Alat Otomasi Industri: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Persaingan di dunia industri semakin ketat saja. Oleh karena itu, sudah waktunya perusahaan beralih menggunakan peralatan yang serba otomatis dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan efisiensi. Kita menyebutnya sebagai alat otomasi industri.

Apa itu otomasi industri? Kita akan membahasnya, mulai dari definisi, prinsip kerja, jenis dan contoh alatnya.

Definisi Otomasi Industri

Mengenal Alat Otomasi Industri


Otomasi industri adalah pemanfaatan teknologi canggih untuk melakukan sesuatu, baik di lingkungan pabrik, perkantoran, maupun industri lainnya. Dalam artian, perusahaan menggunakan sistem otomatis untuk mengontrol dan memantau proses, mesin, atau perangkat dengan cara terkomputerisasi.

Meski begitu, peranan manusia tidak hilang sepenuhnya, tetapi berkurang. Sehingga, perusahaan bisa bekerja dengan lebih cepat.

Ada beberapa tujuan dari pemanfaatan otomasi, sebagai berikut:

  • Meminimalkan kesalahan dalam produksi.
  • Meningkatkan kualitas produk.
  • Efisiensi biaya dengan menggantikan peran tenaga kerja.
  • Meningkatkan keselamatan operasi industri.

Prinsip Kerja Alat Otomasi Industri

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara kerja alat otomasi industri?

Dalam suatu proses produksi barang, proses otomasi bekerja berdasarkan prinsip kerja yang mendasar. Menurut website resmi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, cara kerja sistem otomasi industri adalah sebagai berikut:

  1. User memberikan masukan, berupa tekanan, suhu, kecepatan dan level melalui unit kontrol.
  2. Unit kontrol bisa berupa sistem berbasis mikroprosesor atau PLC (Programmable Logic Controller). Ini bisa menerima masukan dan menghasilkan output berdasarkan program yang sudah kita set sebelumnya.
  3. Output ini yang mengendalikan proses mekanik atau elektronik, seperti mengaktifkan motor, menggerakkan aktuator, atau mengontrol suhu dan aliran dalam proses produksi.

Jenis-jenis Otomasi Industri

Berdasarkan sebuah tulisan di salah satu e-journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyebutkan ada tiga jenis otomasi industri, di antaranya fixed automation, programmable automation dan flexible automation.

1. Fixed Automation

Fixed automation adalah sistem di mana urutan prosesnya sudah berdasarkan dari penetapan oleh konfigurasi peralatannya. Sehingga, jarang sekali terjadi perubahan dalam pengoperasiannya.

Biasanya, sistem industri yang terotomasi tetap ini banyak kita jumpai untuk proses produksi barang dengan laju permintaan dan volume yang sangat tinggi.

2. Programmable Automation

Programmable automation adalah sistem industri terotomasi yang desain produksinya sesuai dengan konfigurasi produk. Di mana urutan operasinya terkendali oleh suatu program sehingga sistem bisa membaca dan menginterpretasikannya.

Sistem otomasi ini banyak kita temukan untuk proses produksi barang dengan skala rendah sampai medium.

3. Flexible Automation

Tipe atau jenis sistem industri terotomasi ketiga adalah flexible automation. Sistem ini mampu memproduksi barang dengan berbagai bentuk yang terkendali oleh komputer melalui kode instruksi.

Selain itu, sistem ini merupakan kelanjutan dari programmable automation.

Contoh Alat Otomasi Industri

Cara Kerja Alat Otomasi Industri


Ada banyak sekali contoh alat otomasi industri yang ada saat ini. Salah satunya yang akan kami sebutkan adalah jenis fixed automation yaitu Warehouse Management System.

Menurut informasi dari website resmi PT. Kawan Lama Sejahtera, Automatic Storage and Retrieval Storage (ASRS) Racking adalah sistem penyimpanan dan pengambilan stok barang secara otomatis. Sistem ini menjadi fasilitas pergudangan yang baru dan sesuai dengan permintaan perkembangan ekonomi dalam era industri 4.0.

ASRS Racking memiliki beberapa komponen dalam menjalankan tugasnya untuk memasukkan, mengeluarkan dan pendataan barang di dalam racking, yaitu conveyor, lifter dan shuttle.

1. Conveyor

Contoh Alat Otomasi Industri adalah Conveyor


Conveyor
berfungsi sebagai media yang bergerak secara otomatis dalam membawa barang untuk keluar atau masuk area racking.

Kalau kita naik pesawat dan punya barang yang masuk bagasi. Saat pengambilan barang tersebut, kita terbiasa menunggu barangnya bergerak dari luar masuk ke dalam bandara melalui mesin. Nah semacam itulah sistem conveyor.

Ada banyak sekali tipe dan jenis conveyor, salah satunya adalah Krisbow Load Conveyor W60 H250 HD50KG PPCL6025A dengan beberapa fitur, sebagai berikut:

  • PVC belt dengan permukaan yang kasar. 
  • Tinggi conveyor bisa kita atur dengan motor screw 
  • Kontrol mulai, berhenti, maju dan mundur 
  • Kontrol untuk kecepatan sabuk variabel 
  • Lapisan bubuk bingkai selesai

2. Lifter

Jenis otomasi industri menggunakan Warehouse Management System


Lifter berfungsi untuk membawa sampai lokasi yang berbeda ketinggian atau elevasi. Mudahnya, kita bisa menaikkan atau menurunkan barang.

Ada banyak tipe dan jenis lifter yang ada, salah satunya adalah Krisbow Reach Pallet Lifter 2TX6.5M PPTT2065. Lifter ini memiliki kontrol pengoperasian yang mudah dan nyaman.

3. Shuttle

Shuttle berfungsi untuk mengeluarkan atau memasukkan barang ke titik tujuan. Kita juga bisa menggunakannya untuk menyimpan barang.

Ketiga komponen dalam ASRS Racking bisa kita koordinir dengan menggunakan perangkat lunak bernama Warehouse Management System (WMS) dan Warehouse Control System (WCS).

Kesimpulan

Otomasi industri adalah teknologi canggih untuk melakukan sesuatu, baik mengontrol dan memantau proses, mesin, atau perangkat dengan cara terkomputerisasi di lingkungan pabrik, perkantoran, maupun industri lainnya.

Prinsip kerja alat otomasi industri yaitu user memberikan input pada unit kontrol. Lalu unit kontrol akan menghasilkan output yang sesuai untuk mengendalikan proses mekanik atau elektronik.

Salah satu contoh sistem industri yang terotomasi adalah ASRS Racking. Teman-teman bisa mendapatkan informasi mengenai sistem penyimpanan dan pengambilan stok barang secara otomatis di website resmi PT. Kawan Lama Sejahtera.

Di mana PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia untuk peralatan dan mesin industri. Mereka sudah menyediakan solusi industri terbaik selama lebih dari setengah abad.

Jadi, dapatkan segala kebutuhan kalian untuk sistem industri terotomasi hanya melalui website resmi PT. Kawan Lama Sejahtera!

Sumber tulisan:

  1. https://sttkd.ac.id/berita/sistem-otomasi-industri-sebuah-tujuan-mencapai-efisiensi/#Efisiensi dan Efektivitas 
  2. https://e-journal.uajy.ac.id/8526/3/TI207595.pdf 
  3. https://www.kawanlama.com/
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

14 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Dengan alat otomasi industri, pekerjaan jadi jauh lebih cepat dan mudah yaa. Alatnya juga bagus2 nih.

    BalasHapus
  2. bener banget. di era teknologi yang makin canggih gini emang lebih baik memanfaatkan mesin supaya pekerjaan jadi lebih efisien. dan tentunya mengurangi biaya operasional hehe

    BalasHapus
  3. Alat otomasi ini memang bekerja lebih cepat. Jadi sangat memudahkan dan hasilnya juga akan sesuai target. hanya memang mengurangi tenaga manusia

    BalasHapus
  4. Dg adanya otomasi industri jd lebih memudahkan pekerjaan ya bisa lebih hemat tenaga bg perusahaan

    BalasHapus
  5. Di tengah persaingan yang semakin ketat, kita rasanya memang akan ketinggalan kalau masih mengandalkan segala sesuatu yang masih manual atau konvensional.
    Alat-alat otomasi industri ini adalah salah satu langkah yang tepat agar bisnis kita bisa level up dan siap berkompetisi secara sehat dengan yang lainnya

    BalasHapus
  6. Aktivita industri dengan alat otomasi menjadi lebih efektif dan efisien. Waktu sudah bisa dikontrol, prosesnya pun juga demikian.

    BalasHapus
  7. Seiring era yang semakin canggih, semua lini kehidupan pun bisa dipermudah, ya. Termasuk di sektor industri, kemajuan teknologi menyediakan alat otomasi yang bisa membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat.

    BalasHapus
  8. sekarang di berbagai industri sudah menggunakan alat otomasi yang canggih untuk meningkatkan sektor produksi. tapi ya secanggih apapun alat otomasi tetap butuh sumber daya manusia untuk mengoperasikannya

    BalasHapus
  9. Wah, sekarang kita bisa lihat betapa pentingnya otomasi industri untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Dengan teknologi canggih ini, proses produksi jadi lebih terkontrol dan minim kesalahan. Contohnya ASRS Racking, bener-bener keren dan bikin proses pergudangan jadi lebih efisien! 💡🏭

    BalasHapus
  10. Wah, keren yaa..
    Bekerja di industri gak hanya kudu paham mengenai jobdesc yang barkaitan dengan lini pekerjaannya juga termasuk dalam pengoperasian alat dalam dunia industri. Jadi, pekerjaan lebih efisien dan cepat.

    BalasHapus
  11. *manggut manggut sambil baca artikel* soalnyaa kaga pernah tahu sama alat ini. tapi ada merk Krisbow langsung oooohhh wkwkw, emang udah nyantol kalo aalat2 ginian yg oke ya Krisbow gitu sih yaaa..

    BalasHapus
  12. Beberapa nama alat yang disebutkan baru saya tahu nih, hehe informasi baru sih. Semua alat ini benar-benar membantu banget untuk produksi industri.

    BalasHapus
  13. Setuju sih, alat otomatasi memang membantu banget buat para pemilik bisnis supaya mempermudah pekerjaan yang ada. Waaah ASRS Racking itu ternyata jenis alat otomasi yang fixed automation ya kak

    BalasHapus
  14. Hmm banyak juga ya jenis lalat otomasi industri
    Bisa dipilh sesuai kebutuhan setiap jenis industri ya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro