10+ Persiapan Perjalanan Bagi Cewek Biar Aman dan Nyaman

Cewek melakukan solo traveling tuh jarang. Kebanyakan karena merasa takut, nggak aman dan lain sebagainya. Sehingga, kita akan lebih merasa safe kalau melakukan perjalanan minimal dengan satu teman atau beramai-ramai sekalian.

Meski begitu, bukan nggak mungkin sih bagi cewek untuk melakukan solo traveling. Dengan catatan sudah melakukan persiapan perjalanan bagi cewek yang aman dan nyaman.

Sehingga, kita bisa bebas mengeksplore beragam destinasi, seperti wisata Bangka Belitung bahkan hingga ke Manca Negara. Lantas apa saja yang harus kita persiapkan untuk perjalanan bagi cewek-cewek?

Persiapan Perjalanan Bagi Cewek yang Aman dan Nyaman

Persiapan Perjalanan bagi Cewek

Perjalanan adalah cara yang luar biasa untuk mengisi hidup dengan petualangan. Namun, bagi cewek-cewek, persiapan perjalanan yang cermat adalah kunci untuk menjadikan pengalaman liburan yang aman dan nyaman.

Masing-masing pribadi tentu punya kriteria aman dan nyaman sendiri. Aku nggak tahu gimana pendapat kalian, tapi inilah yang bisa kusiapkan saat akan melakukan perjalanan sendiri, di antaranya:

1. Menyusun Rencana Perjalanan

Langkah pertama dalam persiapan perjalanan yang aman adalah membuat rencana perjalanan yang rinci. Kita mungkin akan mengalami hal yang membuat rencana sedikit berubah. Tapi, seenggaknya kita punya semacam panduan dalam perjalanan.

Kita bisa menentukan destinasi wisata yang ingin kita kunjungi, kapan tanggal keberangkatan, dan berapa lama durasi perjalanannya.

Pastikan rencana ini sudah kita bagikan pada orang yang kita percayai, seperti keluarga atau teman dekat. Sehingga mereka tahu kapan dan di mana kita akan berada selama waktu perjalanan.

Related Post:

2. Persiapkan Akomodasi yang Aman

Saat memesan akomodasi, kita harus memperhatikan faktor keamanan. Pilih hotel atau penginapan yang memiliki reputasi baik dalam hal keamanan. Bila memungkinkan, cari saran dari orang-orang yang kita kenal tentang penginapan yang kita pilih.

Pastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik, dan jangan ragu untuk bertanya tentang langkah-langkah keamanan tambahan yang mereka miliki. Selain itu, penting untuk memilih akomodasi yang terletak di daerah yang aman.

Maksudnya adalah daerah yang mudah kita jangkau dengan angkutan umum. Kalau perlu, kita cari di pusat keramaian tapi tetap mempertahankan faktor kenyamanan untuk kita.

3. Manfaatkan Transportasi yang Aman

Kita harus selalu melakukan riset tentang opsi transportasi sebelum pergi. Ini agar menghindarkan kita dari hal-hal yang membahayakan atau upaya penipuan yang kerap terjadi.

Jika kita ingin bepergian ke destinasi internasional, pastikan untuk memilih maskapai dan perusahaan transportasi yang terpercaya. Selain itu, simpan salinan tiket dan detail perjalanan kita dengan baik.

Saat kita ingin bepergian ke destinasi wisata lokal, gunakan transportasi umum yang biasa kita gunakan, seperti kereta api atau bus. Kalau pun ingin rental atau sewa mobil, pastikan kita sudah melakukan riset terhadap perusahaan yang ingin kita gunakan jasanya.

4. Persiapan Kesehatan

Antisipasi Menstruasi saat Perjalanan

Pastikan bahwa kita punya asuransi perjalanan yang mencakup segala kemungkinan, termasuk kecelakaan dan masalah kesehatan. Biasanya sih, saat membeli tiket kereta atau pesawat, kita akan punya pilihan untuk membeli asuransi perjalanan.

Selain itu, pastikan kita selalu membawa obat-obatan yang kita butuhkan. Bila perlu bawa juga salinan resepnya. Kenali lokasi rumah sakit terdekat di destinasi wisata yang kita kunjungi dan simpan nomor darurat dari destinasi tersebut.

Hal yang paling penting soal kesehatan bagi cewek adalah berhubungan dengan siklus bulanan. Ada kalanya, cewek punya keluhan yang biasa terjadi saat masa periodnya. Meski begitu, kita selalu punya cara untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, pastikan kita juga mempersiapkan diri untuk menghadapi masa period saat perjalanan ya. Kita mungkin bisa membeli pembalut di mana saja. Tapi, nggak soal keperluan untuk mengatasi keluhan yang menyertai.

5. Packing yang Cerdas

Packing adalah bagian penting dari persiapan perjalanan cewek. Kalau memungkinkan, kita bisa membawa segala barang yang ada. Padahal belum tentu berguna untuk perjalanan.

Jadi, bawa saja barang-barang yang benar-benar kita butuhkan dan hindari membawa barang berharga yang nggak kita perlukan. Ingat ya! Keamanan perjalanan itu penting. Jangan mengundang tindak kejahatan dengan mengenakan aksesoris yang berlebihan.

Pastikan untuk membawa perlengkapan pribadi yang mencukupi, seperti pakaian, alat kebersihan, dan perlengkapan medis. Ini juga terkait soal jumlahnya ya. Biar tetap simple dan nggak terkesan berat.

Related Post:

6. Keuangan yang Aman

Membawa sejumlah uang tunai itu penting. Sekali pun sekarang sudah jamannya cashless. Paling nggak, kita nggak bisa membayar tukang parkir dengan cashless ‘kan? Warung sekitar juga belum tentu menyediakan pembayaran non tunai.

Maka dari itu, jaga uang tunai dan kartu kredit dengan baik. Hindari membawa terlalu banyak uang tunai dan gunakan brankas di hotel untuk menyimpan barang berharga. Mending kita gunakan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang ada bila kehabisan uang tunai.

Selalu simpan backup kartu kredit di tempat yang berbeda. Pastikan juga untuk mengetahui tingkat konversi mata uang jika kita bepergian ke negara asing.

7. Gunakan Komunikasi yang Efektif

Pastikan kita punya alat komunikasi yang andal. Selalu bawa ponsel yang dilengkapi dengan kartu SIM internasional atau ponsel yang bisa kita gunakan di negara yang kita kunjungi.

Simpan nomor darurat di dalam ponsel, dan pastikan ponsel kita selalu terisi baterai. Sehingga, nggak ada adegan kayak di sinetron-sinetron. Kehabisan daya ponsel di masa-masa genting. Hehehe….

8. Kesadaran tentang Lingkungan

Selalu sadar akan lingkungan sekitar kita. Jangan menarik perhatian berlebihan dengan perhiasan mewah atau barang berharga lainnya.

Cobalah untuk bersikap rendah hati dan menghindari situasi yang mungkin menimbulkan risiko.

Oh iya, kesadaran tentang lingkungan ini juga berkaitan dengan kebersihan ya! Terutama saat kita berada di masa period.

Jangan membuang sampah haid, seperti pembalut kotor, sembarangan! Bila perlu, bersihkan dulu pembalut kotor dari darah haid sebelum membuangnya. Kalau pakai pembalut yang bisa dicuci sih lebih enak ya.

9. Pelajari Bahasa Lokal dan Budaya

Jika kita bepergian ke negara yang berbicara bahasa yang berbeda, upayakan untuk mempelajari beberapa frasa dasar dalam bahasa setempat.

Ini akan membantu kita dalam berkomunikasi dengan penduduk setempat. Selain itu, kita akan menunjukkan penghargaan terhadap budaya mereka.

10. Jaga Etika Wisata

Jaga Etika Wisata

Selalu ingat untuk bertindak dengan hormat di destinasi wisata yang kita kunjungi. Ikuti aturan dan norma-norma lokal. Hormati budaya dan adat istiadat setempat, dan hindari perilaku yang nggak pantas.

11. Berbagi Informasi dengan Orang Dekat

Sebelum berangkat, pastikan untuk memberi tahu teman, keluarga, atau seseorang yang kita percayai tentang rencana perjalanan yang ingin kita lakukan. Bagikan detail seperti alamat akomodasi dan nomor kontak yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

12. Keamanan Pribadi

Selalu jaga keamanan pribadi kita. Hindari berjalan sendirian di tempat-tempat yang terpencil atau gelap pada malam hari. Gunakan taksi resmi atau layanan rideshare yang terpercaya.

13. Jangan Mudah Percaya pada Orang Asing

Meskipun penting untuk bersikap ramah, jangan terlalu percaya pada orang asing. Hati-hati saat menerima tawaran atau informasi dari orang yang nggak kita kenal dengan baik.

14. Pahami Hak Kita

Ketahui hak-hak kita sebagai turis. Jika kita menghadapi masalah atau merasa diperlakukan dengan nggak adil, cari bantuan dari kedutaan besar negara kita atau lembaga konsuler setempat.

15. Waspadai Penipuan Wisata

Berhati-hatilah terhadap penipuan wisata yang mungkin terjadi di destinasi tertentu. Selalu periksa ulasan online tentang pengalaman orang lain di destinasi tersebut. Kita bisa belajar dari pengalaman mereka.

16. Pertahankan Kesehatan Mental

Jaga kesehatan mental kita selama perjalanan. Liburan bisa menjadi pengalaman yang mendebarkan, tetapi juga bisa menjadi melelahkan. Istirahat yang cukup, dan jangan ragu untuk berbicara dengan seseorang jika kita merasa stres atau cemas.

Kesimpulan

Dalam mengejar petualangan yang menakjubkan, penting untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan kita sebagai seorang cewek. Dengan persiapan perjalanan bagi cewek yang baik, kita bisa menjadikan setiap perjalanan sebagai pengalaman yang nggak terlupakan.

Jangan lupa untuk selalu mengandalkan naluri. Jangan takut untuk mencari bantuan jika kita merasa nggak aman. Semoga perjalanan Teman-teman selalu membawa kebahagiaan dan kenangan indah.

Related Post:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

10 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. aku sering solo traveling, sebelum berangkat, jauh jauh hari aku udah riset tentang negara tujuan. Membaca banyak cerita pengalaman orang lain di negara tersebut, jadi udah ada pandangan.

    Dan aku juga misahin beberapa kartu sama uang tunai di tempat yang berbeda, dan pastinya selalu waspada sama barang bawaan sendiri
    terkadang nih, meskipun kita udah wanti-wanti sama barang sendiri, tapi bisa aja ketemu sama yang namanya sial.

    BalasHapus
  2. Sebelum nikah aku sering ngebolang-bolang sendirian. Naik umum sendiri, pergi-pergi keluar kota. Udah sejak kuliah kayaknya. Pertama-tamanya takut, tapi di jalan banyakin doa aja dan keep contact terus sama bapak ibu. Hehe..

    Paling was-was sama barang bawaan terutama kalau lagi tidur ya. Jangan mudah percaya sama orang asing, betul banget. Kalau saya dulu prinsipnya nggak mau SKSD dan nggak nanggepin yang gimana-gimana kalo ada orang yang ajak ngobrol. Wkwk. Kecuali ikutan open trip gitu yaa kan bareng-bareng beberapa hari jadi okelaah ngobrol-ngobrol santai, tapi kalo naik kendaraan umum lebih milih menyendiri aja saya.

    BalasHapus
  3. rasanya pengin melakukan solo traveling sebelum menikah, nggak perlu jauh-jauh paling tidak sekitaran kota-kota terdekat dari tempat tinggal. Dulu sih sering bepergian sendiri ke yogyakarta dan ingin mengulang kembali.

    BalasHapus
  4. Sampai sekarang aku belum pernah sengaja melakukan solo traveling. Pengen sih, tapi belom kesampean aja. Kayaknya sekali2 perlu juga ya solo traveling, itung2 sebagai momen kontemplasi hehe

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang saya belum berani traveling sendiri. Pernah sih menghadiri acara di Bandung, tapi ya gitu belum berani menjelajahi Kota Bandung sendirian, hahaha. Padahal ya sering banget baca tips2 perjalanan seperti yang mbak Yuni sampaikan ini.

    BalasHapus
  6. Tidak hanya berlaku untuk perempuan saja, bagi laki-laki juga harus memiliki rencana yang jelas ketika mau berwisata, belum lagi perencanaan anggaran, lokasi mana saja ygmau dituju, lalu opsi lainnya dan sebagainya

    Karena segala sesuatunya bisa jadi lebih terkendali ketika direncanakan sejak awal ya

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah sih traveling yang beneran sendirian lebih sering ada temannya. Kayaknya perlu nyali banget nih buatku Traveling sendirian

    BalasHapus
  8. Solo travelling ini pasti mengundang rasa exciting yang luar biasa.
    Dan pastinya persiapan secara mendetail kudu dilakukan agar sesampainya di tempat tujuan bisa menikmati perjalanan dengan nyaman tanpa hambatan.

    Yang kebayang tuh yaa.. solo travelling pasti dapetin pengalaman lebih seru karena kudu adaptasi dengan teman baru seperjalanan. Jadi membuka peluang untuk menjalin persahabatan baru.

    BalasHapus
  9. Belum pernah solo travelling. Di luar negeri disabilitas mungkin bisa ya travelling sendirian. Tapi kalo dalam negeri, butuh pendamping terus. Soalnya gak ramah disabilitas juga tempat wisatanya. Baru sebagian kecil saja

    BalasHapus
  10. Solo travelling itu asik banget
    Tapi emang buat cewek harus ada beberapa hal yang perlu disiapkan
    Aku pernah beberapa kali solo travelling
    Biasanya sig di sela sela perjalanan dinas
    Ke Yogyakarta, Jakarta, dan Banyuwangi
    Seru, bisa menikmati perjalanan

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro