Tabungan Ludes Mulu? Yuk, Alokasikan Danamu di Deposito BPR Komunal

Yunibintsaniro.com – Beberapa waktu lalu, seorang tetangga baru saja membeli perhiasan untuk kesekian kalinya. Kali ini gelang dan kalung yang ukurannya cukup besar bertambah dalam koleksi. Kok aku tahu?

Ya iyalah. Tetangga itu berbagi cerita saat nongkrong di rumahku. Plus, dia mengajak bibiku saat membeli barang-barang berharganya. Tahu ‘kan ya kehidupan desa. Lengkap dengan segala gosip dan pameritasnya. Duh istilah apa lagi nih. Hehehe….

Katanya, dia membeli perhiasan dari bunga deposito milik orangtuanya.

Wow! Kebayang dong. Berapa jumlah dana yang ada dalam deposito mereka? Duh, pokoknya sukses bikin aku menunjukkan muka pengen. Tapi, apalah daya Gaes! Tanganku nggak sampai. Hehehe….


Deposito


Niat Hati Ingin Nabung, Apa Daya Diskon Marketplace Lebih Menggoda

Kadang aku berpikir, cukuplah memiliki satu rekening untuk menyimpan danaku. Katakan saja sebagai tabungan.

Sayangnya, dari waktu ke waktu tabungan yang kumiliki bukannya bertambah. Malah cenderung berkurang. Bahkan, nggak jarang tabungan itu berada pada jumlah minimal saldo yang harus mengendap. Kok bisa?

Ya gimana dong? Tabungan cuma punya satu. Ada ATM yang selalu stay dalam dompet menemaniku kemana pun aku pergi. Kalau perlu sesuatu, meski nggak punya duit, aku mudah saja gesek ATM.

Selain itu, bayang-bayang diskon dari marketplace kesayangan seolah melambai-lambai depan mata. Kalau ada barang lucu yang diskon, langsung deh masuk dalam keranjang. Checkout dan main transfer dari tabungan.

Makanya wajar ‘kan, saldoku nggak nambah-nambah. Yang ada malah berkurang sampai batas saldo minimal. Menyedihkan banget ya. Hehehe….

Kelola Keuangan dengan Baik

Kayaknya aku sudah mendapatkan warning dari keuangan nih. Mau nggak mau harus mulai bisa kelola keuangan dengan lebih baik. Agar nggak kerepotan saat melangkah di masa depan nanti.

Nah, salah satu caranya adalah dengan menetapkan batas maksimal untuk dana konsumsi bulanan sejak awal. Selain itu, kita juga perlu memisahkan dana konsumsi dengan dana yang akan menjadi tabungan.

Bagusnya sih, kalau dana tabungannya nggak terjangkau. Maksudnya kita nggak bisa leluasa gesek ATM kapan pun kita suka. Dan kita nggak bisa transfer sana-sini buat memenuhi hasrat belanja.

Dalam hal ini, kita bisa memilih untuk menempatkan dana pada deposito. Why?

Kenapa Mesti Deposito?


Deposito Adalah


Berdasarkan minisite sikapiuangmu yang disusun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa deposito adalah salah satu jenis simpanan yang hanya dapat dicairkan pada jangka waktu dan syarat-syarat tertentu.

Adapun karakteristik deposito yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Dananya nggak bisa dicairkan sebelum jangka waktu berakhir.
  2. Jangka waktu deposito bisa diperpanjang secara otomatis atau kita bisa mengenalnya dengan Automatic Roll Over (ARO).
  3. Kita bisa menetapkan deposito dalam mata uang rupiah atau pun valuta asing.

Hal ini memungkinkan kita untuk nggak seenaknya gesek ATM atau transfer sana-sini. Sehingga tabungan aman sampai melewati tenor yang sudah disepakati.

Karena deposito ‘kan mengharuskan dana kita mengendap sesuai jangka waktu tertentu. Kalau kita mencairkannya sebelum jatuh tempo malah akan kena pinalti. Nggak mau dong pinginnya untung malah buntung?

Pada saat jatuh tempo, kita akan mendapatkan suku bunga deposito atas sejumlah dana yang sudah tersimpan. Wow, menurutku ini bisa menjadi salah satu instrument investasi yang aman dengan tingkat resiko yang rendah. Iya nggak sih?

Kabar baiknya, Komunal Indonesia meluncurkan produk terbaru yang memungkinkan kita untuk menyimpan dana ke produk simpanan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) dalam jangka waktu tertentu. Produk terbaru Komunal ini berupa Depositobpr.

Deposito BPR Komunal yang Aman


Deposito BPR Komunal
Koleksi Pribadi


Dulu, membuka deposito tu lumayan ribet. Kita harus mengunjungi bank dan menyiapkan sejumlah dana yang agak gedhe.

Maklum sih, suku bunga deposito ‘kan lebih besar ketimbang tabungan biasa pada umumnya. Maka dari itu, sebenarnya banyak orang yang merasa tertarik untuk berinvestasi pada instrument ini.

Sayangnya, nggak semua orang bisa atau punya waktu luang untuk mengurusnya. Sibuk dan nggak cukup memiliki banyak dana menjadi alasan, termasuk alasanku.

Kabar baiknya adalah sekarang sudah ada Komunal Deposito BPR yang merupakan platform aggregator pertama di Indonesia. Dimana platform ini dapat menghubungkan kita dengan lebih dari 1500 produk Deposito BPR.

Hal yang menarik adalah buka deposito sekarang #BisaDimanaAja bahkan dari rumah sekali pun. Tentu saja nggak perlu ribet lagi dong. Produknya juga beragam. Bikin kita mendapat banyak peluang untuk mengembangkan dana.

Woho, impianku punya deposito kayaknya semakin di depan mata nih Geng. Kalian juga pingin ‘kan punya investasi masa depan? Yuk, Alokasikan dana kamu di Komunal Deposito BPR saja!

Keuntungan Deposito BPR Komunal


Komunal
Source: https://www.instagram.com/p/CUrEjGnN4g-/


Mungkin kalian bertanya-tanya, selain buka depositonya bisa dimana aja dan nggak ribet, kenapa kita harus memilih platform ini?

Biar bisa lebih hemat dan terkendali keuangannya. Dan tentu ada alasan lain dong. Apa itu? 

Ada beberapa keuntungan memilih Deposito BPR Komunal, diantaranya:

  1. Suku bunga deposito BPR lebih besar dibandingkan bank konvensional yaitu up to 6% p.a
  2. Seluruh BPR sudah terseleksi sehingga pendanaan terjamin aman oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  3. Platform Komunal Deposito dan seluruh BPR yang tersedia sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tuh ‘kan. Pokoknya mah deposito BPR aman dan terpercaya deh pasti.

Cara Menghitung Bunga Deposito BPR Komunal

Sebenarnya, kita nggak perlu repot-repot mengalkulasi berapa bunga deposito dalam pengembalian dana saat jatuh tempo. Karena platform Komunal Deposito BPR telah menyediakan tools untuk menghitung saat akan pengajuan.

Meski baru dalam nilai estimasi, seenggaknya kita sudah mendapatkan bayangan berapa jumlah yang akan kita terima nantinya. Atau misalkan, kita ingin repot ya silahkan menggunakan cara menghitung bunga deposito seperti berikut ini:

  • Estimasi bunga deposito = (suku bunga deposito x nominal dana yang dialokasikan x jumlah hari menyimpan uang) / 365
  • Pajak deposito = tarif pajak x bunga deposito
  • Pengembalian dana deposito = nominal dana yang dialokasikan + (Estimasi bunga deposito - pajak deposito)

Tutorial Mendaftar sebagai Deposan

Gimana Gaes? Sudah merasa tertarik untuk mengalokasikan dana ke deposito BPR aman belum? Kalau aku sih udah. Baca terus ceritaku, nanti akan kuceritakan bagaimana pengalamanku mulai proses pembukaan deposito ya.

Menjadi deposan Komunal Deposito BPR juga mudah kok. Kita hanya perlu mengunjungi website Komunal.id dan mendaftarkan diri. Biar lebih mudahnya ikuti saja tutorial mendaftar sebagai Deposan berikut ini ya:

Pengalamanku dengan Deposito BPR Aman


Pengalamanku dengan Deposito BPR
Koleksi Pribadi


Sejak dulu aku sudah mengetahui bahwa suku bunga deposito memang lebih besar dari tabungan biasa. Kadang pas pergi ke bank tu rasanya ngiler melihat suku bunganya. Tapi, ya gitu deh.

Proses pembukaannya kan cenderung rumit. Belum lagi kudu mengalokasikan dana yang nggak sedikit. Terus ada jangka waktu dana mengendap. Puyeng juga memikirkan perputaran dana untuk kebutuhan lainnya.

Tapi e tapi, sekarang aku mah udah bisa slow. Aku udah berkenalan dengan Deposito BPR aman dari Komunal Indonesia. Buka deposito sekarang #BisaDimanaAja. Sambil rebahan di rumah juga oke. Nggak perlu repot harus ke bank.

Yang paling oke tuh, aku nggak harus ketar-ketir. Nggak ada yang namanya khawatir dana kita akan aman atau nggak. Tahu dong kenapa?

Yupz, ada LPS dan OJK yang sudah menjamin keamanan dana kita. Pokoknya mah, kita tenang sementara dana kita berkembang dengan aman.

Terus, produk depositonya kan beragam banget. Kita bisa memilih produk yang sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing.

Misalnya aku nih ya, pilih produk dengan pembukaan deposito mulai dari sejuta di BPR Anekadana Sejahtera. Sesuai keterangannya, aku akan mendapatkan suku bunga sampai 5,75% p.a dengan tenor 6 bulan.


Deposito BPR Aman


Kalau Teman-teman jeli, bakalan dapat produk yang sedang promo lho. Yaitu pembukaan deposito mulai dari sejuta dan dapat suku bunga sampai 6% dengan tenor 6 bulan.

Wuih. Gurih nggak tuh! Ini sih suku bunganya lebih tinggi daripada tempat lain.

Aku cuma menyayangkan satu hal sih. Pilihan buat top upnya nggak ada buat pengguna rekening BCA. 'Kan sayang saja kalau kudu transfer beda bank. Masih kudu bayar biaya adminnya. Hehehehe....

Tabungan Ludes Mulu? Yuk, Alokasikan Danamu di Deposito BPR Komunal

Jadi, Gaes! Masih bermasalah dengan tabungan yang nggak nambah-nambah karena mudahnya akses pencairannya? Gesek ATM tanpa rasa bersalah. Nambah belanja dan transfer marketplace tanpa perasaan berdosa. Sampai bikin saldo hampir menangis?

Coba deh alokasikan danamu di Deposito BPR Komunal. Mumpung ada promo Komunal Cashback 11.11. Kita akan mendapatkan saldo e-walet lho dengan kode promo CASHBACK1111.

Nah, tunggu apa lagi? Segera buka deposito sekarang! Pake kode referralku juga boleh lho di SW1411 ya. Semoga bermanfaat.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

60 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Sepakat, ga di depositokan, dana bisa ludes dalam sekejap mata. Akupun walo dikit mulai harus bisa untuk deposit. Buat masa depan...

    BalasHapus
  2. Kirain cuma di Desa saya tinggal aja ada fenomena seperti itu, ternyata hampir merata di seluruh Desa di NKRI ya?? Wkwkwkwkwkkwwk...

    Saya juga punya satu tabungan, eh malah cepat habis karena terpakai terus secara nggak sadar. Lama-kelamaan saldonya berkurang terus. Tau gitu mending buka deposito aja ya Mba Yuni, biar aman. Soalnya duitnya nggak mudah ditarik... Jadi kepo nih sama deposito dari BPR. Makasih lho atas ulasan super kerennya ini...

    BalasHapus
  3. Jangan sampai deh duit ludes begitu saja tanpa sisa. Deposito bisa jadi pilihan untuk tetap memiliki dana cadangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menabung merupakan langkah penting untuk selalu punya dana darurat, ya. Coba aku pelajari dulu produk deposito ini

      Hapus
    2. Iya kalau khawatir nggak bisa nabung di satu tabungan, sebaiknya segera pertimbangkan untuk membuka deposito. Tuh udah dijelasin kalau buka deposito di BPR terjamin keamanannya karena sudah terdaftar di OJK dan dijamin oleh LPS juga.

      Hapus
  4. Kak Yuni, baru kali ini aku tau ada pembukaan deposito dengan hanya mulai 1 jutaan. Bisa pula buka dari rumah. Praktis banget sih. Dan yang bikin gak tahan bunganya sampe 6%pa. Waaaah gokil ini.

    BalasHapus
  5. waduuhh, kayak dicubit nih Mbak, saya banget nih tabungan ludes mulu karena dikit-dikit ditarik untuk keperluan juga keinginan, yaa gimana dooong, mirip-miriplah cerita Mbak tentang diskon Marketplace yang menggoda itu, huhuhh.
    sudah saatnya move on untuk berdeposito nih, secara ini juga emang jadi mimpi financial saya, punya deposito.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga jadi serasa ditampar pas baca ini hehe
      Jadi pengen stalking BPR Komunal nih jadinya

      Hapus
  6. Bener juga kak Yuni, jadi tabungan masa depan sih deposito. Ketimbang duit yang ada melanglang buana tak tentu arah. Pertimbangan yang tepat untuk lekas menjadi deposito sebagai tabungan masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju nih, mending mulai deposito dari sekarang ya daripada dana kita melayang gak terlihat kemana rimbanya ya. Apalagi ada cara deposito yang bisa memudahkan kita ini ya tuk proses pembuatan maupun perhitungan nilainya.

      Hapus
  7. Pengamalan pribadi nih sebelum gajian pengen nabung, pas gajian hura hura. Walhasil tanggal 10 zonk. Artikel sangat membantu mba.

    BalasHapus
  8. Iya godaan tuh ada aja. Niat nabung malah ludes terus. Deposito aman nih. Bunganya juga lumayan.

    BalasHapus
  9. Yah bener makanya jangan menaruh semua tabungan di satu tempat. Bahaya tuh apalagi pas harbolnas. Ngga kuaattt deh wkwkwk. Untung sekarang bisa buka deposito aman dengan suku bunga tinggi yah di Deposito BPR Komunal.

    BalasHapus
  10. Solusi buat saya juga nih. Secara meskipun ada tiga ATM, tapi tetep aja semuanya habis di akhir bulan. Hehhee... Perlu komitmen dan disiplin nih ikuti tahapan seperti di deposito ini biar tabungan aman

    BalasHapus
  11. yes, punya deposito adalah salah satu cara agar uang nggak cepat habis ya mbak
    apalagi klo deposito nya di Komunal ini
    aman dan punya bunga yang kompetitif

    BalasHapus
  12. Hahaha bener kalo mau ga ludes deposito jadi salah 1 pilihan yang pas yaa mba yunnn. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat juga kak Yuni, bahwa tabungan yang didepositokan jadi pilihan bagus biar gak boros dan tertata

      Hapus
  13. Nah, salah satu caranya adalah dengan menetapkan batas maksimal untuk dana konsumsi bulanan sejak awal. Selain itu, kita juga perlu memisahkan dana konsumsi dengan dana yang akan menjadi tabungan.

    hiks ini susah banget, maklum emak2 pemuja shopping

    BalasHapus
  14. oh, ini salah satu yang menjadi daya tarik untuk brinvastasi di BPR Komunal nih.. Suku bunga deposito BPR lebih besar dibandingkan bank konvensional.
    Kan kalau lihat uang kita berkembang tuh seneng yaa..

    BalasHapus
  15. Kalo aku, kak, deposito itu adalah cara mengamankan dana dan menjadikannya dana darurat sekaligus upaya menahan diri untuk gak jajan mulu. Makanya sejak dulu, suka dengan instrumen investasi bernama deposito, karena lebih aman juga

    BalasHapus
  16. jadi ada rem nih buat belanja dan ngabisin uang. Diingatkan untuk investasi dengan depositu. lumayan banget buat kebutuhan dimasa mendatang. dimulai dari genggaman dan bisa jadi cuan

    BalasHapus
  17. ya ampuun itu aku, tangan gatel mulu pengen check out hehehe...
    kayanya aku juga harus punya deposito deh agar uang simpananku aman dari rasa ingin check out...

    BalasHapus
  18. Aku banget nih tabungan ludes mulu.. huhuhuhuu. syedih. Kayanya aku perlu juga nih buka deposito seperti di komunal ini. Nggak cuma lebih 'aman' buat nyimpen uang, tapi juga dapet keuntungan plus bisa bantuin temen-temen pengusaha yaaaa

    BalasHapus
  19. wah aku pun udah lama nih pengin nyoba deposito. tapi masih ragu karena kadang banyak kebutuhan tak terduga

    BalasHapus
  20. Berinvestasi di deposito mendidik diri sendiri dan keluarga agar mampu disiplin dalam hal mengatur keuangan ya Mba. Karena dana yang telah didepositokan tidak bisa asal tarik saja semau hati. Sip deh BPR Komunal, noted.

    BalasHapus
  21. Emak-emak maunya tabungan penuh dompet juga penuh hehehe ... Bisa jadi pilihan nih, buat emak macem saya yang sering nggak kuat ngekep dompet lama. Biar punya tabungan yang nggak keambil-ambil

    BalasHapus
  22. Info yang sangat menarik. Saya beberapa kali nabung dg niat diambil nanti, ternyata cepat sekali habisnya... Jd penasaran ingin coba deposito, asal nabung per bulannya nggak tinggi

    BalasHapus
  23. Betul Mbak inginnya menabung taunya godaan belanja online lebih menggiurkan akhirnya tabungan ekganggu mulu. Kalau udah begitu saatnya beralih ke deposito.

    BalasHapus
  24. Ini namanya buka deposito sambil rebahan
    Kitanya di rumah, transaksi aman terkendali
    Dapat bunga gede, aman dan terpercaya pula ya

    BalasHapus
  25. sekarang deposito semudah membalikan tangan ya, dan sangat mudah juga sehingga dapat membantu sekali para kaum mobile worker seperti saya jadi ga perlu datang ke banknya langsung

    BalasHapus
  26. Sekarang semakin mudah kalau mau deposito ya, memang harus Maksimalkan pakai teknologi nih

    BalasHapus
  27. Memang Mbak. sekarang punya tabungan, cobaannya besar hahaha. Apalagi sekarang pasang mobil banking. Belanja enak sambil rebahan. Tau-tau barang sudah datang hehehe.
    Jadi saya pun harus sekuat tenaga disiplin lagi. Lebih mengutamakan kebutuhan, dibandingkan keinginan. Biar tabungan bisa ngumpul terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bangetttt klo ada mobile banking kan belanja gampang tinggal pencet ya ampuuuun harus bisa nahan diri, lebih aman deposito deh kalo buat nabung

      Hapus
  28. Wah terbyata deposito di BPR ini bunganya 2x lebih besar dibanding deposito di bank umum ya? mntab deh.. aku baru tahu nih.. trmksh infonya ya..

    BalasHapus
  29. Bener nih, dengan menabung di DEPOSITO jadi melatih diri lebih disiplin mengatur keuangan, gak kemakan rayuan promo olshop hehe.

    BalasHapus
  30. Hayuuk biar tabungan ga ludes, sisihkan dana yang kita miliki untuk didepositokan gini. Sudah ga ribet lagi kan dengan produk dari Komunal ini.

    BalasHapus
  31. Mbak itu judulmu sungguh menohokku deh. Secara aku banget tu lagi2 tabungan ludes mendkng kalo jelas yg dibeli ni entah apa. Hiks emang hatus punya depositi deh kayanha

    BalasHapus
  32. Sekarang lebih gampang ya kalau mau buka deposito, padahal zaman dulu agak sulit karena banyak persyaratannya. Angin segar nih buat yang ingin buka deposito, namun belum kesampaian.

    BalasHapus
  33. Wah iya nih bener, dulu kalau mau buka deposito ribet banget, mesti ke bank dulu. Skrg gak perlu lagi ya. Noted dlu kak, kalau punya tabungan lebih tertarik mau deposito

    BalasHapus
  34. Belum lagi ditambah aplikasi dompet digital wah makin menjadi2 khilafnya hehe

    BalasHapus
  35. Iyaa kalau tabungan tuh suka gatal mau dipakai belanja apalagi kalau konek dengan e-banking memang lebih aman di deposito kan saja ya apalagi di BPR ini dana sejuta sudah bisa deposito

    BalasHapus
  36. Sesimpel itu ya ternyata bisa investasi dengan deposito di komunal. Semuanya bisa dilakukan dari rumah tanpa harus ke bank. Menarik sih.

    BalasHapus
  37. bener banget lho ini. Dengan meyimpan di deposito, kita jadi gak bebas mau narik-narik khan. Semua ada jangka waktunya. Jadi menyimpan uang dalam bentuk deposito adalah cara mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan

    BalasHapus
  38. Gila. Menabung di BPR sekarang lebih mudah secara komunal gini ya kak. Keren banget inovasi BPR di Indonesia. APalagi bisa nabung deposito lagi. Bunganya juga bisa kita pilih yang paling tinggi. Jadi dobel cuan deh. Aman banget juga krn udah dijamin LPS.

    BalasHapus
  39. ini sepertinya saya kak, tabungan ludes mulu, wajib banget niy nyimpen tabungan atau depositonya amannya biar ga bisa mudah diambil

    BalasHapus
  40. Yeeeyy! Alhamdulillah udah cobain deposito komunal kemarin. PRaktis, mudah dan billyet langsung dikirim ke rumah. aihh keren banget pokoknyaaa. sekarang kerasa mudah semua <3

    BalasHapus
  41. Ini masalahku banget, Mbak. Bolak-balik gesek. Yang ambil duitlah, yang belanja pakek debitlah, belanja online. Akhirnya tabungan semakin menipis karena terlalu mudah dicairkan. Betul nih, kalau mau aman ya memang kudu pakek deposito begini biar gak gampang diambil.

    BalasHapus
  42. wuhuuu,,, jadi sekarang buka deposito bisa mulai 1 juta aja ya kak? wah menarik banget nih. sebab selama ini aku taunya buka deposito tuh kudu banyak dananya, ya minimal banget 10 juta lah... dan harus datang ke bank buat buka depositonya. nah ini gak yaa. simple dan dana kita aman deh dalam rekening deposito.

    BalasHapus
  43. Apalagi tambah aplikasi dompet digital wah tambaahh bahaya.. kalo duit diamankan di deposito aman yaa harusnya

    BalasHapus
  44. dengan pilihan investasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tentu akan memberikan semangat kita untuk berinvestasi. Perlu dipelajari dengan seksama sebelum memutuskan untuk invest

    BalasHapus
  45. Masa pandemi seperti ini untuk menabung itu cukyup bikin effort besar juga ya kak. TApi seberapapun penghasilan kita, perlu banget ada alokasi dana untuk hal lain. Seperti tabungan, asuransi, dan deposito.
    Nah untuk deposito ini aku belum punyaa.

    BalasHapus
  46. Aku tuh rencana punya deposito sudah lama, apa daya buka deposito itu dananya gede. Tapi ini, ternyata sejuta aja bisa yaaa... Bisa dicoba ini..

    BalasHapus
  47. Aku sudah buka buka webnya dan ternyata banyak pilihan baik nominal maupun tenornya, aku juga mau nyobain dong, biar ga jajan e-commerce terus hihihi

    BalasHapus
  48. Mau tidak mau jaman now ketika kebutuhan begitu kompleks kita memang kudu pintar menyimpan dana. Salah satunya dgn deposito lebih aman ya

    BalasHapus
  49. Tabungan memang gampang ludes ya sekarang ini. Apalagi dengan kemudahan mbanking. Mesti tegas (dan disiplin) mengalokasikan dana buat disimpan di tempat yang aman dan nggak bisa sewaktu-waktu ditarik.

    BalasHapus
  50. Kejadian aku banget ini..
    Kalo gak dipaksa untuk investasi, pasti uangnya malah kebeli yang engga-enggak. Seringnya buat jajan sih..hhehe..

    BalasHapus
  51. Ini saya banget ih tabungan ludes mulu nggak bisa menyimpan uang banyak. Selalu saja keambil untuk berbagai keperluan. Deposito memang jawaban.

    BalasHapus
  52. Aku banget nih kak, selalu ludes malah kadang ga jelas buat apa. Perlu nih deposito seperti di BPR Komunal. Thanks infonya kak :)

    BalasHapus
  53. Ini yang sedang saya alami, tabungan ludes. Mau ngumpulin malah kepake buat kepentingan yang menurut saya ga penting. Btw makasih kak informasinya

    BalasHapus
  54. Thanks for sharing beautiful content. I got information from your blog.keep sharing

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro