Tips Membeli Mobil Bekas Buat yang Ingin Punya Mobil Impian

Ingin punya mobil impian? Tapi, duitnya nggak cukup buat beli mobil baru. Nggak papalah, kita beli yang bekas saja. Asal, kita tahu apa saja tips membeli mobil bekas yang bagus dan berkualitas.

Soalnya, beda sama mobil baru ya. Kalau beli mobil bekas tuh, pasti ada perasaan khawatir bakal dapat mobil yang nggak enak. Bukannya terbantu soal transportasi. Eh, kitanya malah kudu mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan.

Ogah banget kan? Terus gimana sih tips atau cara membeli mobil bekas untuk pemula?

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula

Tips Membeli Mobil Bekas

Kita selalu bisa membeli mobil melalui situs beli mobil bekas. Pasti ada banyak pilihan mobil yang cocok untuk kebutuhan kita.

Meski begitu, kita nggak boleh sembarangan menjatuhkan pilihan. Sekali pun sudah terlanjur jatuh hati pada rupa atau foto mobilnya. Kita nggak boleh gegabah dalam mengambil keputusan.

Pastikan kita mengikuti beberapa tips ini agar mendapat mobil bekas yang berkualitas!

1. Tentukan Kebutuhan dan Anggaran

Langkah awal adalah menentukan berapa banyak nominal dana yang akan kita gelontorkan untuk membeli mobil. Dengan begitu, kita akan punya beberapa pilihan mobil yang sesuai dengan jumlah anggaran kita.

Selain itu, mobil bukan termasuk kebutuhan primer. Nilainya akan mengalami penyusutan dari waktu ke waktu. Kalau bisa sih kita sudah punya pertimbangan kenapa kita butuh sekali untuk membelinya.

Syukur-syukur kalau mobilnya akan kita manfaatkan sebagai sumber penghasilan. Ikut aplikasi transportasi online misalnya.

2. Riset soal Model dan Merek Mobil yang Kita Inginkan

Saat kita sudah menyiapkan berapa anggaran untuk membeli mobil. Kita akan mengetahui model dan merek mobil apa saja yang sesuai dengan besaran anggaran tersebut.

Tapi, bukan berarti kita bisa langsung beli tanpa cari tahu dulu tentang model dan merek mobil itu ya!

Kita tetap harus melakukan riset tentang model dan merek mobil yang kita minati. Periksa ulasan konsumen, keluhan, dan reputasi umum mobil tersebut. Pastikan kita memilih mobil yang memiliki reputasi baik ya!

Related Post:

3. Cek Riwayat Servis

Cara Membeli Mobil Bekas

Ketika sudah menetapkan pilihan pada model dan merek mobil tertentu, masih ada hal yang harus kita periksa. Gimana riwayat servis mobil tersebut?

Informasi ini untuk mengetahui tentang gimana mobil tersebut dirawat dan apakah ada masalah serius yang perlu kita perhatikan. Siapa tahu saja mobilnya habis kecelakaan dan lain sebagainya.

Atau apakah pemilik sebelumnya memahami gimana cara merawat ban mobil. Sehingga, kita nggak perlu mengkhawatirkan kondisinya dalam waktu dekat ini. Dan lain sebagainya.

4. Periksa Kilometer

Jangan lupa untuk memeriksa jumlah kilometer yang telah ditempuh oleh mobil tersebut. Emang sih semakin rendah jumlah kilometernya akan semakin baik.

Tapi, kita juga butuh memastikan bahwa mobil nggak hanya nongkrong di garasi dalam waktu yang lama karena itu juga bisa menyebabkan masalah.

5. Periksa Kondisi Fisik Mobil

Inspeksi fisik mobil sangat penting. Perhatikan keausan ban, kebocoran minyak, dan kerusakan visual lainnya. Perhatikan juga cat mobil dan pastikan nggak ada tanda-tanda penyembunyian kerusakan.

6. Test Drive

Test Drive

Selalu lakukan test drive sebelum membeli mobil. Rasakan bagaimana mobil itu berakselerasi, bermanuver, dan berhenti. Dengarkan suara dari mesin, transmisi, dan bagian lainnya.

7. Cek Harga Pasar

Saat membeli mobil bekas, pastikan kita sudah mengetahui berapa harga pasar untuk merek dan model mobil yang kita inginkan. Biar nggak gampang dikibulin sama penjualnya. Hehehe…

Kita bisa memanfaatkan situs jual-beli mobil atau konsultasikan dengan penjual tentang perkiraan harga pasar.

8. Lakukan Inspeksi Mekanik

Jika memang kita nggak yakin tentang kondisi mobil, pertimbangkan untuk membawa mobil ke mekanik independen untuk inspeksi. Mereka bisa memberi kita wawasan yang lebih mendalam soal keadaan mobil.

9. Cek Dokumen

Pastikan semua dokumen kendaraan, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), dan faktur pembelian, lengkap dan sah.

Hal ini untuk menghindarkan kita dari membeli mobil bodong. Meski harganya murah, tetap saja akan menyulitkan kita nantinya.

Related Post:

10. Tawar Harga

Jangan ragu untuk menawar harga. Seringkali ada ruang untuk negosiasi, terutama jika kita menemukan masalah kecil selama inspeksi.

Kesimpulan

Ingatlah bahwa membeli mobil bekas melibatkan risiko tertentu. Tetapi dengan penelitian yang baik dan persiapan yang tepat, kita bisa membuat keputusan yang lebih cerdas.

Dengan mengikuti tips membeli mobil bekas di atas, semoga kita bisa menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kita!

Related Post:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro