3 Penyebab Rambut Kering dan Mengembang yang Wajib Kalian Tahu

Penyebab Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang - Setiap wanita tentu menginginkan rambut yang halus dan lembut. Apalagi bagi mereka yang memanjangkannya. Tapi, bagaimana jika rambut menjadi kering dan mengembang? Perasaan nggak pede dan sebagainya tentu akan menghampiri kita. Mana katanya rambut adalah mahkota wanita lagi. Sudah bisa dipastikan, kita akan berupaya semaksimal mungkin mencari cara mengatasi rambut kering dan mengembang.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk merawat rambut kita yang sudah terlanjur kering dan mengembang itu.

Coba simak apa yang akan kita bahas kali ini ya, Sahabat Filia.

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang


Rambut kita menjadi kering ketika kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup untuk melembabkan rambut. Atau bisa jadi, karena rambut kehilangan kelembabannya akibat kerusakan kutikula atau lapisan pelindung rambut.

Lantas, apa saja yang dapat menyebabkan hal tersebut?

1. Terlalu Sering Keramas


Kebanyakan orang berpikir keramas bisa membersihkan dan melembutkan rambut. Namun sayangnya, pemikiran itu tidak tepat. Apalagi jika sampo yang digunakan tidak menyesuaikan dengan kebutuhan rambut kita.

Alih-alih menjadi bersih, kandungan minyak di kulit kepala bisa saja meluruh. Akibatnya rambut menjadi kering dan mengembang setelah keramas. Bahkan bisa sampai merusak rambut lho, Geng. Lantas penampilan kita jadi minus dong. Apalagi bagi teman-teman yang tidak berhijab.

Bukan berarti, teman-teman yang berhijab menjadi aman ya? Karena tantangan merawat rambut berhijab malah semakin berat lho.

Jadi, sebaiknya bagaimana jadwal kita keramas?

Katanya sebaiknya kita keramas sekitar 2-3 kali seminggu. Atau kita bisa keramas ketika rambut sudah terasa kotor.

Oh ya, pemakaian air hangat saat keramas sesekali memang membuat kita nyaman. Tapi jangan terlalu sering ya, Geng. Itu malah nggak baik untuk kulit kepala kita.

2. Selalu Mengeringkan Rambut dengan Catokan


Catok Menyebabkan Rambut Kering
Sumber pic : Designed by Yanalya / Freepik

Catokan atau blow memang kadang membantu kita kala ingin segera bepergian. Rambut akan lebih cepat kering dan mudah kita atur.

Sayangnya, hal itu malah akan semakin membuat rambut kita kering dan mengembang lho. Apalagi jika perawatan rambut kita kurang memadai dan hanya mengandalkan sampo saja.

Maka, akan lebih baik jika kita mengeringkan rambut dengan diangin-anginkan. Meski membutuhkan waktu lebih lama, tapi potensi rambut kering dan mengembang semakin tipis.

Nah, Geng. Pilih mengeringkan rambut dengan cara apa hayo?

Kalau saya sih lebih memilih menghadapkan rambut basah di depan kipas angin. Sambil lalu, kita sisir dengan jari. Begitu juga cepat kering kok rambut kita. Jadi, pas dipakaikan kerudung nggak bikin pusing dan semakin rontok. Paling juga kita sedikit masuk angina kalau kipasnya terlalu kenceng. Hehehe…

3. Sering Menggunakan Bahan Kimia Rambut


Rambut yang keriting kemudian diluruskan sih wajar ya. Beberapa wanita lebih memilih memiliki rambut lurus ketimbang keriting.

Tapi ada juga lho, wanita yang malah kepengen rambutnya dikeriting. Apalagi kalau sedang trend.

Mana kegiatan ini tidak bisa lepas dari penggunaan bahan kimia. Yang jika keseringan malah dapat membuat rambut kering dan mengembang lho, Geng.

Lebih baik memilih bahan yang alami atau tidak perlu meluruskan atau mengeriting rambut secara permanen deh.

Selain itu, masih ada kegiatan pengecatan rambut yang menggunakan bahan kimia.

Kalau dipikir-pikir, rambut hitam sebenarnya sudah menarik. Tapi ada saja yang menginginkan warna lain di bagian atas kepala. Jadi deh, kita menggunakan semir untuk merubah warna rambut. Kalau tidak percaya, coba kita lihat penampilan para muda-mudi sekarang ini!

Belum lagi jika kita merasa perlu melakukan bleaching. Dimana kegiatan ini bermaksud untuk merusak warna hitam rambut agar warna yang kita inginkan bisa lebih tegas.

Maka, bisa dipastikan rambut kita semakin rusak jika tidak dibarengi dengan perawatan yang intens. Hoho…

Selanjutnya, setelah mengetahui apa saja tindakan kita yang kerap membuat rambut bermasalah, kini giliran kita mencari tahu bagaimana merawatnya. Agar rambut kembali sehat dan berkilau.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut yang indah? Teman-teman juga pasti ingin kan? Sama, saya juga menginginkan hal yang sama. Kalau begitu, tunggu postingan selanjutnya mengenai cara mengatasi rambut kering dan mengembang ya, Sahabat Filia.

See You Later

Post a Comment

0 Comments