5 Manfaat Website untuk Bisnis, Kamu Wajib Tahu

Yuni Bint Saniro - Saat awal pandemi, ada banyak sekali karyawan swasta yang harus rela kehilangan pekerjaan, termasuk diriku. Beberapa memutuskan untuk mengupgrade kemampuan diri dan mencari pekerjaan lain. Ada juga yang memulai bisnis demi pemenuhan kebutuhan hidup.


manfaat website untuk bisnis
Credit to www.pexels.com/id-id/@shkrabaanthony


Tentu, membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Seenggaknya, kita perlu berusaha agar bisnis yang kita jalankan dikenal oleh banyak orang. Sehingga akan banyak customer yang membeli produk atau menggunakan jasa kita.

Salah satu hal yang bisa kita usahakan adalah dengan pemanfaatan website sebagai media bisnis. Dengan begini, kita akan terbantu dalam urusan pemasaran dan lain-lain, termasuk meningkatkan kredibilitas usaha yang kita bangun.

Mau Coba Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Manfaat Website untuk Bisnis di Era Digital

Kita bisa membangun website sendiri dengan menyewa hosting dan domain custome. Nggak perlu mencari yang mahal. Kita bisa kok memulainya dengan hosting murah bayar bulanan.

Atau, kalau memang kita nggak memiliki waktu dan skill untuk membangun sebuah website bisnis. Kita selalu bisa menyewa jasa web design. Tinggal jelasin saja konsep yang kita inginkan. Lalu, biarkan para ahli yang mengeksekusinya.

Karena, ada beberapa manfaat website untuk bisnis yang kita miliki. Terutama di era digital seperti saat ini.

1. Sebagai Media Penyampaian Informasi

Mempromosikan bisnis melalui internet saat ini bukan lagi hal yang asing. Coba saja, kita perhatikan perkembangan media sosial! Kita pasti dengan mudah menemukan orang-orang yang memamerkan dagangannya. Baik dengan soft maupun hard selling.

Sayangnya, media sosial memiliki keterbatasan karakter pada konten yang ingin kita bagikan. Sehingga, kita hanya bisa membagikan informasi mengenai bisnis secara sekilas. Oleh karena itu, kita membutuhkan beberapa konten agar informasi bisnis bisa tersampaikan dengan lengkap.

Hal ini membuat target market kita mendapatkan informasi sepotong-sepotong. Dan mereka akan kerepotan untuk menyatukan informasi tersebut agar mendapatkan keterangan yang utuh dan terstruktur.

Untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan website. Karena website bisa berfungsi sebagai media penyampaian informasi bisnis yang kita miliki.

Agar memudahkan calon target market mengakses halaman website kita. Jangan lupa memilih hosting yang memiliki fasilitas DNS terbaik dan tercepat ya.

2. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Berkaitan dengan pentingnya website di era teknologi sebagai media penyampaian informasi. Saat ini, ada banyak orang yang memanfaatkan internet untuk mencari apapun yang mereka butuhkan.

Coba bayangkan kalau target market mencari informasi tentang produk dan jasa yang berkaitan dengan bisnis kita. Lalu, mereka menemukannya melalui bantuan mesin penelusuran.

Bukankah mereka akan semakin percaya pada bisnis yang kita kerjakan. Mereka pasti lebih memilih untuk menggunakan produk dan jasa yang kita tawarkan.

Oleh karena itu, kita harus mendesain website semenarik mungkin. Agar dapat meningkatkan kredibilitas bisnis yang kita miliki. Jangan lupa untuk menambahkan informasi dengan lengkap ya!

Cari Tahu Tips Sukses Memulai Bisnis Online

3. Berfungsi sebagai Katalog Produk dan Jasa


pemanfaatan website sebagai media bisnis
Credit to www.pexels.com/id-id/@monoar-rahman-22660


Kita juga bisa menggunakan manfaat website untuk toko online lho! Jadi kita bisa memanfaatkan website sebagai katalog produk dan jasa yang sedang kita usahakan.

Meski kita bisa memanfaatkan sosial media untuk memamerkan produk. Tapi, kecenderungannya sosial media menampilkan produk yang baru kita bagikan saja. Sehingga, target market kita nggak bisa memeriksa semua produk yang kita miliki.

Ketika, kita memanfaatkan website sebagai katalog produk dan jasa. Kemudian target market menemukan halaman website kita. Maka, mereka bisa lebih mudah mencari dan memilih produk yang mereka butuhkan deh.

4. Menghemat Waktu dan Pengeluaran

Membangun bisnis tentu kita membutuhkan promosi pada target market. Kalau menggunakan cara konvensional, kita harus mempromosikan produk dan jasa dengan menyebarkan selebaran, brosur, membuat sebuah pertemuan dan lain-lain.

Tentu saja, hal ini membutuhkan waktu dan biaya yang nggak sedikit. Sebenarnya nggak masalah sih. Toh, ini termasuk dalam biaya produksi.

Tapi, kalau kita bisa menghemat waktu dan pengeluaran dengan memanfaatkan website. Kenapa nggak?

Kita bisa mempelajari bagaimana cara membuat konten agar website bisa mudah ditemukan oleh target market. Sehingga, kita bisa menghemat waktu untuk urusan promosi. Selain itu, kita juga akan menghemat biaya untuk membuat selebaran dan brosur ‘kan?

Perlukah Chatbot untuk Bisnis Online? Apa itu Chatbot?

5. Jangkauan Target Pasar Lebih Luas

Begitu kita memiliki halaman website resmi, kita bisa menerapkan search engine optimization, Google Ads dan SEM untuk menjaring target pasar yang lebih luas.

Akan lebih baik kalau produk kita bisa muncul di peringkat atas dalam pencarian di mesin penelusuran. Sehingga, akan lebih banyak pelanggan yang menemukan produk kita.

Sebagai pebisnis tentu kita akan memilih teknik promosi yang bisa menghemat biaya dan waktu. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan manfaat website untuk bisnis yang kita jalankan.

Dengan begitu, kita bisa memiliki target market yang lebih luas sekaligus meningkatkan kredibilitas bisnis. Semoga bermanfaat.

Coba Cek Pengertian Bisnis Digital dan Contohnya

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

20 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Andrew Pradana17 Mei 2022 20.21

    Dampak paling nyata yaitu mba kredibilitas. Orang lebih percaya dengan bisnis yang kita jalankan. Beberapa kali buatin website bisnis gitu terasa sih. Cuma ya lagi-lagi juga harus dibarengi dengan konten atua informasi perusahaan yang lengkap dan update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget perihal kredibilitas dan sumber informasi, sebagai pengulas produk saya sangat terbantu dengan website dari brand-brand untuk sumber informasi dan mengenal brand lebih lanjut. Pernah ngalamin dlu ngulas produk yang nggak ada websitenya dan hanya ada di marketplace, dampaknya jadi kesulitan saat menemukan info" di internet

      Hapus
  2. Dengan banyaknya keuntungan memiliki sebuah website bisnis di era digital, semoga bisa menambah branding dan kepercayaan masyarakat akan sebuah produk atau jasa ya..
    Tapi aku pernah ingin membeli baju brand artis gitu, kak..
    Pelayanannya hanya melalui website kan yaa.. Tapi websitenya super deh.. Super menyulitkan pembeli.
    HUhu...akhirnya setelah mencoba beberapa kali dan aku pun menyerah.

    Rasanya penting sekali testing website untuk responsibility dan kaitannya dengan pihak admin.

    BalasHapus
  3. Di era digital seperti ini, semuanya banyak dilakukan secara online ya mbak
    Termasuk dalam menjalankan sebuah bisnis
    Makanya, pelaku bisnis harus menyadari bahwa website itu punya peran penting dalam mengembangkan bisnis untuk era digital ini

    BalasHapus
  4. Hemmm iya bener banget sih, terbantu banget dengan adanya website seperti ini terutama dari segi pengeluaran. Udah ngerasain banget, mau promosi juga bisa gratis kalau paham SEO dan copywriting, jadi pelanggan bisa menemukan website kita dipencarian serta bisa menarik pelanggan untuk bisa beli dari copywriting yang kita buat

    BalasHapus
  5. Kalau ingin menjadi terpercaya, kudu banget emang memiliki website yang bagus dan terurus sehingga calon pelanggan bisa membeli dengan mudah. Penjual juga terlihat kredibel dan terpercaya

    BalasHapus
  6. Sekarang penting sekali ya peran website dalam berbisnis. Pelanggan bisa lebih mudah menemukan produk kita. Dan kita juga punya katalog yang praktis nggak harus cetak brosur.

    BalasHapus
  7. Setuju nih. Untuk kita yang punya bisnis wajib punya website sendiri. Selain lebih terlihat profesional juga mampu menjadi sarana promosi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita

    BalasHapus
  8. Kalau pengeluaran bisa dipangkas, jadinya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan lagi bisnisnya. Makanya memang kalau punya bisnis perlu punya website

    BalasHapus
  9. Saat ini peluang bisnis online memang sangat terbuka lebar bagi siapapun, karena dengan kemajuan teknologi dan dunia serba digital. Belanja bisa akses website dari rumah dan hanya mengandalkan kuota internet, sudah bisa mendapatkan barang yang diinginkan.

    BalasHapus
  10. website menjadi salah satu kemudahan di google untuk mencari tahu produk dan testimoni sehingga mudah ditemukan orang saat mencari kata kunci yang spesifik. Kudu banget belajar banyak hal mengenai SEO optimation.

    BalasHapus
  11. Jadi inget punya blog jualan, tapi nggak diseriusin >.< Duluuuu bikin blog jualan itu buat belajar karena ikut kelas marketing online. Tapi abis itu malah kutinggal. Kayaknya mesti diseriusin nih.

    BalasHapus
  12. Betul sekali. Menjelaskan sesuatu, misalnya produksi jualan kita itu kalau berkali kali kan capek ya. Tapi kalau kita sudah ulas di website. Ada yg minta info tinggal kasih link nya saja, beres deh.

    BalasHapus
  13. Di era digital seperti ini, memiliki website adalah sebuah kebutuhan bagi pelaku bisnis
    Agar bisa melebarkan bisnisnya ke arah digital ya mbak

    BalasHapus
  14. bisa kubilang kalau punya website itu wajib sih buat pebisnis.. itu udah kayak rumah kita sendiri gitu, semua data kita yang pegang. selain itu bagus juga untuk branding dan informasi untuk pelanggan

    BalasHapus
  15. Biasanya saya juga lihat website bisnis yang ada testimonik biar makin uakin kalo bisnis itu ada...

    BalasHapus
  16. selain bikin akun olshop di marketplace, kehadiran website juga cukup penting menurut saya. lebih private dan lebih lengkap. bikin konsumen juga lebih percaya dengan produk dan usaha kita

    BalasHapus
  17. Ke lima nya bener kak, tapi saya condong ke "Sebagai Media Penyampaian Informasi"...
    Karena saya suka baca, jadi banyak sekali informasi2 yang terbaru dan bisa di pantau..

    BalasHapus
  18. Banyak banget manfaat website untuk bisnis ya, tetangga belakang rumah saya tadinya reparasi alat eletroniknya sepi karena pandemi, setelah bikin website jadi ada orderan terussss

    BalasHapus
  19. dengan adanya website, bisnis kita akan lebih terlihat professional dan kredible yaa. Cocok sih untuk pelaku bisnis pemula yang sudah ada omzet sedikit paling tidak untuk beli hosting dan domain

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro