Tips Memilih Kulkas Agar Tahan Lama, Jangan Mudah Tertipu Penampilan Ya!

Beberapa hari lalu, ibuku bilang bahwa bibiku baru saja menjual kulkasnya. Beliau bilang, kulkas bibiku sudah rusak. Padahal belinya belum terlalu lama. Mungkin baru setahunan ini. Mungkin saat beli, bibiku nggak cek tips memilih kulkas dulu kali ya.

Asal berangkat ke toko elektronik. Nggak ngerti mau pilih kulkas yang gimana. Terus manut saja dengan pilihan penjaga tokonya.

Emang sih, kerusakan kulkas bukan semata-mata karena produknya yang cepat rusak atau apa. Bisa jadi karena salah penggunaannya. Misal, mencongkel saljunya dengan pisau atau apa gitu.

Hanya saja, selain karena kesalahan penggunaan. Kita bisa kok memakai kulkas sampai tahan lama.


Tips Memilih Kulkas
Credit to www.pexels.com/id-id/@max-artbovich/


Tips Memilih Kulkas Agar Tahan Lama

Jadi, sebelum memutuskan buat beli kulkas. Ada baiknya kalau kita melakukan riset terlebih dahulu. Biar nggak asal pilih. Perhatikan beberapa tips memilih kulkas agar tahan lama berikut ini ya:

1. Ukuran Jadi Bahan Pertimbangan

Kenapa sih ukuran harus jadi bahan pertimbangan awal? Beli kulkas mah beli saja. Yang penting, bisa kita pakai untuk menyimpan makanan atau bahan-bahan yang perlu suhu dingin.

Oke. Teorinya memang benar. Tapi, permasalahannya adalah kita perlu tahu kulkasnya mau diletakkan dimana.

Iya kalau ruangannya luas. Mau beli kulkas segedhe apapun pasti bisa saja. Coba kalau ruangannya terbatas. Kita ‘kan harus memikirkan lagi ukuran kulkas yang harus kita beli. Iya nggak?

2. Mau Kulkas Jenis Apa

Kita ‘kan tahu ya. Ada kulkas dua pintu. Ada yang hanya satu pintu. Selain itu, kita kenal ada kulkas keluarga yang biasanya hanya untuk penyimpanan bahan makanan dan lain-lain. Ada pula kulkas freezer yang biasanya dipakai untuk membuat es.

Nah sebelum beli, kita perlu tahu dulu nih tujuan kita punya lemari pendingin ini. Hanya untuk penyimpan bahan makanan kah? Atau juga untuk usaha jualan es?

Kalau sudah jelas mau difungsikan untuk apa lemari esnya. Baru deh berangkat ke toko elektronik.

3. Cari yang Hemat Listrik

Banyak orang enggan punya lemari es karena katanya butuh listrik yang nggak sedikit. Lebih boros listrik lah istilahnya.

Tapi eh tapi. Sekarang ‘kan para produsen kulkas sudah banyak melakukan inovasi yang membuat konsumsi listriknya lebih hemat. Salah satunya dengan teknologi inverter.

Oleh karena itu, kita cari deh lemari pendingin yang punya teknologi ini. Sehingga, penggunaan listrik kita tetap terjaga. Nggak terlalu boros. Hehehe….


Jenis Kulkas
Credit to www.pexels.com/id-id/@charlotte-may/


4. Cek Kualitas dan Mutunya

Membeli apapun pasti kita pingin yang mutu dan kualitasnya bagus. Bener nggak? Maka begitu pula halnya dengan lemari es.

Jangan hanya karena penampilannya mempesona dan harganya mahal, lantas kita langsung tertarik dan beli. Lalu, beberapa waktu berjalan. Ternyata kulkasnya cepat rusak. ‘Kan rugi jadinya.

Maka, cari lemari pendingin yang kualitas dan mutunya terbaik. Kalau perlu bandingkan satu brand dengan brand lainnya. Cari tahu kekurangan dan kelebihannya dengan detail. Lalu putuskan.

Cek deh kriteria lemari es yang bagus dengan klik kalimat merk kulkas terbaik dan hemat listrik. Teman-teman bisa menjadikannya sebagai panduan lho.

5. Perhatikan Garansi dan Ketersediaan Service Center

Hal lain dari tips memilih kulkas yang perlu kita perhatikan adalah urusan garansi.

Kita emang nggak ingin lemari pendingin yang baru kita beli itu cepat rusak. Meski kita sudah berhati-hati dalam penggunaannya. Ada kalanya, kulkasnya punya kendala teknis di luar masalah pemakaian.

Kalau hal itu sampai terjadi, kita perlu adanya garansi ‘kan. Cari tahu dulu deh apakah service centernya ada di sekitar kita atau nggak? Terus mekanisme perbaikannya itu gimana? Apakah kita perlu membawa unitnya ke service center atau mekaniknya yang kita undang ke rumah?

Biar saat kejadian beneran, kita udah siap. Nggak kelimpungan dan bingung sendiri.

6. Beli Kulkas di Toko Elektronik Terpercaya

Terakhir adalah urusan tempat pembelian lemari esnya. Kita nggak mau dong merasa dicurangi saat beli kulkas. Apalagi barang ini bukan barang yang harganya murah.

Maka, kita perlu beli lemari pendingin di toko elektronik yang punya reputasi bagus. Dari segi pelayanan saat pembelian sampai ketika menerima komplain saat unitnya ada masalah.

Begitu, lemari es yang kita beli sudah sampai di rumah. Jangan lupa untuk segera cek unit yang terkirim. Apakah sudah sesuai dengan yang kita pesan atau nggak?

Lakukan pemeriksaannya saat petugas yang mengantar masih berada di rumah ya! Biar saat ada yang nggak sesuai bisa langsung teratasi. Semoga bermanfaat.

Bacaan Teknologi Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

3 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. kadang kalau lihat model kulkas zaman sekarang, modelnya memang bagus bagus. pilihan warna juga cukup banyak.
    Aku kalau ke toko elektronik, meskipun cuman liat-liat aja udah seneng :D
    kulkas aku dirumah, dari zaman aku SMP masih awet, cuman rusak dipintunya aja
    dan yang penting bener yang dibilang mba yuni, mau buat apa tujuan beli kulkasnya, kalau buat bisnis jualan es, memang ada baiknya beli yang ukuran besar
    kalau untuk sehari-hari, aku rasa yang ukuran biasa sudah cukup

    BalasHapus
  2. terimakasih tipsnya,
    sepertinya sebentar lagi perlu ganti kulkas.

    BalasHapus
  3. Makasih kak tipsnya, jadi bisa lebih bijak nanti saat membeli kulkas

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro