Menikah Murah dengan Undangan Digital, Benarkah?

Apakah benar undangan digital bisa menjadi solusi alternatif agar biaya pernikahan bisa kita tekan hingga minimum? Nyatanya, banyak faktor yang mempengaruhi budget yang kita butuhkan dalam melangsungkan pernikahan. Jadi memang benar, undangan hanya salah satu faktornya. Tapi, sayangnya masih ada banyak sekali faktor lain yang mempengaruhi.

Pada artikel ini, kami akan coba membahas hal-hal apa saja yang berpengaruh secara langsung terhadap biaya pernikahan yang kita butuhkan. Sehingga pada akhirnya, kita dan pasangan bisa melakukan kalkulasi untuk pernikahan yang sesuai harapan. Tapi tetap bisa menekan budget seminim mungkin.

Selain Pakai Undangan Digital, Apa yang Bisa Kita Kurangi?


Undangan Digital


Hal yang membuat pernikahan mahal tu karena berurusan sama kategori gengsi. Ini sebenarnya merupakan rahasia umum yang tertanam di benak masyarakat Indonesia. Terlepas dari itu, kesakralan menjadi hal yang amat penting. Pernikahan yang kita harapkan sekali seumur hidup, memang sudah sewajarnya menjadi momen yang terbaik dan berkesan.

Lalu, apa saja sih biaya yang mungkin kita kurangi?

1. Memilih Paket Pernikahan Paling Tepat

Paket pernikahan mulai dari prewedding, dekorasi, rias pengantin, dan dokumentasi di satu tempat akan lebih murah. Pasalnya, hal-hal itulah yang memakan lebih banyak budget daripada lainnya.

Untuk harga paket pernikahan, kita bisa membandingkan antara wedding organizer yang satu dengan lainnya berdasarkan lokasi tempat tinggal.

Jangan lupa untuk menanyakan pengalaman teman kita yang sudah pernah menikah.

Jadi, kita bisa lebih tahu harga pasaran paket pernikahan di daerah tempat tinggal. Kabar baiknya, paket pernikahan ini bisa kita cicil di awal lho. Lalu kita lunasi setelah acara selesai.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Jangan Lupakan Konsumsi

Bagian konsumsi yang umumnya adalah katering, biasanya menjadi jatah dari orang tua. Namun justru lebih baik jika kita kalkulasi kebutuhan konsumsi kalau mempunyai tabungan yang cukup.

Ternyata, konsumsi dan pernak pernik lainnya juga memakan biaya yang cukup besar lho. Jika bagian ini dapat kita pangkas menggunakan alternatif yang lebih murah, tentu budget pernikahan menjadi minim.

Daripada undangan digital dan undangan cetak, konsumsi ternyata membutuhkan perhatian lebih. Apalagi kalau tamu undangan kita, pasangan, dan orang tua jumlahnya ribuan.

3. Menyiapkan Kebutuhan Calon Pengantin

Jangan melupakan kebutuhan yang paling pokok dari calon pengantin. Calon suami mesti menyiapkan mahar, seserahan, cincin, dan lainnya sebagai tanggung jawab kepada calon istri.

Kalau kebutuhan calon pengantin sudah beres, kita tinggal melengkapi yang lainnya dengan berdiskusi pada anggota keluarga.

Bacaan Menarik Lainnya:

Pemilihan Undangan Digital adalah Opsi Paling Efisien


Efisiensi Undangan Digital


Agar lebih efisien, sebenarnya banyak opsi yang bisa kita pilih. Sebagian besar calon pengantin dalam pemilihan undangan, nggak mengabaikan salah satunya.

Dengan kata lain, mereka menggunakan kedua jenis undangan tersebut yang ditujukan untuk tamu yang berbeda.

Jadi, undangan digital memang bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi budget pernikahan murah.

Sebagai pertimbangan, mengutip dari Kadio.id, salah satu jasa penyedia undangan digital terbaik di Indonesia, dengan harga hanya Rp 149.000 kita sudah bisa membuat undangan digital dengan website yang menarik dan bisa kita kustomisasi sesuai dengan keinginan lho.

Jika memang kita sedang dalam posisi mepet biaya. Tentunya di era sekarang ini, undangan digital tetap membuat pernikahan kita tetap berkesan dong.

Lagian nih ya. Beberapa waktu belakangan ini, banyak juga temanku yang memakai undangan digital untuk pernikahannya lho.

Menurutku jadi lebih efisien sih. Apalagi kalau punya teman yang tinggalnya di luar kota. Kita bisa sekalian atur untuk opsi pengiriman hadiah, baik lewat transfer bank atau alamat untuk pengiriman paket.

Yah, siapa tahu saja teman kita lagi berhalangan hadir. Tapi mau ngasih kado. Iya nggak sih?

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

8 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Undangan digital menghemat anggaran sih mbak, ibaratnya 1 undangan bisa buat semuanya apalagi kalau ngundangnya terhalang jarak. Saya biasanya kalau enggak ada minta alamat dan ngirim kado.

    BalasHapus
  2. Jadi inget dulu kami menikah dengan ngeprint undangan sendiri karena zaman itu internet masih mahal.

    BalasHapus
  3. Saya sangat setuju dengan konsep dan penggunaan undangan manten digital, karena lebih efektif dan ramah lingkungan.

    BalasHapus
  4. wah senengnya, hanya mulai dari Rp 149.000 udah bisa bikin undangan digital
    Karena bikin undangan tuh yang sulit disainnya
    dan Kadio.id menyediakan lengkap

    BalasHapus
  5. Aku jatuh cinta banget sama undangan digital di Kadio. Rasanya moment bahagia bisa ikut dirasakan para tamu undangan dengan menikmati keindahan versi digital yang lebih lengkap dan paperless.

    BalasHapus
  6. Pakai undangan digital lebih simple ya, sekaligus bikin hemat bujet juga.
    Apalagi juga unik-unik desainnya.
    Bisa nih buat masukan daku hehe

    BalasHapus
  7. Beberapa kali aku dapat undangan digital terutama dari calon pengantinnya atau dari teman/saudara yang jauh tinggalnya dari kami. Kalau dari ortu yang ngadain acara biasanya tetap undangan fisik. Tapi aku setuju jika ini bisa menghemat biaya kenapa enggak kan?

    BalasHapus
  8. Waktu nikah bulan Mei tahun lalu, adikku memilih undangan digital untuk mengundang teman-temannya. Menurutku memang lebih simpel sih undangan digital ini, tapi untuk tamu yang lebih tua dan dihormati, kartu undangan memang lebih tepat

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro