Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Apa itu Chatbot? Yuk Kenalan Dulu!

Apa itu chatbot? – Kita pasti sudah akrab dengan dunia belanja online. Biasanya kaum hawa yang mendominasinya. Apa pun bisa dibeli secara virtual, mulai dari busana, kosmetik sampai dengan bahan pangan.


Apa itu Chatbot


Jika kita membeli barang kepada teman yang kebetulan memiliki toko online, mungkin kita hanya akan berinteraksi dengan teman tersebut. Kadang juga lama mendapatkan responnya. Namanya juga kemampuan manusia yang kadang terdistraksi dengan kegiatan lainnya.

Hal ini berbeda, ketika kita memutuskan membeli pada agen-agen besar. Mereka akan menjawab secara cepat dan otomatis. Kita mungkin berpikir, mungkin saja mereka memiliki jumlah customer service yang nggak sedikit. Makanya jadi fast respon.

Eits, jangan salah! Mereka hanya menggunakan layanan mesin penjawab otomatis kok. Namanya Chatbot. Penasaran nggak sih dengan apa itu chatbot? Simak penjelasannya di sini ya, Gaes!

Chatbot (chatterbot) adalah layanan obrolan robot dengan Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan. Layanan ini bisa meniru percakapan manusia melalui obrolan teks, pesan suara mau pun keduanya.

Nah, sudah mendapatkan pandangan kan mengapa official store atau bisnis online yang gedhe itu bisa fast respon? Yupz, beberapa dari mereka menggunakan layanan chatbot atau mesin penjawab otomatis.

Sehingga, pemilik toko hanya perlu memantau saja. Lalu saat terjadi pembelian, mereka tinggal mengirimkan barang. Semua percakapan dengan pembeli akan dihandle oleh si chatterbot.

Cara Kerja Chatbot

Pernah penasaran nggak sih kenapa chatterbot bisa memberi respon dengan cepat? Bagaimana cara kerja chatbot?

Jadi begini, Gaes. Chatbot bekerja dengan memindai kata kunci yang diterima. Setelah itu, mereka akan membalas dengan kata kunci yang paling sesuai.

Misalnya, kita akan meminta informasi mengenai tujuan travelling pada chatbot Veronika milik Telkomsel. Maka, kita hanya perlu mengetikkan kata kunci “Travelling”. Selanjutnya bots akan mencari data yang dibutuhkan berdasarkan kata kunci yang diberikan. Setelah ketemu, dia akan mengirimkan kita informasi terkait dengan travelling tersebut.

Nah, sudah jelas kan mengapa chatbot memiliki respon yang cepat? Aku sih menyarankan buat Teman-teman yang memiliki usaha online, lebih baik menggunakan layanan ini. Pasti akan lebih mempermudah bisnis kita nih.

Contoh Layanan Chatbot

Kita sudah memahami apa itu chatbot. Jadi, nggak perlu merasa heran lagi jika saat mengirim chat pada sesuatu mendapatkan respon cepat ya. Apalagi kalau chat melalui aplikasi chatbot.

Ada beberapa contoh layanan atau aplikasi chatbot yang bisa kita ketahui. Diantaranya:

1. Tanya Veronika Asisten Virtual

Sejak tanggal 24 Agustus 2017, Telkomsel memiliki asisten virtual bernama Veronika. Dimana ini adalah layanan chatbot dengan tagar Tanya Veronika Asisten Virtual.

Meskipun pada awalnya, Veronika hanya menempatkan botsnya di tiga platform, yaitu Line, Facebook dan Telegram. Kini semakin lengkap dengan WhatsApp, Aplikasi MyTelkomsel dan Website resminya.

Jadi, saat ingin mengetahui hal teknis tentang Telkomsel, kita hanya perlu berselancar ke GraPARI Virtual. Namanya Chatbot Veronika.

2. Replika: The Mini-Me Chatbot

Kalian yang membutuhkan teman, mungkin bisa mencoba chatbot Replika: The Mini-Me Chatbot. Instal dulu saja aplikasinya melalui PlayStore.

Replika dibuat untuk menjadi teman virtual sehari-hari. Kita bisa melatih dia sesuai dengan keinginan. Obrolan kita sehari-hari bisa menjadi media pembelajaran bot untuk mengetahui tentang kita. Selain itu, dia juga bisa meniru kepribadian berdasarkan percakapan.

Menarik kan? Kalian juga harus mengetahui kalau chatbot Replika memiliki beberapa mode yang bisa kita coba lho.

3. Wysa: The Wellness Chatbot

Adakah chatbot yang bisa mengatasi rasa cemas, stres dan depresi? Coba deh download Wysa dari PlayStore. Konon, bot Wysa dibuat untuk membantu pengguna dalam mengatasi rasa tersebut.

Yah, meski kita nggak bisa membandingkannya dengan kemampuan psikolog sih. Tapi, kita bisa menghadapi dan mengatasi permasalahan batin secara mandiri dengan bot Wysa.

Nggak percaya? Kenapa nggak kita coba sendiri saja? Yuk!

Kesimpulan

Apa itu chatbot? Kita sudah mengetahuinya dengan pasti. Dimana chatbot adalah layanan obrolan robot dengan kecerdasan buatan. Bagaimana cara kerjanya yang memindai kata kunci dan memberikan jawaban sesuai dengan kata kunci yang tersedia.

Selain itu, kita juga sudah mengetahui beberapa contoh chatbot yang ada. Meski itu ketiga chatbot tersebut belum bisa mewakili jumlah chatbot yang ada saat ini. Tapi, minimal kita mengetahui bagaimana model chatbot itu sendiri.

Semoga bermanfaat.

Post a comment

0 Comments