Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Cara Pilih dan Beli Domain Murah untuk Kegiatan Menulis

Beli domain murah untuk Menulis - Aku menyukai kegiatan menulis. Terutama mengenai fiksi. Ada banyak cerita khayal yang melayang dalam benak. Mereka menunggu waktu untuk dituangkan dalam untaian kata yang menarik.


Memang benar, ada banyak platform yang bisa kita gunakan untuk mengeksplorasi setiap imajinasi fiktif kita. Tapi, coba pikirkan jika kita memiliki domain dengan ciri khas kita sendiri. Domain yang menjelaskan mengenai diri kita. Bukankah itu sangat menyenangkan?


Beli domain murah


Memangnya domain itu apaan? Bagaimana cara memilihnya? Terus harganya murah atau mahal? Kita akan membahasnya secara mendetail ya.


Baca juga Tanya Veronika Asisten Virtual


Apa itu Domain?


Domain merupakan alamat dari sebuah website. Kalau mau mengibaratkan, kita bisa menganggap domain adalah sebuah alamat yang menuntun kita menuju rumah seseorang.


Sebuah domain terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah nama domain. Sedangkan bagian kedua adalah ekstensi domain. Contohnya, www.yunibintsaniro.com. Dimana ‘yunibintsaniro’ merupakan nama domain dan .com adalah ekstensi domain.


Lantas, bagaimana cara kita memilih domain yang bagus? Apakah memang bisa sembarangan dalam memilih nama? Toh kita bisa beli domain murah saja dulu.


Cara Memilih Domain


Bisnis jual beli domain murah sekarang mah banyak. Kita bisa memilih salah satu yang paling murah. Bebas. Tapi mesti ingat juga! Bahwa, kita nggak bisa memilih nama domain dengan asal.


Kita kudu memperhatikan beberapa panduan. Maksudku, ada seenggaknya 4 cara memilih domain yang bisa kita terapkan. Sehingga, meski murah tetapi domain kita nggak murahan ya. Harus berkelas.


Jadi, apa saja cara memilih domain murah itu? Simak penjelasannya di sini ya!


1. Menentukan Tujuan Pembuatan Website


Hal yang paling utama dalam memilih nama domain adalah menentukan tujuan kita membuat website. Anggaplah kita membuat website untuk menuntaskan rasa ketertarikan kita akan dunia fiksi. Yah, sebagai wadah kita membagikan semua cerita yang sempat menari-nari dalam benaklah ya.


Setelah itu, kita akan memikirkan apa yang akan kita bahas pada website. Misalkan, kita memilih niche menulis fiksi. Ada berapa kategori fiksi yang akan kita kembangkan. Kita bisa fokus pada cerita pendek, cerita bersambung dan sebagainya.


Lalu, apakah cerita tersebut termasuk dalam romantisme, perjuangan, sejarah dan lain-lain yang kita sukai.


Tentu saja, semua kategori tersebut akan berbeda jika kita memilih tujuan yang lain. Kita nggak akan membicarakan mengenai prosa saat memutuskan untuk menulis mengenai gaya hidup. Begitu pula sebaliknya.


2. Memilih Nama Domain yang Kreatif, Menjual dan Mudah Diingat


Kita sudah memiliki tujuan dalam membuat website. Selanjutnya adalah memilih nama domainnya. Hal ini sebaiknya menunjukkan ciri khas dan karakteristik website kita ya.


Jangan lupa untuk memilih nama yang unik, kreatif dan menjual. Yah, maksudnya sesuatu yang mungkin banyak disukai banyak orang. Agar saat ada seorang yang menyebutkan kaya tersebut, mereka akan langsung memikirkan website kita.


3. Pilih Ekstensi Domain yang Tepat


Tugas kita belum selesai meski kita sudah menemukan nama yang unik dan menjual lho. Selanjutnya, kita masih harus memilih ekstensi domain yang tepat, baik yang popular seperti .com, .my.id atau yang antimainstream .online, .info.


Pemilihan ekstensi ini berhubungan dengan bagaimana kita bisa beli domain termurah. Mengapa? Karena harga domain akan ditentukan dengan ekstensi yang kita pilih. Contohnya mulai dari 11.000 seperti .xyz dan 49.000 seperti .my.id. Atau ekstensi popular pada umumnya dengan harga normal, seperti .com seharga 98.000-149.000.


4. Mempertimbangkan Harga Domain


Cara terakhir memilih domain adalah mempertimbangkan harganya. Boleh jadi, kita akan mendapatkan harga diskon saat memesan. Namanya juga promosi. Iya kan? Tapi, bagaimana harganya saat perpanjangan? Apakah masih harga yang sama?


Nah, berikut ini aku akan memberi beberapa masukan. Khususnya saat kita memutuskan akan membeli nama domain untuk website kita.


Beli Domain Murah


Setiap orang yang suka menulis akan merasakan kebahagiaan tersendiri jika tulisannya dibaca oleh orang lain. Oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah media untuk membagikan semua tulisan tersebut. Beberapa orang menggunakan platform menulis seperti wattpad, KBM dan sebagainya. Sebagian lagi, memilih untuk membuat platformnya sendiri yaitu website pribadi.


Website tersebut membutuhkan nama domain sebagai alamatnya. Kita bisa membelinya dengan harga murah. Ada beberapa hal yang harus kita pikirkan saat akan beli domain website murah.


1. Tempat Beli Domain Murah


Dimana kita bisa membeli alamat website (domain) dengan harga murah? Ada banyak tempat yang menawarkan. Masing-masing memiliki promo tersendiri. Kita harus memeriksa dengan jeli setiap promo yang ada.


Selain harga yang murah, kita harus memperhatikan kualitas Domain Name System (DNS)nya. DNS adalah sistem untuk menyimpan informasi tentang nama host atau domain pada jaringan Komputer.


2. Beli Domain Terpercaya


Kita boleh saja cari domain murah. Nggak ada larangan mengenai hal itu. Malah mungkin dianjurkan. Apalagi bagi orang yang hanya ingin membuat blog personal untuk memenuhi hasrat menulis saja.


Berbeda cerita jika kita ingin menjual sesuatu melalui website. Kita harus beli domain terpercaya. Nggak asal pilih nama dan tempat membeli ya.


Jadi, dimana kita bisa beli domain murah terpercaya? Apa nama websitenya?


Domainesia


Domainesia adalah website yang menyediakan layanan registrasi domain murah di Indonesia dengan harga yang terjangkau dan bersaing. Mereka memberikan fasilitas managed DNS tercepat dan domain forwarding. Hal ini memungkinkan kita untuk mengarahkan domain ke alamat URL lain.


Kesimpulan


Kita telah membahas bagaimana cara pilih dan beli domain murah untuk membangun website. Selanjutnya adalah bagaimana menulis cerita pendek dan membagikannya pada website tersebut.


Apa pun kegiatannya, mau menulis fiksi atau konten lainnya, kita bisa menggunakan website/blog agar lebih professional. Pilih nama yang unik dan mudah diingat juga pilih tempat beli domain yang murah dan terpercaya ya. Cemiau.

Post a Comment

3 Comments

  1. Makasih tips ya mbak, jadi makin tahu cara pilih domain. Kebetulan lagi cari buat blogku yang satu lagi.

    ReplyDelete
  2. Nama domain, waktu awal bikin blog engga kepikir nama yg kreatif dan mudah diingat. Akhirnya bikin nama sendiri aja...Dulu engga tahu sih, bisa ngarang aja yg bagus. Domainesia kuliat memang murah yaa dibanding yg lain...

    ReplyDelete
  3. Tipsnya kece mba. Aku setuju kalo nama domain itu penting banget. Ibaratnya kayak branding personal gitu. Atau kalo web untuk jualan ya yang gampang diingat sama pelanggan. Domainesia ini udah terkenal ya mba.. jadi penasaran cobain untuk next blog hehe. Amin

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.