru.
  6. Kita bisa menjual produk kapan dan di mana saja hanya melalui genggaman.

Jadi, tunggu apa lagi! Kita bisa membahas persaingan bisnis rumahan dalam bidang jualan baju online melalui Lazada lho!

Kesimpulan

Bisnis rumahan bisa melalui apa saja. Salah satunya berjualan pakaian secara online. Meski begitu, persaingan bisnis akan selalu ada.

Kita bisa melakukan beberapa tips menghadapi persaingan dalam bisnis jualan baju online di atas. Atau memilih berpatner dengan Lazada dan mendaftar sebagai seller di sana.

Ada banyak bonus yang akan kita dapatkan bersama Lazada. Termasuk mendapatkan banyak manfaat dari situs Yuk Jualan Online milik Lazada, seperti cara membuat feed instagram yang estetis, ide konten promosi baju dan lain sebagainya.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

19 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Jualan pakaian memang bisa banget dijadiin bisnis rumahan yang menjanjikan yah, Yun. Apalagi, kalo tips di atas diterapin, plus jualan di Lazada, InsyaaAllah, bakalan laris manis. Kalo kirang ilmu jualan bisa banget baca² tips di situs Yuk Jualan Online. Yah kaan.. hehe..

    BalasHapus
  2. keren tipsnya jadi gak bakal kalah saing deh kalo udah baca artikel ini thanks ya mbk udah berbagi ilmu

    BalasHapus
  3. Tren fashion memang setiap tahun terus berganti ya, Mbak. termasuk hijab dan busana muslim. dan inilah peluang untuk jualan online. Tidak perlu ada sewa tempat untuk jualan. Jualan Online di Lazada juga sangat dimudahkan. Apalagi pemasarannya sampai Asia Tenggara.

    BalasHapus
  4. tipsnya pastinya bermanfaat banget mba apalagi buat para calon pebisnis pemula sangat mmebantu pastinya, jadi tahu arahan dan step by stepnya cara memulai bisnis online, banyak temans aya juga yang membuka usaha di LAzada mba katanya produknya mulai dikenal dan banyak yang beli

    BalasHapus
  5. Jalin kolaborasi dengan Lazada ini bermanfaat besar ya bagi perkembangan bisnis yang dijalankan oleh seller.
    Tinggal diikuti nih teknik dan prosedurnya.
    Semangat untuk para pelaku usaha dalam kembangkan bisnisnya

    BalasHapus
  6. Wah iya persaingan bidang fashion memang ketat ya. Jualan online di Lazada jadi pilihan untuk bersaing secara sehat ya

    BalasHapus
  7. Setuju banget. Jualan baju itu enggak akan ada habisnya. Mode fashion selalu berubah dan diminati. Untuk memulainya bisa banget jualan di Lazada nih.

    BalasHapus
  8. Kalau kuperhatikan di marketplace, jualan baju ini selalu ramai pembelinya. Aku suka nonton kalau mereka lagi live. Banyak kok yang tempat live-nya cuma pojokan ruangan di rumah tapi keren dan penjualannya juga mantep.

    BalasHapus
  9. Kalau membaca tips dari website yukkualanonline dari Lazada ini, maka pebisnis rumahan bisa tetap tenang menghadapi para pesaingnya ya mbak

    BalasHapus
  10. Gak nyangka ya, Lazada ini sudah terkenal sampai Asia Tenggara. Apalagi ada bimbingan untuk para seller biar gak asal jualan. Mantap!

    BalasHapus
  11. Persamaan jenis barang saat menjual secara online tuh pasti ada kak. Namanya kita jualan se-Indonesia bahkan dunia. Jd peluang menjual brg yg sama tuh pasti ada. Yg pntg pelayanan kita ke konsumen. Jgn ngasih brg palsu, hrga ga ketinggian, promo yg menarik dsb. Smg jualannya di Lazada makin sukses ya kak.

    BalasHapus
  12. menurutku branding, inovasi model baju plus pastinya keramahan dan kecepatan melayani customer bisa jadi nilai lebih bgt sih menghadapi persaingan bisnis jualan baju online

    BalasHapus
  13. Bisa banget nih tipsnya buat yg pengin memulai bisnis rumahan. Jadi meski di rumah bs ttp menghasilkan cuan

    BalasHapus
  14. jualan online produk fashion emang yang paling mudah karena bisa jadi reseller atau dropshipper. tapi juga banyak pesaingnya itu benar. makanya harus punya trik dan digital marketingnya bagus. bisa belajar nih di lazada kan ada seller centre yaa

    BalasHapus
  15. Kayaknya kalo ikutan dan diarahin gini, bakal lebih berkembang ya mbaa. Menarik nih mbaa infonya. Terima kasih yaa

    BalasHapus
  16. Aku dulu jualan baju sebelum ada anak
    Lumayan penghasilannya
    Tiap malam packing
    Sayangnya ada anak tidak bisa selonggar itu

    BalasHapus
  17. Lazada salah satu platform.jualan online yang besar jadi memudahkan penjual memasarkan dagangannya keseluruh penjuru.

    Makasih sharingnya bunnnjadi semangat pengen jualan online

    BalasHapus
  18. Nyesel deh dulu pas jualan online kok ngga kenal sama LAzada huhu.. apalagi ini tuh ramah seller banget buat jualan dengan cuan yang lumayan wkwkw, apalagi banyak diskonnyaa

    BalasHapus
  19. Klau sy pribadi lbh suka cek harga, review produk dan kualitasnya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro