3 Cara Menghilangkan Pahit Bunga Pepaya Biar Masakan Semakin Lezat

Yuni Bint Saniro - Aku tu suka banget sama tumisan bunga pepaya. Apalagi kalau cabenya banyak. Wuih rasanya maknyus pisan. Cuma kadang kudu tahan sama pahitnya sih. Apalagi kalau yang masak nggak tahu cara menghilangkan pahit bunga pepaya. Alamat sudah. Kenikmatannya akan hilang.

Tahu nggak sih? Menurut wikipedia, rasa pahit yang ada pada daun dan bunga pepaya ada alasannya lho. Yaitu karena adanya kandungan zat papain yang tinggi. Anehnya, kandungan ini ternyata bisa meningkatkan nafsu makan.

Jadi, akan lebih baik kalau kita membatasi makan olahan daun dan bunga pepaya ya. Apalagi kalau baru mulai diet. Mending beralih ke makanan lain yang nggak meningkatkan nafsu makan. Tumis buncis misalnya.


Cara Menghilangkan Pahit Bunga Pepaya
Credit to Miss malicaahmad.com


3 Cara Menghilangkan Pahit Bunga Pepaya

Bagi penyuka tumisan bunga pepaya, ada lho cara menghilangkan pahitnya. Nggak butuh bahan yang aneh-aneh. Kita pun mudah menemukan bahan-bahan ini.

Beberapa sudah ada yang ibuku praktekkan untuk mendapatkan tumisan bunga pepaya yang nggak pahit. Teman-teman boleh ikutan praktek ya. Atau kalau ada informasi tambahan boleh sharing di kolom komentar. Nanti secara berkala, kami akan update informasi ini.

1. Remas-remas Bunga Pepaya dengan Garam

Bahan pertama adalah garam dapur. Aku nggak tahu persis seberapa takaran garam yang digunakan. Karena ibuku menggunakan cukup banyak. Mungkin sesuai perkiraan saja kali ya.

Kita perlu menambahkan garam pada bunga pepaya yang sudah kita pilih. Lalu remas-remas. Ingat ya, meremas bunga pepaya dengan garamnya nggak usah terlalu kencang. Biar nggak hancur.

Setelah itu, kita cuci sampai bersih dan garamnya hilang. Baru deh kita bisa lanjut mengolah bunga pepaya yang sudah nggak pahit.

2. Rebus Bunga Pepaya Bersama Daun-daunan yang Lain

Cara masak bunga pepaya selanjutnya, kita bisa merebus bunga pepaya bersama dengan daun-daunan lain. Misalnya kangkung, daun singkong atau daun jambu biji.

Kita bisa mengkombinasikan dengan cara pertama tadi. Atau cukup kita cuci bersih bunga pepaya dan daun yang akan kita pakai. Lalu merebusnya bersamaan.

Setelah itu, angkat dan tiriskan. Bunga Pepaya yang sudah berkurang pahitnya dan daun singkong pun siap kita olah lebih lanjut.

3. Tambahkan Asam Jawa saat Merebus Bunga Pepaya

Selain merebus bunga pepaya dengan daun singkong atau daun jambu biji, kita bisa merebusnya dengan asam jawa. Rasa pahitnya akan berkurang deh. Bagaimana caranya?

  1. Cuci bersih bunga pepaya yang akan kita masak.
  2. Kita didihkan air. Lalu masukkan asam jawa dan bunga pepaya.
  3. Sembari merebusnya, kita bisa mengaduknya sesekali.
  4. Setelah itu, siram bunga pepaya dengan air yang mengalir dan tiriskan.

Adakah Cara Menghilangkan Pahit Bunga Pepaya yang Lain?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa kita bisa mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya dengan menggunakan tanah lempung. Tapi, aku dan ibuku belum pernah mencobanya.

Lagipula, saat ada bahan lain yang lebih baik. Kenapa kita harus menggunakan tanah lempung untuk makanan? Iya nggak sih?

Yah, meskipun kita bisa membersihkan bunga pepaya dari tanah lempung setelah mengurangi rasa pahitnya. Tapi, aku menyarankan menggunakan tiga cara menghilangkan pahit bunga pepaya yang telah tersebut di atas tadi saja ya, Gaes. Semoga bermanfaat.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

20 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Cara nomor satu udah jadi resep sejuta umat. Meski pahitnya ga hilang 100% tapi justru itu yang enak. Aku suka banget makan daun pepaya ini, apalagi sama pecel atau pake sambal lain. Yummyyy banget.

    BalasHapus
  2. Aku cinta banget sama tumisan bunga pepaya tapi belum jago ngilangin pahitnya. Masak selanjutnya aku coba ah tips ini. Thank you kak

    BalasHapus
  3. selama ini tidak pernah berani untuk makan bunga pepaya, secara udah terkenal banget ya kalau bunga pepaya pahit, makanya gak mau ambil risiko makanan tersisa karena saya yang gak bisa menerima pahitnya si bunga pepaya :-D
    boleh juga nih Mbak tipsnya tuk dicoba, terima kasih ya :)

    BalasHapus
  4. nah iya, paling sering diremas pakai garam, sudah lumayan membantu rasanya jadi lebih netral ya :)

    BalasHapus
  5. Baru tau kalau bunga pepaya bisa dijadiin sayur, soalnya belum pernah lihat orang bikin sayur kayak gitu di sini, pengen coba ah nanti

    BalasHapus
  6. Ibuku pernah buat olahan dari bunga dan daun papaya, karena katanya bagus untuk diabetes. Aku udah bisa ngebayangin gimana rasa pahitnya kalau ga diolah dengan benar. Ternyata menambahkan garam dan asam jawa bisa bikin rasa pahitnya berkurang yaa

    BalasHapus
  7. Baru tahu rasa pahitnya malah bikin nafsu makan. Pantas makannya enak dan nagih 😅

    BalasHapus
  8. Betul, selama ini saya pun kalau masak daun pepaya (yg katanya lebih pahit dari bunganya) selalu diremas dulu dengan garam. Bunga dan daun pepaya ini meski pahit tapi saya suka banget lho

    BalasHapus
  9. biasanya di rumah suka digabung dnegan daun lain atau dicampur dengan garam, memang lumayan ngebantu ngilangin pahitnya kak

    BalasHapus
  10. Wah iya, pas nih. Aku juga lagi pengen masak bunga pepaya yang nggak pahit. Makasih ya mbak tipsnya, mau aku coba

    BalasHapus
  11. sampe skg sy belum berhasil deh, bikin bunga pepaya gak pahit. Selalu zonk banget, dan masih ada rasa pahit. Harus lama mungkin ya diremas-remasnya

    BalasHapus
  12. Daku sukanya kalau tumisan udah tinggal santap kak, haha.
    Kunci paling simple nya bisa pakai garam ya.
    Jadi seperti saat menaburkan garam buat pare biar gak terlalu pahit juga hehe.

    BalasHapus
  13. Saya gak pernah masak bunga pepaya. Tapi saya sukaaaaa banget makannya. makanya sering banget nebeng ke keluarga kalo pengen makan ini. Hihihi kalo si kakak yang masak sering pake asem Jawa memang biar pahitnya berkurang.

    BalasHapus
  14. tipsnya boleh juga nih karena mamaku suka bikin tumis bunga pepaya biar ga terasa pahit pas dimakan

    BalasHapus
  15. klo campur dengan dedaunan lain saat merebus daun pepaya, apa engga mengkontaminasi dedauan lain jadi pahit juga ya mba?

    BalasHapus
  16. Jadi itu tuh ada beberapa cara ya mba? Bisa pake cara A maupun B. Apa kedua cara itu digabungin? Jujur aku belum pernah makan tumis bunga pepaya. Kalo tumis pepaya muda nah baru deh pernah makannya

    BalasHapus
  17. Makasih banyak infonya mbak, selama ini kalo masak bunga atau daun pepaya selalu masih aja pahit. Keknya besok aq mau langsung praktekin, udah gak sabar aq mbak

    BalasHapus
  18. na iya, kalau gak pait emang enak banget. mamaku suka bikin masakan dari daun pepaya gini dan enak

    BalasHapus
  19. huaa kayaknya mau gimana jga aku tetep ga doyan deh. kebetulan belum pernah makan sayur bunga pepaya maupun daun pepaya yang nggak pahit.. lebih suka sayur pepaya aja sih.. ketimbang daun dan bunganya hehehe

    BalasHapus
  20. Wah, aku suka banget bikin tumis daun Papaya mbak. Sensasi pahitnya beda pas dimakan.

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro