Cara Investasi Reksadana Campuran: Jenis dan Manfaatnya

Yuni Bint Saniro - Cara investasi reksadana campuran merupakan salah satu topik pembahasan yang saat ini banyak dicari oleh investor. Secara garis besar, investasi reksadana campuran merupakan gabungan dari beberapa jenis investasi reksadana, yaitu pasar uang, obligasi, dan saham.

Hal ini berarti uang yang kita tanamkan dalam investasi ini akan dikelola oleh tugas instrumen tersebut.

Jenis investasi ini cocok untuk investor yang berani mengambil risiko dalam tahap sedang. Keuntungan yang ditawarkan oleh reksadana campuran nggak kalah menarik dari jenis reksadana yang lainnya. Agar lebih paham, berikut kami berikan penjelasan lengkapnya.


Cara Investasi Reksadana Campuran
Sumber: pexels.com/id-id/foto/teknologi-komputer-tampilan-bisnis-6781273/


Cara Investasi Reksadana Campuran Berdasarkan Jenisnya

Reksadana memiliki 3 pilihan yang bisa kita pilih sesuai dengan karakter yang kita miliki. Ketiga pilihan ini memiliki cara investasi yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

1. Reksadana Campuran Konservatif

Reksadana yang satu ini lebih banyak mengalokasikan dana investasi yang ditanam oleh investor ke instrumen pasar uang. Umumnya memiliki pendapatan tetap daripada memilih investasi saham. Sehingga risiko cenderung lebih rendah.

2. Reksadana Campuran Moderat

Reksadana campuran moderat memiliki risiko yang lebih tinggi dari jenis sebelumnya. Cara investasi reksadana campuran moderat yaitu dana investasi akan dialokasikan secara seimbang antara pasar uang, pendapatan tetap, dan saham.

3. Reksadana Campuran Agresif

Reksadana campuran agresif juga memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dari moderat. Jenis reksadana campuran ini lebih banyak mengalokasikan dana ke instrumen saham dibandingkan pasar uang dan pendapatan tetap.

Manfaat Reksadana Campuran

Jika kita tertarik dengan cara investasi reksadana campuran, kita akan merasakan beberapa manfaat dari Reksadana ini. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita rasakan.

1. Return Besar

Hal yang dicari-cari selain cara investasi reksadana online oleh investor adalah besaran return yang bisa kita dapatkan dari investasi tersebut. Reksadana campuran bisa memberikan kita return yang lebih besar dari pendapatan tetap.

Namun sayangnya, hal ini juga sebanding dengan risiko yang harus kita tanggung lho. Jadi, hati-hati ya, Gengs!

2. Investasi Dijalankan di Beberapa Instrumen Sekaligus

Untuk kita yang ingin berinvestasi pada beberapa instrumen dalam waktu bersamaan tapi modal masih belum memadai. Maka jangan khawatir ya! Investasi reksadana campuran ini cocok banget untuk kita.

Dengan modal yang minim, kita bisa menanam investasi di beberapa instrumen sekaligus seperti pasar uang, saham, dan pendapatan tetap. Sehingga, pengelolaan uang bisa berjalan lebih baik karena dikelola oleh beberapa wadah sekaligus.

3. Aman

Cara investasi reksadana campuran cenderung lebih aman jika dibandingkan dengan saham. Karena, investasi reksadana ini memiliki kebijakan yang lebih fleksibel. Sehingga mempermudah manajer investasi untuk bisa mengalihkan dana investasi ke instrumen yang memiliki potensi return lebih tinggi.

Sebaiknya kita memilih perusahaan atau platform investasi yang sudah terdaftar di OJK. Karena semua dana investasi kita akan dikelola oleh manajer investasi. Perusahaan yang telah terdaftar di OJK biasanya akan memiliki rekam jejak kinerja manajer investasi yang baik.

4. Cocok Investor Moderat atau Agresif

Jika kita merupakan orang yang berani mengambil risiko, tapi masih dalam tingkat sedang dengan keuntungan yang lumayan tinggi. Maka cara investasi reksadana campuran akan cocok untuk kita.

Begitu pula bagi investor yang berani dengan risiko tinggi, cara kerja investasi ini bisa menjadi pilihan terbaik. Kok bisa begitu?

Cara kerja reksadana campuran yaitu dengan menempatkan dana investasi di beberapa instrument dengan risiko menengah sampai tinggi. Investasi ini juga cocok bagi investor yang ingin menjalankan investasi untuk waktu 3-5 tahun atau lebih.

Investasi Reksadana Campuran Bersama digibank by DBS


Investasi Reksadana Campuran
Sumber: pexels.com/id-id/foto/pemasaran-pengusaha-orang-tangan-6802042/


Jika saat ini kita sedang tertarik dengan cara investasi reksadana online, kita bisa memulainya bersama digibank by DBS. Hal ini karena kita akan mendapat berbagai kemudahan di antaranya sebagai berikut:

1. Kemudahan Transaksi

digibank by DBS menawarkan berbagai kemudahan transaksi yang bisa dilakukan langsung melalui Aplikasi digibank by DBS. Kita bisa melakukan daftar SID, atau bahkan jual beli switch hanya dalam satu aplikasi saja. Sehingga, kita nggak perlu ribet men-download banyak aplikasi untuk bertransaksi.

2. Banyak Pilihan Produk

digibank by DBS menawarkan banyak pilihan produk bagi nasabahnya. Nggak tanggung-tanggung lho, ada lebih dari 50 pilihan produk. Wow….

Makanya kita bisa memilih sendiri produk mana yang sesuai dengan cara investasi reksadana campuran yang cocok untuk kita. Iya nggak sih?

3. Pilih Produk Berdasarkan Kategori

Dengan pilihan produk yang begitu banyak, investor biasanya akan kebingungan memilih produk yang mana. Namun tenang sajalah ya.

digibank by DBS sudah mengkategorikan produk tersebut dalam 3 kategori, yaitu kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.

Dengan adanya klasifikasi kategori ini, tentunya investor nggak akan kebingungan saat memilih produk. Apalagi bagi investor pemula yang masih awam dengan jenis-jenis produk investasi.

4. Pembelian Berkala yang Fleksibel

digibank by DBS Reksadana menyediakan fitur pembelian secara berkala untuk menunjang fleksibilitas transaksi nasabahnya. Sehingga kita nggak perlu mendaftar ulang setiap akan melakukan transaksi ulang.

Selain itu, kita juga bisa mengatur pembelian Reksadana dengan lebih fleksibel karena digibank by DBS Reksadana mendukung proses pendebetan secara otomatis. Dengan demikian, proses investasi kita akan berjalan lebih optimal.

5. Mulai dari Rp100 ribu

Investasi Reksadana terkenal dengan investasi yang menetapkan modal kecil bagi investornya. Hal ini terbukti adanya karena dengan modal 100 ribu saja, kita sudah bisa melakukan cara investasi reksadana campuran di digibank by DBS dengan mudah.

Nah, Gengs! Itulah beberapa informasi terkait investasi reksadana campuran. Tertarik untuk memulai investasi reksadana campuran? Ke digibank by DBS saja dan kita bisa mendapatkan cara investasi reksadana campuran yang terbaik.

Itung-itung daripada kebanyakan jajan. Mending ikut tips hidup hemat ala anak kos. Agar ada dana yang bisa teralihkan ke investasi.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama