Cara Merawat Ban Mobil untuk Meningkatkan Umur Pakai dan Kinerja

Saat kita mengendarai mobil, hal yang paling krusial dalam mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara adalah ban mobil. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan cara merawat ban mobil agar bisa meningkatkan umur pakai dan kinerjanya.

Cara Merawat Ban Mobil

Cara Merawat Ban Mobil


Ban mobil yang terawat dengan baik tentu akan semakin awet. Selain itu, kita nggak akan khawatir masalah slip dan sebagainya yang bisa membahayakan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita pakai dalam upaya merawat apapun merk ban mobil terbaik yang kita pakai, di antaranya:

1. Pastikan Tekanan Udaranya Tepat

Langkah pertama dalam melakukan perawatan ban mobil adalah memastikan tekanan udaranya sudah tepat.

Kita bisa melakukan pengecekan tekanan udara secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan. Terlebih saat ingin menggunakan mobil untuk bepergian. Agar nggak terjadi hal yang membahayakan keselamatan.

Jangan lupa juga untuk memeriksa tekanan udara pada ban cadangan! Tekanan udara yang nggak sesuai, misalnya kurang atau berlebih, akan berpengaruh pada traksi, kestabilan dan umur pakai ban.

Related Post:

2. Rotasi Ban secara Berkala

Lakukan rotasi ban secara berkala. Agar penggunaan ban bisa merata. Selain itu, untuk menghindari kondisi aus pada ban hanya di satu sisi saja.

Rotasi ini bisa meningkatkan umur pakai ban mobil lho. Oleh karena itu, lakukan perencanaan rotasi setiap 8.000 sampai 10.000 km atau sesuai rekomendasi pabrikan.

3. Periksa Keseimbangan Ban

Kenapa sih kita perlu memeriksa keseimbangan ban secara berkala?

Hal ini karena saat ban mobil nggak seimbang akan menimbulkan beberapa permasalan, yaitu:

Getaran mobil yang nggak kita inginkan saat berkendara. Merusak suspensi. Memperpendek umur pakai ban.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memeriksa keseimbangan ban. Mungkin bisa kita lakukan saat melakukan rotasi atau penggantian ban baru.

4. Hindari Mengangkut Beban Berlebihan

Setiap kendaraan biasanya akan dibekali oleh petunjuk penggunaan. Kita akan menemukan semua informasi soal berkendara mobil, termasuk berapa beban yang mampu diangkut.

Jangan menganggap remeh soal ini ya! Pasalnya, meskipun salah satu tujuan kita memiliki mobil adalah bisa membawa banyak barang. Tapi, bukan berarti kita boleh mengabaikan kapasitasnya ya.

Pastikan kita mengangkut barang dengan beban yang nggak melebihi batas maksimal. Selain itu, usahakan untuk mendistribusikan beban secara merata di seluruh area kendaraan.

5. Jangan Suka Ngerem Mendadak

Perawatan Ban Mobil


Saat kita ngerem mendadak, biasanya gesekan kampas rem pada ban akan berlebihan. Sehingga, lebih cepat menciptakan kondisi aus pada ban.

Oleh karena itu, sebaiknya kita hindari ngerem secara mendadak dan berlebihan.

Lebih baik kita mengurangi kecepatan secara bertahap dan mengerem secara halus. Hal ini akan membantu untuk memperpanjang masa pakai ban mobil. Alias awet.

6. Bersihkan Ban secara Berkala

Cara merawat ban mobil berikutnya merupakan langkah yang cukup sederhana untuk kita lakukan. Membersihkan ban secara berkala.

Namanya ban mobil. Bukan hal yang asing bila bersinggungan dengan lumpur, kotoran atau bahan lainnya. Semua itu bisa mempengaruhi kinerja ban mobil kita.

Oleh karena itu, kita perlu membersihkan permukaan ban mobil menggunakan sabun ringan dan sikat yang lembut. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian dalam roda dan bagian bawah kendaraan ya!

7. Simpan Mobil di Tempat yang Tepat

Ada alasan kenapa kita perlu memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Biar ban mobilnya juga tersimpan di tempat yang sejuk, kering dan terhindari dari sinar matahari langsung.

Oh iya, hindari menyimpan ban dengan posisi tegak atau terlentang ya. Biar tercegah dari deformasi.

8. Cek Arah Alur Tapak Ban

Penting sekali untuk kita mengecek arah alur tapak ban. Apalagi kalau kita pakai ban yang berarah.

Memastikan arah alur tapak ban sudah benar tuh bisa meningkatkan traksi. Selain itu, bisa juga meningkatkan keselamatan berkendara, khususnya saat jalanan basah.

Kesimpulan

Cara merawat ban mobil biar awet tuh sebenarnya nggak sulit. Cuma memang butuh konsistensi. Kalau perlu, kita bisa memeriksa kondisi ban setiap akan bepergian.

Related Post:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

15 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Bener tuh kak. Yg pntg konsisten utk ngecek sih sblm memulai perjalanan. Shg kita bs antisipasi duluan, baik isi angin, cek kondisi ban hingga hrs ngecek siapa aja dan brp beratnya yg akan kita bonceng atau ikut menumpang. Hal sepele tp bahaya jg kl bn pecah di jalan. Apalagi jauh dr bengkel.

    BalasHapus
  2. Ban mobil memang penting diperhatikan. Selain biar awet dan nyaman berkendara juga menjaga keselamatan penumpang dan juga pengguna jalan yang lain.

    BalasHapus
  3. poin bersihkan ban ini yang agak sulit ya hahaha *ketahuan mau pakenya aja. iya sih emang sebenernya nggak sulit, cuma emang butuh ketelatenan ya hehe

    BalasHapus
  4. Layaknya kaki pada manusia ya Yun. Ban mobil bener-bener jarus dirawat supaya masa pakainya lebih lama. Kalau gak ada ban mobil mana bisa jalan. Kalau sering-sering ganti ban karena ban rusak dan kurang dirawat jadi boros kan?

    BalasHapus
  5. Perawatan ban mobil ini butuh ketelitian dan pemahaman juga ya.
    Soalnya sebisa mungkin kondisinya pas, gak tertekan dengan beban berat maupun malah agak kosong

    BalasHapus
  6. Jujur aku baru tahu tips untuk merawat ban agar awet nih. Selama ini nggak ngerti sama sekali

    BalasHapus
  7. Cara merawat ban mobil memang butuh konsistensi ya biar usia ban dan performanya makin awet.

    BalasHapus
  8. Harus memastikan selalu dicek sebelum dan setelah dipakai
    Biasanya ada paku atau hal lain yang bisa merusak ban tanpa diketahui jadi butuh dicek berkala

    BalasHapus
  9. Wah, makasih tips untuk merawat ban mobil, mbak yun. Tak hanya dalam merawat ban mobil saja sih mbak, hal lain juga berlaku yang susah tuh konsistensinya ini :3.

    BalasHapus
  10. Baca ini jadi inget bapak soalnya minta belikan ban baru hehe ngerem mendadak tuh ngaruh banget sih bikin ban cepat gundul makanya ada batas kecepatan di jalan tol. Salah satu tujuannya ya itu sih..

    BalasHapus
  11. Aku pernah kecelakaan gegara nge-rem gak liat keadaan alias mendadak.
    Jadi sekarang kalau nyetir pastikan mengatur posisi spion dengan baik. Sehingga ketika ada kejadian di depan, otak langsung mikir dan sinkron bergerak perlahan agar gak membahayakan kendaraan lain di belakang. Dan ternyata, ini ada kaitannya dengan menjaga kondisi ban agar awet yaa..

    BalasHapus
  12. ternyata cukup ribet untuk merawat ban mobil ya kak, saya saja kalo ngrawat motor malah sering lupanya apalagi nnti klo punya mobil malah gk keurus, he

    BalasHapus
  13. Makasih infonya mbak Yuni. Saya gak pernah merhatiin ban mobil nih, soalnya suami saya yang ngurusin mobil. Tapi emang harus tau juga ya supaya bisa merawat mobil kalo suami gak ada.

    BalasHapus
  14. Benar sekali mbak, ban mobil emang perlu kita rawat ya
    Dan ternyata tips merawat ban mobil itu nggak susah

    BalasHapus
  15. merawat ban motor apa sama dengan merawat ban mobil? ternyata banyak juga yang harus diperhatikan untuk perawatan ban, terima kasih infonya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro