Sponsor Anak: Kisah Masa Lalu Seorang Anak di Pedalaman Kalimantan - Yuni Bint Saniro

Breaking

Saturday, 19 December 2020

Sponsor Anak: Kisah Masa Lalu Seorang Anak di Pedalaman Kalimantan

Sponsor Anak

Masa lalu bisa menjadi sumber pembelajaran yang menarik. Kita bisa belajar dari kesalahan di masa itu agar nggak terulang di masa kini. Atau mempertahankan sesuatu yang baik. Bila perlu kita bisa selalu meningkatkannya. Dalam hal apa pun.

Aku mempunyai satu cerita menarik di masa lalu. Kisah ini adalah sebuah ingatan dari seorang anak kecil yang telah dewasa. Tentu hanya sebuah bayang-bayang yang terkadang kurang jelas. Tapi kuharap bisa dimengerti dan dipahami.

Ikut Orang Tua Merantau ke Kalimantan

Kedua orang tuaku bertemu di tanah rantau. Tepatnya di Kalimantan Tengah. Mereka menikah dan menghadirkan aku dan adik-adik dalam keluarga.

Nggak seperti anak-anak yang ada di desaku saat ini. Para orang tua meninggalkan mereka untuk merantau ke luar daerah. Membiarkan mereka tinggal bersama keluarga yang lain. Hanya mengirimkan uang untuk biaya hidup mereka.

Namun sesayang-sayangnya keluarga lain pada kita, akan berbeda dengan kasih sayang orang tua sendiri. Iya nggak sih?

Nah, kedua orang tuaku mungkin memiliki pemikiran tersebut. Makanya mereka nggak pernah mau meninggalkan kami tinggal bersama keluarga lain di desa. Mereka mengajak kami ikut serta ke tanah rantau. Menempuh pendidikan di sekolah yang di sediakan perusahaan.

Kami mah merasa asyik saja. Toh kami tinggal bersama kedua orang tua. Jadi, tinggal dimana pun tetap merasa betah.

Dalam ingatanku, aku memiliki banyak teman dari penduduk pribumi. Kadang-kadang mereka bermain ke rumahku. Ada kisah unik yang terlintas dalam benakku. Kalian mau membacanya? Yuk dilanjut dulu!



Nice Info to Know Pengalaman Merantau

 


Kisah Anak di Pedalaman Kalimantan

Sepanjang apa yang kuingat, teman-temanku selalu merasa senang jika bermain di rumahku. Bukan apa-apa sih. Ibuku sangat menyukai anak-anak. Nggak perduli siapa, beliau akan memperlakukan mereka dengan baik.

Pernah suatu ketika, ibuku membelikanku sepatu baru. Sementara sepatuku yang lama masih bagus. Maksudku, sepatu lamaku masih layak pakai.

Maka, ibuku pun menawarkan sepatu lamaku pada salah satu temanku yang memiliki ukuran kaki sama denganku.

Saat itu, aku sama sekali nggak membayangkan bahwa dia akan merasa sangat senang. Karena memang benar, sepatunya sudah bolong dan nggak layak pakai gitu.

Teman-temanku yang lain merasa iri melihat dia mendapatkan sepatu lamaku. Namun, ibuku nggak bisa melakukan apa pun. Sepatu lamaku hanya sepasang. Jadi, beliau memberi mereka uang sekedarnya.

Lalu, apa hanya mereka yang mengalami kekurangan dalam urusan sekolah?

Bagaimana Membantu Anak di Pedalaman

Pada kenyataannya, banyak anak yang memiliki nasib seperti teman-teman kecilku dulu. Malah mungkin lebih parah lagi kondisinya.

Selain itu, keadaan ekonomi keluarganya yang berada di bawah garis kemiskinan. Hal ini membuat mereka kekurangan dana untuk biaya sekolah, membeli perlengkapan sekolah dan lain-lain.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan?

Kita bisa melakukan beberapa hal untuk membantu mereka. Salah satunya melalui program sponsor anak yang dikelola oleh Wahana Visi Indonesia.

Tahukah teman-teman apa itu program sponsor anak? Aku akan menjelaskannya sebentar lagi.


Nice Info to Know Menjaga Mood Anak


 

Mengenal Program Sponsor Anak


Program Sponsor Anak

Program sponsor anak adalah cara mudah dan efektif dalam mendukung masa depan anak Indonesia di berbagai wilayah yang membutuhkan. Program ini dikelola oleh Wahana Visi Indonesia (WVI).

Melalui program ini, WVI sudah mendampingi lebih dari 85ribu anak di 52 wilayah di seluruh Indonesia. Para sponsornya pun nggak hanya berasal dari Indonesia melainkan ada juga dari 11 negara lainnya.

Ketika kita menjadi sponsor, kita telah berkontribusi pada proyek pengembangan jangka panjang. Hal ini untuk membantu anak melalui program pendidikan, kesehatan, perlindungan anak dan penguatan perekonomian keluarga.

Jadi, bagaimana jika kita ingin membantu dan menjadi sponsor anak?

Bagaimana Cara Menjadi Sponsor Anak?

Cara menjadi sponsor anak sangatlah mudah. Kita hanya akan melakukan beberapa hal. Diantaranya:

  1. Kita harus menemukan anak yang membutuhkan dukungan kita. Bisa jadi WVI akan membantu untuk menemukannya lho.
  2. Kita akan mengisi formulir yang ada.
  3. Setelah mengisi formulir, kita hanya perlu melakukan konfirmasi donasi yang kita berikan. Besarannya adalah Rp. 200.000/anak/bulan.
  4. Kemudian staff WVI akan menghubungi kita terkait donasi yang kita berikan.

Nah, mudah kan?


Nice Info to Know How to be a nice mother


 

Apa yang Kita Dapatkan oleh Seorang Sponsor?

Sebagai seorang sponsor tentu kita akan mendapatkan beberapa hal. Apa saja itu?

Awal Perjalanan Sponsor Anak

Pada awal perjalanan, kita akan menerima paket selamat datang. Sama kayak di hotel-hotel itu lho. Kalau mau menginap, kita kadang mendapatkan welcome drink kan?

Nah, paket selamat datang ini kurang lebih seperti itu. Namun, paket itu akan berisi profil dan foto anak sponsor anak, panduan program dan informasi tentang wilayah dampingan. Lengkap ya?

Selama Perjalanan Sponsor Anak

Kita nggak akan menjadi sponsor anak tanpa mengetahui perkembangan apa pun tentang anak tersebut. Sehingga, WVI akan memberikan laporan tahunan anak sponsor kita.

Harapannya kita akan mengetahui pencapaian apa yang berhasil diraih oleh anak dan masyarakat yang kita dukung.

Momen Spesial Sponsor Anak

Sepanjang tahun pasti ada saja momen spesial yang terjadi. Entah itu ulang tahun, kenaikan kelas, hari raya atau momen lainnya.

Pada kesempatan tersebut, WVI akan mendorong kita untuk mengirimkan surat atau kartu ucapan. Namanya juga anak-anak. Mereka pasti merasa senang jika mendapat kabar dari sponsor mereka.

Kesimpulan

Nah teman-teman, ada banyak anak yang nasibnya nggak seberuntung kita. Memiliki kehidupan yang layak. Jika pun membutuhkan sesuatu, kita tinggal meminta maka keinginan atau kebutuhan kita akan terpenuhi. Sementara mereka?

Anak-anak seperti teman-teman kecilku tentu juga menginginkan pendidikan yang sama dengan kita. Namun kadang kala terkendala dengan kondisi ekonomi.

Makanya Wahana Visi Indonesia membuat program Sponsor Anak untuk membantu mereka meraih mimpi. Jadi, apakah kita sudah siap membantu mereka? Ikut berpartisipasi dalam program ini?

Ingatlah! Masa depan dunia juga berada di tangan mereka. Karena meski kondisi ekonomi mereka nggak mencukupi, mereka tetaplah generasi penerus bangsa. Cemiau.

11 comments:

  1. Programnya keren banget kak :D keberadaan anak bangsa menjadi tanggung jawab kita semua, semoga rejekinya para donatur terus dilancarkan

    ReplyDelete
  2. Berarti program sponsor anak ini kurang lebih semacam program orang tua asuh gitu ya kak? Tapi digerakkan oleh non government organisation, gitu kan ya?

    ReplyDelete
  3. Wah aku baru tahu ada program keren ini. Luar biasa semangatnya untuk membantu anak-anak Indonesia yang kurang mampu

    Senang banget ada yang memikirkan dan membuat program seperti ini. Semoga makin sukses dan menggerakkan hati banyak donatur untuk berpartisipasi

    ReplyDelete
  4. Senang sekali saya bisa tahu banyak tentang program-program Wahana Visi Indonesia ini. Selain Sponsor Anak, mereka juga punya program membantu masyarakat Suku Asmat di Papua supaya terbebas dari gizi buruk, juga saudara-saudara kita di Lembata yang menjadi korban letusan Gunung Ile Ape. Barakallah WVI.

    ReplyDelete
  5. Bagus banget program Sponsor Anak ini ya mbak ,semoga makin banyak donatur dan semakin banyak juga anak-anak yang terbantu.

    ReplyDelete
  6. Anak-anak sejahtera, maka nasib masa depan bangsa juga ikut sejahtera. Bagus sekali program yang dijalankan oleh WVI ini. Semoga terus mendapatkan dukungan positif ya, biar program ini semakin berkembang.

    BTW, salut untuk sang ibu yang dermawan. Meski kondisi kita juga gak jauh berbeda dengan mereka, tapi tetap memberikan apa yang kita punya, semampunya. Good . Nice info Mba

    ReplyDelete
  7. Bagaimana kondisi kita saat ini memang harus banyak disyukuri ya. Masih ada anak2 yang kondisinya mungkin tidak bisa kita ungkapkan dengan kata2...hanya kita bisa membantu dari jauh... program kkeren WVI ini...

    ReplyDelete
  8. program sponsor anak ini mungkin kalo jaman dulu tuh kaya program anak asuh gitu yaa, jadi kita bisa membiayai anak-anak yang membutuhkan gitu

    ReplyDelete
  9. Programnya bagus nih, agar kesejahteraan anak lebih merata. Memang kalau nggak diniatkan betul kadang-kadang juga nggak kepikiran berbagi dengan anak -anak di berbagai pulau di Indonesia.

    ReplyDelete
  10. memang banyak sekali anak - anak di indonesia ini yang kurang sejahtera baik secara ekonomi maupun pendidikan. menurut saya program WVI ini bagus sekali, dan sudah seharusnya kita dukung. dan untuk pasangan yang belum di karuniai anak, bisa "mengadospi" anak secara tidak tidak langsung melalui program ini. keren

    ReplyDelete
  11. Program WVI ini mulia ya menginginkan setiap anak dapat mengenyam pendidikan secara merata dan berkesinambungan. Semoga banyak donatur yang terketuk hatinya untuk ikut berpartisipasi ya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.