Tips Aman Belanja di e-Commerce dengan Kartu Kredit Digital

Dewasa ini, belanja online di e-commerce sudah menjadi budaya tersendiri seiring pesatnya teknologi digital. Selain praktis dan efisien, belanja di e-commerce juga menawarkan banyak pilihan dalam metode pembayarannya. Salah satunya dengan menggunakan kartu kredit online.

Survei dari Katadata Insight Center (KIC) bersama Kredivo yang rilis pada Juni 2021 mengungkap, sebanyak 6% responden memakai kartu kredit untuk berbelanja. Artinya, penggunaan kartu kredit kini lebih meluas sehingga kita bisa memanfaatkannya dengan bebas.

Tips Aman Belanja di E-commerce


Tips Aman Belanja di e-Commerce
Tips Aman Belanja di e-Commerce (Sumber Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-wanita-laptop-santai-7007174/)


Meski belanja online di e-commerce memberikan segala kemudahan, tapi para konsumen juga bisa rentan terkena penipuan. Cegah hal tersebut dengan sejumlah tips aman dalam berbelanja di e-commerce berikut ini.

1. Gunakan E-commerce yang Terpercaya

Ada banyak e-commerce yang masih aktif beroperasi di Indonesia. Namun, hanya beberapa saja yang populer dan biasa digunakan oleh masyarakat. Sejumlah e-commerce tersebut, yakni Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak.

Soal keamanannya, nggak perlu meragukannya lagi karena beberapa e-commerce tersebut sudah terjamin kualitas dan penggunaannya. Selain itu, e-commerce tersebut juga menyediakan berbagai kebutuhan dari primer sampai tersier.

2. Pilih Toko yang Kredibel

Pilihlah toko yang jelas kredibilitasnya. Hal ini bisa ditandai dengan logo atau ikon official yang tertera dalam nama maupun deskripsi dari toko tersebut. Dari segi kepercayaan, tentu saja toko yang official lebih memberikan rasa nyaman ketimbang seller biasa.

Meski begitu, nggak jarang para seller ini menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada toko aslinya untuk memikat calon konsumen. Catatan pentingnya adalah jangan mudah terbuai dengan penawaran tersebut dan telitilah sebelum memutuskan untuk checkout barang di sana.

Daripada kita sia-sia memanfaatkan kartu kredit online, lebih baik mencegah kerugian sejak dini. Soalnya, nggak jarang ada yang memalsukan data atau deskripsi barang dengan iming-iming harga murah.

3. Periksa Rating Toko atau Produk yang Dijual

Toko yang terpercaya sudah seharusnya memiliki rating yang tinggi. Paling nggak, mendekati angka sempurna atau nilai 5. Hal ini menunjukkan bahwa toko tersebut berkualitas baik dari segi pelayanan maupun produk yang dijual.

Selain itu, rating toko juga menggambarkan reputasi dari seller. Sebagian besar e-commerce di Indonesia juga telah dilengkapi fitur pencarian dengan filter rating untuk memudahkan konsumen dalam menemukan toko yang tepat dan terpercaya.

4. Baca Teliti Deskripsi, Ulasan, dan Foto Produk

Sesudah memperoleh toko yang tepat, kita juga perlu membaca secara teliti akan produk yang ingin dibeli. Memang toko tersebut punya rating bagus, tapi ada kalanya mendapat hate comment karena pembeli yang merasa kurang puas atau dikecewakan pada produk tertentu.

Untuk itu, gali informasi lebih lanjut mengenai produk yang kita butuhkan. Mulai dari deskripsi, foto, sertifikasi produk, hingga semua ulasan pembeli sebelumnya dari bintang 5 hingga 1.

5. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Ragu untuk checkout produk karena ingin berhemat atau sedang terbatas budget? Nggak perlu ambil pusing karena pilihan pembayarannya bisa memakai kartu kredit online.

Dengan menggunakan kartu kredit tersebut, kita bisa berbelanja sepuasnya tanpa harus menghabiskan tabungan atau gaji sekaligus. Belanja online pakai kartu kredit sebenarnya juga tergolong aman, jadi nggak perlu risau soal penipuan dan semacamnya.

Rahasia Belanja Aman Menggunakan Kartu Kredit Online


Kartu Kredit Online
Belanja dengan Kartu Kredit Online (sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-laptop-internet-4968391/)


Bagi sebagian orang terkadang merasa belanja online dengan memakai kartu kredit itu riskan. Padahal, caranya mudah dan aman saja apabila tahu tipsnya. Berikut sejumlah tips agar transaksi di e-commerce pakai kartu kredit jadi nyaman dan aman.

1. Hindari Pendaftaran Banyak Kartu Kredit

Apabila kita punya lebih dari satu kartu kredit, pastikan nggak mendaftarkan lebih dari satu kartu kredit untuk berbelanja online tersebut. Tujuannya agar terhindari dari upaya scamming atau penipuan online lainnya.

2. Aktifkan Nomor Virtual Account

Dengan mengaktifkan nomor virtual account, kartu kredit online kamu akan sulit terdeteksi online peretas. Sederhananya, virtual account tersebut menjadi nomor alternatif untuk melindungi akun kartu kredit pengguna.

3. Gunakan PIN yang Sulit Diketahui

Pokoknya, gunakan password atau PIN yang sulit dikenali oleh orang lain. Jangan pernah menggunakan tanggal lahir atau data pribadi yang mudah dicari tahu oknum.

4. Hindari WiFi Publik

Ketika sedang bertransaksi apapun itu, jangan pernah memanfaatkan jaringan dari wifi yang sifatnya publik. Ini bisa menjadi celah bagi peretas untuk masuk ke sistem dalam perangkat elektronik milik kita.

5. Hindari Situs Ilegal atau Informasi Nggak Jelas

Berbagai tindak penipuan kini makin beragam sehingga kita perlu waspada dan curiga semisal mendapat arahan untuk buka situs tertentu. Jangan pernah melakukan perintah dari info yang nggak jelas atau beraktivitas di situs-situs ilegal.

Belanja Online Puas dan Aman dengan Kartu Kredit Digital

Mau self-reward dengan belanja online, tapi gajian masih lama? Tenang, ada digibank by DBS yang bisa kita manfaatkan untuk mengajukan kartu kredit. Syarat pengajuan Kartu Kredit Digital digibank juga mudah dan menawarkan banyak manfaat sebagai berikut.

  • Cukup 60 Detik Saja untuk Approval.
  • Kartu Kredit Bisa Langsung Digunakan.
  • Limit Belanja Bisa Disesuaikan (Stay in Control).
  • Tersedia Fitur digibank Pay Later.
  • Pelayanan 24 Jam via Aplikasi digibank by DBS.
  • Bebas Iuran Tahun Pertama

Bagaimana, syarat pengajuan kartu kredit melalui digibank by DBS mudah, bukan? Apalagi dengan berbagai keuntungan yang diberikan.

Demikian rangkaian info seputar tips aman belanja online di e-commerce dengan menggunakan kartu kredit online. Apabila Teman-teman merasa tertarik mengajukan kartu kredit tersebut, dapatkan informasi selengkapnya dengan klik di sini.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro