Tips Cara Menjawab Wawancara Kerja yang Tepat dan Anti Terjebak

Yuni Bint Saniro - Sesi wawancara kerja terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagain banyak orang. Utamanya bagi yang baru pertama kali merasakan sesi tersebut. Banyak hal yang kadang membuat kita berhasil mengacaukannya.

Bahkan kurangnya pengalaman bisa bikin kita merasa deg-degan sampai akhirnya apa saja yang disiapkan menjadi buyar. Lantas trik cara menjawab wawancara kerja yang dipelajari juga akhirnya meluap begitu saja.

Akhirnya karena cemas dan panik, kita yang semula berkesempatan untuk lolos tes wawancara bisa jadi mengalami kegagalan. Tentunya hal tersebut nggak ingin kita alami berulang kali ‘kan.

Maka dari itu, mempelajari materi wawancara saja nggak cukup lho. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari dengan tenang.


Tips Cara Menjawab Wawancara Kerja
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/confident-millennial-female-applicant-glasses-talking-job-interview_3952575.htm


Jangan Bingung Lagi, Begini Cara Menjawab Wawancara Kerja yang Tepat

Menurut kalian nih, Girls. Apakah wawancara kerja punya banyak pertanyaan menjebak yang kadang membuat kita bingung?

Memang ada sih. Tapi tahu nggak sih? Sebenarnya hal tersebut hanya salah satu cara tim HRD untuk mengorek tentang kita lebih dalam. Apabila kita telah menyiapkannya dengan baik, maka tes wawancara akan berjalan dengan baik.

Berikut tips cara menjawab wawancara dengan baik dan tepat tanpa rasa cemas:

1. Gambarkan Diri Kita

Apa yang ada dalam pikiran kita ketika tim HRD bertanya tentang diri sendiri? Pada waktu ini, kita nggak boleh panik dan harus bersikap dengan tenang. Pertanyaan ini adalah salah satu cara untuk mengetahui karakter dasar yang kita miliki.

Karakter seseorang merupakan aspek penting bagi sebuah perusahaan. Kita yang berkarakter kuat tentu akan memiliki nilai positif dan menjadi daya tarik tersendiri.

Tipsnya pilihlah tiga kata yang dapat menggambarkan diri kita. Misalnya saja jujur, pekerja keras, komunikator yang baik hingga orang yang memiliki komitmen tinggi.

Kalau merasa perlu, kita bisa memanfaatkan aplikasi siap kerja untuk mengetahui cara meningkatkan personal branding. Agar lebih percaya diri saat menjawab pertanyaan terkait gambaran diri.

2. Apa yang Kita Ketahui Tentang Perusahaan Tersebut

Inilah pertanyaan penting dan harus kita kuasai saat mempelajari cara menjawab wawancara kerja yang tepat. Makanya kita wajib melakukan riset sebelum menghadiri sesi interview. Kita wajib mengetahui minimal tentang profil perusahaan yang dituju.

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui sebesar apa pengetahuan tentang perusahaan tersebut. Hal ini juga bisa menjadi tolok ukur seberapa antusias kita untuk bekerja dengan perusahaan tersebut.

Tips terbaik dalam menjawab pertanyaan ini adalah pastikan kita mengetahui detail perusahaan sebelum melakukan wawancara agar lancar saat menjawab. Selain itu, kita harus menghindari jawaban yang seolah membandingkan dengan perusahaan lain. Sebisa mungkin tunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki keunggulan yang membuat kita tertarik untuk melamar.

Dengan menjawabnya secara bijak dan cerdas, perusahaan akan dapat memiliki alasan mengapa harus memilih kita.

3. Jelaskan Rencana Kita Ke Depan

Masuk ke sebuah perusahaan tertentu, tentunya kita telah memiliki berbagai rencana ke depan untuk perusahaan tersebut. Rencana tersebut dapat kita kemukakan dengan baik dan penuh keyakinan.

4. Jelaskan Alasan Tertarik Bergabung dengan Perusahaan

Cara menjawab wawancara kerja pada sesi ini juga harus kita lakukan dengan cerdas. Karena biasanya kebanyakan orang tertarik bekerja pada perusahaan tertentu karena suasananya yang nyaman serta gaji yang lebih tinggi.

Mungkin kita nggak sadar, bahwa pertanyaan seperti ini sedikit mengandung jebakan. Setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal dan nggak gampang berpindah-pindah. Oleh karena itu, Pastikan kita menjawabnya dengan tepat dan hindari membahas gaji.

Sebaiknya jawab pertanyaan ini dengan alasan yang positif. Misalnya saja ingin berkontribusi lebih dan menyalurkan bakat. Jawaban lainnya adalah mungkin karena posisi yang kita lamar sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Kita harus memastikan bahwa jawaban yang kita kemukanan memiliki motivasi yang membangun.

5. Kemukakan Prestasi Apa yang Telah Diraih dalam Berkarier

Setiap perusahaan pasti menginginkan calon karyawan yang terbaik. Jadi, wajar saja apabila perusahaan ingin mengetahui pencapaian prestasi di masa-masa sebelumnya.

Sehingga, saat menjawab pertanyaan ini, jelaskan dengan baik setiap keberhasilan yang telah kita raih sebelumnya. Buktikan bahwa kita pun layak untuk diterima di perusahaan tersebut.

Jadi, Jangan Terjebak dalam Memikirkan Cara Menjawab Wawancara Kerja

Cara menjawab wawancara kerja memang bukan hal yang mudah karena biasanya tim HRD akan memberikan pertanyaan yang cenderung menjebak. Sebenarnya mereka hanya ingin mengetahui sebesar mana kemantapan, ketenangan dan keyakinan kita dalam menjawab pertanyaan tersebut. Karena karakter tersebut sangat diperlukan dalam dunia kerja yang penuh dengan tekanan.

Oleh karena itu, jangan mudah terjebak ya! Kita harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum menghadiri sesi interview. Agar pekerjaan impian nggak lagi sebatas impian. Semoga berhasil!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

1 Comments

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Post a Comment
Previous Post Next Post