Mengenal Trading Crypto dengan Bahasa yang Sederhana

Mengenal trading crypto bagi pemula memang bukan perkara mudah. Penjelasan yang sudah ada kadang menggunakan bahasa yang rumit. Membuat kita, sebagai pemula, merasa enggan belajar lebih lanjut. Karena nggak juga punya pemahaman yang baik.

Kali ini, aku akan mengajak Teman-teman untuk mengenal cryptocurrency melalui tulisan dengan bahasa yang sederhana. Tentu saja sesuai dengan apa yang sudah kupahami.

Barangkali ada yang salah, boleh Teman-teman koreksi melalui kolom komentar di akhir artikel ini ya!

Bacaan Menarik Lainnya:

Mengenal Trading Crypto


Mengenal Trading Crypto
Mengenal Trading Crypto

Crypto adalah mata uang digital yang terdesentralisasi dan diamankan melalui kriptografi. Kita bisa mengirim dan menggunakannya tanpa otoritas sentral keuangan. Gimana tuh maksudnya?

Biasanya, kalau kita ingin transfer uang ke orang lain. Maka, kita akan melakukan transaksinya di bank. Mau itu lewat teller atau anjungan tunai mandiri (ATM).

Yang jelas pihak bank akan mencatat transaksi kita terlebih dahulu sebelum uangnya beralih kepada orang yang kita transfer.

Hal ini menunjukkan bahwa pihak bank yang memiliki semua data transaksi nasabah, baik itu transaksi menabung, transfer atau tarik tunai. Sehingga, sistemnya kita sebut dengan sistem yang terpusat atau centralized system.

Lalu gimana dengan cryptocurrency? Apakah ada yang namanya bank untuk mencatat semua data transaksi kita?

Bacaan Menarik Lainnya:

Pada aset kripto, kita nggak mengenal adanya bank. Terus siapa yang mencatat data transaksinya dong?

Ini menarik lho, Teman-teman. Di dunia crypto, kita mengenal adanya sistem Blockchain. Sistem ini tergolong sistem yang nggak terpusat atau decentralized system. Maksudnya apa?

Maksudnya adalah semua orang yang berada dalam jaringan crypto memiliki catatan data transaksi. Itulah mengapa kita bisa langsung bertransaksi tanpa harus melalui perantara terlebih dahulu.

Kemudian ada pertanyaan tentang siapa yang akan memverifikasi data transaksi crypto itu sah atau nggak?

Well. Urusan pemeriksaan data transaksi crypto sah atau nggak adalah pekerjaannya penambang crypto. Kita menyebutnya sebagai miners.

Mereka akan memverifikasi data transaksi mata uang crypto dan mendapatkan mata uang tersebut sebagai upahnya. Lho. Apakah aman kalau semua orang punya data transaksi kita?

Tadi ‘kan udah kusebutkan bahwa crypto adalah mata uang digital yang diamankan pake kriptografi. Jadi tentu saja aman.

Artinya begini, cryptocurrency bersifat anonim atau tanpa nama. Hal ini karena alamat rekening crypto yang kita miliki nggak berhubungan dengan identitas kita.

Beda dengan penyimpanan di bank. Di mana kita akan tahu no rekening tertentu adalah atas nama seseorang.

Maka, saat kita bertemu dengan suatu alamat crypto. Kita nggak akan tahu tuh siapa orang yang punya. Jadi, tingkat keamanannya lebih tinggi.

Bacaan Menarik Lainnya:

Kekurangan Trading Crypto


Mengenal Cryptocurrency
Kenali Cryptocurrency Lebih Detail Sebelum Memutuskan Terjun

Meskipun cryptocurrency adalah investasi yang aman. Tapi tetap saja banyak orang yang merasa takut buat masuk ke dunia tersebut.

Salah satu alasannya karena kita nggak tahu cara bermain crypto. Lagian nih ya. Setelah mengenal trading crypto, bukan berarti produk investasi ini nggak punya kekurangan lho.

Kekurangan trading crypto adalah sebagai berikut:

  1. Profil resiko investasi cryptocurrency relatif tinggi.
  2. Kalau lupa wallet key atau passwordnya, kita nggak akan bisa akses cryptocurrency yang kita miliki.
  3. Belum banyak Negara yang menggunakan cryptocurrency sebagai mata uang resmi di Negara mereka. Meski begitu, El Salvador sudah menyatakan cryptocurrency sebagai mata uang resmi kok.

Kelebihan Trading Crypto

Kalau tadi kita ngomongin kekurangan. Maka sekarang kita akan tuliskan kelebihan trading crypto, sebagai berikut:

  1. Transfer dana ke berbagai penjuru dunia bisa kita lakukan dengan cepat dan mudah.
  2. Urusan transfer cryptocurrency bersifat anonim atau tanpa nama. Sehingga keamanan dan privasinya menjadi lebih tinggi.
  3. Investasi di crypto memberikan return atau imbal hasil yang tinggi. Dengan catatan, kita melakukannya dengan benar. Bahkan ada yang naiknya sampai 125 kali lipat.

Kesimpulan: Kenali Cryptocurrency dengan Benar Dulu ya!

Meski produk investasi ini memberikan kesempatan kita untuk memiliki imbal hasil yang tinggi. Pastikan kita mengenal trading crypto dengan benar dulu sebelum memutuskan terjun ke dunia ini ya, Teman-teman.

Selain itu, pelajari dulu cara bermain crypto untuk pemula. Agar kita nggak merasa rugi.

Ingat lho! Trading cryptocurrency punya profile risk yang tinggi banget. Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro