Tips Memilih Investasi Paling Menguntungkan Di Tahun 2022

Apakah Teman-teman ingin mengembangkan uang menjadi lebih banyak untuk keperluan di masa mendatang? Atau Teman-teman ingin mengetahui cara dapat uang 500rb sehari?

Selain berjualan di marketplace, nggak ada salahnya bagi kita mulai mempertimbangkan untuk melakukan investasi di berbagai produk yang ada lho.

Meski demikian, dari sekian banyak produk yang tersedia. Pasti ada produk investasi yang paling menguntungkan di tahun 2022 dong. Kira-kira gimana sih cara memilih investasi yang menguntungkan bagi kita? Cek curhatanku sampai habis ya!

Investasi Adalah


Investasi Adalah


Sebelum memilih produk yang paling menguntungkan di tahun ini, penting sekali memahami apa investasi itu sendiri ya. Biar kita tahu saja sih gimana aliran dananya.

Dalam pengertiannya, investasi memiliki arti sebagai bentuk penanaman dana maupun aset, baik itu oleh perusahaan atau individu, dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan pengembalian yang jauh lebih tinggi nilainya dari penanaman dana awal di masa depan.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki pengertian tersendiri mengenai apa itu investasi. Menurut mereka, investasi yaitu berkaitan dengan meningkatkan aset dalam jangka panjang secara lengkap, memperoleh saham atau surat berharga lainnya untuk mendapatkan keuntungan.

Dari dua pengertian di atas, kita bisa menarik benang merah mengenai investasi, di antaranya:

  1. Ada uang atau dana yang kita tanamkan,
  2. Ada periode atau jangka waktu tertentu yang disepakati,
  3. Pasti ada keuntungan yang kita dapatkan saat menanamkan dana.
Bacaan Menarik Lainnya:

Jenis Investasi

Beralih dari definisi di atas, ada banyak produk investasi yang ditawarkan saat ini. Jenisnya bisa kita lihat di bawah ini:

1. Saham

Produk investasi ini menjadi yang paling populer di Indonesia. Cara kerjanya adalah investor bisa membeli saham dari perusahaan tertentu, tentunya melalui saluran khusus.

Dengan memiliki saham tersebut, kita berhak mendapatkan dividen sesuai dengan persentase kepemilikan saham di perusahaan tersebut.

Selain dari dividen, kita juga bisa mendapatkan profit alias keuntungan dari selisih harga apabila kita memutuskan menjual saham yang kita miliki dari perusahaan tersebut.

2. Logam Mulia dan Emas

Logam mulia dan emas juga kini menjadi produk investasi tersendiri yang juga dikenal oleh banyak masyarakat. Logam mulia dan emas lebih cocok untuk kita jadikan produk investasi jangka panjang ya.

3. Obligasi

Obligasi atau surat utang menjadi produk investasi yang juga banyak diminati oleh masyarakat. Obligasi memungkinkan investor mendapatkan pembayaran bunga pada periode waktu tertentu.

4. Deposito

Produk investasi lainnya adalah deposito. Keuntungan dari deposito adalah pemberi layanan deposito, dalam hal ini bank, biasanya memberikan bunga yang jauh lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Tapi perlu kita ketahui, deposito biasanya memiliki periode waktu tertentu dalam hal pembayaran bunganya.

Kadang kala ada layanan deposito yang menerapkan pinalti saat kita melakukan pencairan deposito sebelum jatuh tempo.

5. Properti

Kita juga bisa memilih properti, baik itu tanah, bangunan, rumah maupun apartemen untuk kita jadikan produk investasi.

Sayangnya, investasi properti membutuhkan modal yang nggak sedikit. Iyalah. Beli properti ‘kan butuh dana yang banyak ya. Apalagi properti yang berada di lokasi strategis.

6. Asuransi

Asuransi juga bisa menjadi produk investasi lho. Pilihan jenis investasi ini adalah yang menggabungkan fungsinya sebagai perlindungan dan investasi secara umum.

7. Reksa Dana

Reksa dana juga bisa menjadi produk investasi favorit karena minimnya modal yang bisa kita tanam dan kemudahan dalam pengawasan. Bahkan beberapa pilihan reksa dana bisa kita buka dengan modal mulai dari 10ribu doang.

Bacaan Menarik Lainnya:

Tips Memilih Investasi yang Menguntungkan


Tips Memilih Investasi


Yang jadi pertanyaan kemudian, produk investasi yang mana yang paling menguntungkan di tahun 2022 ini? Untuk bisa mendapatkan jawaban tersebut, kita harus mengetahui tips memilih investasi di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan dan Jangka Waktu Investasi

Sebelum berinvestasi, pastikan kita memiliki tujuan. Mau itu tujuan jangka panjang atau jangka pendek.

Misalnya kita akan mempersiapkan modal menikah, membangun rumah, pergi haji, dana pensiun dan masih banyak lagi lainnya. Tujuan investasi ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk yang fokus pada keuntungan besar, kita bisa mempertimbangkan untuk memilih investasi jangka menengah atau jangka panjang. Contoh investasi yang cocok seperti saham, properti, emas dan logam mulia maupun reksa dana.

Sedangkan untuk jangka pendek, kita bisa memilih deposito sebagai instrumen investasi.

2. Perhatikan Risiko dari Produk Investasi yang Hendak Kita Pilih

Setiap produk dan instrumen investasi memiliki risiko masing-masing. Sebelum menanam dana yang kita miliki, pastikan kita sudah mengetahui profil risiko dari instrumen investasi tersebut.

Produk seperti emas dan logam mulia memiliki risiko yang kecil. Sedangkan saham, reksa dana dan deposito memiliki risiko tinggi.

3. Tentukan Modal untuk Berinvestasi

Kita harus melihat kemampuan menyediakan modal untuk berinvestasi. Beberapa jenis investasi bisa kita penuhi dengan jumlah modal yang relatif terjangkau. Tapi beberapa lainnya akan lebih sulit kita penuhi.

Misalnya seperti investasi pada properti. Biasanya kita membutuhkan modal dari belasan juta hingga miliaran rupiah untuk membelinya.

4. Memilih Investasi dengan Profit yang Masuk Akal

Nggak sedikit pihak yang menawarkan investasi dengan bagi untung yang nggak masuk di akal. Kelihatannya memang menarik. Tapi, kita perlu waspada ya.

Malahan, hal seperti ini harus kita hindari agar dana investasi bisa tetap berkembang dan produktif. Nggak sedikit ‘kan investasi yang terasa nggak masuk akal malah berakhir dengan penipuan dan sejenisnya.

Sebagai acuan, investasi yang realistis biasanya memberikan penawaran keuntungan antara 1% sampai 5% dalam satu bulan. Bisa sampai 10% dalam setahun.

5. Perhatikan Kemampuan Mengelola Keuangan

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pengelolaan keuangan yang baik bisa menjadi kunci penting dalam berinvestasi.

Pahami kemampuan diri. Jika merasa nggak memiliki waktu dan kapabilitas mengelola keuangan dan investasi dengan baik, nggak ada salahnya kok kita menggunakan jasa manajer investasi.

Bahkan bukan nggak mungkin dengan menggunakan manajer investasi, kita bisa mengembangkan investasi menjadi lebih besar di kemudian hari. Jadi, nggak ada salahnya pake tenaga ahli ya!

6. Memahami Produk Investasi yang Kita Pilih

Sebelum mulai menjatuhkan pilihan dalam berinvestasi, penting sekali memahami terlebih dahulu produk investasi yang akan kita pilih. Pahami dulu hak, kewajiban, risiko, dan semua hal yang terkait dengan produk.

Kalau sudah paham semuanya, baru deh tentukan pilihan investasinya.

Nah, sudah tahu ‘kan tips memilih investasi yang paling menguntungkan di 2022 ini? Ikuti petunjuk di atas dan mulailah berinvestasi! Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro