Sedekah Jadi Mudah dengan 5 Cara Ini, Sudah Mencoba yang Mana?

Yuni Bint Saniro - Siapapun tahu bahwa salah satu cara membuat hidup jadi berkah adalah dengan melakukan sedekah secara rutin. Menurut banyak riwayat sedekah nggak hanya akan membawa banyak berkah. Tapi juga bisa menolak bala dan mengabulkan banyak hajat.

Walaupun demikian, banyak yang merasa melakukan sedekah bukanlah hal mudah. Sedekah jadi mudah kadang masih menjadi angan-angan dan niat semata. Padahal melakukan sedekah dengan lebih mudah dan ringan bisa dilakukan dengan mudah.


sedekah jadi mudah
Sumber: pixabay.com/id/illustrations/sedekah-berbagi-islam-memberi-5358682/


Cara Kita Sedekah Menjadi Mudah

Ada beberapa cara untuk menyucikan diri. Beberapa diantaranya adalah zakat infak sedekah dan wakaf. Berikut cara yang dapat kita lakukan agar sedekah jadi kegiatan rutin dan lebih mudah:

#1 Meluruskan Niat

Mendapatkan pahal, siapapun pasti ingin mendapatkannya. Begitu pula saat melakukan sedekah. Kita yang melakukannya pasti ingin mendapatkan pahala.

Apalagi ketika mengetahui keutamaan sedekah. Kita pasti ingin mendapatkan berbagai hal yang bisa raih lewat sedekah.

Namun, alangkah baiknya jika melakukan sedekah terlebih dahulu harus meluruskan niat. Jika sedekah karena ingin mendapatkan sesuatu, maka ketika hal tersebut nggak segera terwujud, biasanya kita akan sulit untuk melakukan sedekah.

Artikel Menarik Lainnya: Manfaat Bersyukur

#2 Sediakan Kotak Khusus

Sedekah jadi mudah jika kita mau menyediakan kotak khusus yang digunakan untuk menampung sedekah. Akan lebih mudah saat ingin bersedekah dalam bentuk uang.

Oh iya, pastikan juga bahwa kotak tersebut terlihat oleh pandangan mata. Sehingga saat melihat kotak tersebut yang terlintas adalah mengisinya secara rutin. Salah satu bentuk sedekah yang sering dilakukan dengan cara ini adalah sedekah subuh.

Artikel Menarik Lainnya: Cara Mendapatkan Penghasilan

#3 Selalu Ingat Manfaat Sedekah

Telah banyak yang meriwayatkan bahwa sedekah nggak hanya memiliki banyak keutamaan, tapi juga memiliki banyak manfaat. Nah, bagi kamu yang masih susah melakukan sedekah bisa mengingat tentang banyaknya manfaat sedekah ini.

Diketahui bahwa salah satu manfaat sedekah adalah mempermudah jalan seseorang dalam meraih sesuatu. Banyak pula yang telah membuktikan dan merasakan tentang manfaat dari sedekah ini.

Jika kita belum percaya, bisa melakukan sedekah secara rutin. Nggak harus dengan nominal yang banyak. Kita akan merasakan banyak manfaatnya setelah itu tanpa terasa.

Artikel Menarik Lainnya: Alasan Mengikuti Kajian Islam

#4 Manfaatkan Aplikasi Sedekah

Kemajuan teknologi berdampak pula pada kegiatan sedekah. Jika kita amati secara teliti pasti akan terlihat ternyata banyak sekali aplikasi yang dibuat untuk memudahkan melakukan sedekah.

Aplikasi ini memang sengaja dibuat untuk mereka yang merasa bingung ingin memberikan sedekah pada siapa.

Dengan aplikasi, kita bisa bersedekah secara online dimanapun dan kapanpun. Bukankah ini membuktikan bahwa teknologi memang memudahkan siapapun yang ingin melakukan sedekah dengan cara tepat dan cepat.

Namun, kita juga harus memastikan terlebih dahulu aplikasi sedekah yang digunakan agar tepat sasaran. Sebab, kini juga banyak muncul aplikasi sedekah yang nggak valid dan hanya digunakan untuk kepentingan sendiri. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan.

Artikel Menarik Lainnya: Kisah Masa Lalu

#5 Buat Komunitas Sedekah

Cara lain yang dapat kita gunakan agar sedekah jadi lebih mudah adalah dengan membuat komunitas sedekah. Nggak hanya membuat kegiatan ini jadi lebih mudah dan rutin, komunitas yang didirikan juga akan membuat kita lebih bersemangat lagi.

Komunitas ini akan memberikan banyak hal positif apabila dilakukan secara tepat. Agar lebih berdaya dengan komunitas ini kita bisa melakukan banyak hal secara nyata. Misalnya dengan membagikan kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang yang nggak mampu.

Salah satu komunitas yang terkenal adalah komunitas yang membagikan makanan pada hari jumat pada orang yang membutuhkan. Pastinya kita sering menemui komunitas ini, bukan? Kita pun dapat membuat komunitas sedekah lain yang lebih bermanfaat dan dapat membantu banyak orang.

Sekarang sedekah jadi lebih mudah nggak akan jadi momok menakutkan apabila dilakukan dengan cara tersebut. Cara di atas nggak sulit untuk dilakukan. Jadi, kita ingin memulai dengan cara yang mana?

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

7 Comments

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Sedekah saat ini sangat dimudahkan sekali ya, karena bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, dan dari media apapun. Bisa memberikan secara langsung, melalui komunitas, ataupun aplikasi sedekah online yang resmi-resmi. Semoga bisa bersedekah lebih banyak lagi ya tahun ini.

    ReplyDelete
  2. Saya juga diajarin ibu untuk nyiapin 1 kotak khusus untuk sedekah mbak. Jadi sistemnya kaya nabung gitu, tar seminggu sekali disedekahkan. Selama niatnya ada, mesti ada aja jalannya.

    ReplyDelete
  3. Sekarang juga sudah banyak situs yang bisa menampung sedekah. Aku beberapa kali gunakan walau kalau bersedekah langsung ke orang sekitar yang kita tahu emang membutuhkan rasanya lebih nampol. Ironisnya banyak juga sekarang "pengemis" yang nyepam ke dm sosmed, atau bahkan pesan singkat. Suka penasaran tahu nomor kitanya dari manaaa gitu >,<

    ReplyDelete
  4. Memang segala sesuatu kalau diniatkan, akan jauh lebih mudah pelaksanaan nya. Kayaknya yang menyediakan tempat khusus gitu lebih terasa enteng kalau dijalanin ya. Dikit-dikit lama-lama jadi bukit 🚎

    ReplyDelete
  5. kalau aku sedekah biasanya langsung transfer dari aplikasi. tapi jujur masih belum rutin sih ini sedekahnya pengennya mau rutin sedekah subuh tapi lupa melulu

    ReplyDelete
  6. Apapun yang dilakukan dengan niat yang tulus insyaallah akan dimudahkan jalannya yaa. Saya kalo bersedekah, biasanya ke anggota keluarga dulu, setelah itu bersedekah via aplikasi sedekah

    ReplyDelete
  7. Setuju sekali mba. Sebelum sedekah memang harus diluruskab niatkan dulu pasti nanti akan ada jalannya. Apalagu di era digital saat ini, segalanya jadi serba mudah. Termasuk dalam bersedekahh

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post