Mengenal Fungsi Kamera CCTV sebagai Sistem Keamanan

Yuni Bint Saniro - CCTV kini dikenal sebagai perangkat yang sangat efektif digunakan untuk menjaga keamanan sebuah lingkungan. Sistem keamanan CCTV bahkan bisa menggantikan peran manusia dalam mengawasi dan mengontrol keamanan.

Pemasangan CCTV pun kini telah dilakukan di berbagai tempat. Mulai dari rumah pribadi sampai fasilitas umum seperti toko, sekolah, gedung pertemuan, pabrik, dan lain sebagainya.

Dengan kecanggihan teknologi dan fitur yang ada pada perangkat CCTV, bisa disimpulkan bahwa perangkat ini bisa melengkapi kelemahan manusia dalam menjaga keamanan lingkungan. Itulah mengapa CCTV akan dibutuhkan di berbagai tempat karena risiko kejahatan bisa terjadi dimana saja.


Kamera CCTV
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pola-tekstur-garis-kamera-5581836/


Fungsi CCTV

Tentunya sistem keamanan CCTV ini memiliki beragam jenis fungsi. Nggak heran jika banyak orang mulai memasang perangkat ini di berbagai tempat. Berikut ini adalah 7 fungsi penting CCTV yang harus kita pahami:

#1 Meningkatkan Keamanan

Fungsi utama dari CCTV jelas adalah meningkatkan keamanan di sebuah lingkungan. Dengan adanya CCTV maka lingkungan tersebut akan menjadi jauh lebih aman. Kenapa begitu?

Karena CCTV ini sudah selayaknya satpam yang akan bekerja 24 jam non-stop untuk mengawasi kondisi lingkungan. Hal ini untuk menghindari berbagai tindak kejahatan apapun.

Sistem keamanan CCTV ini akan membantu kita untuk mengawasi kondisi secara langsung. Dia juga dapat memastikan semuanya aman dan terkendali.

#2 Memantau Aktivitas

Perangkat CCTV juga akan menjalankan fungsinya sebagai pemantau beragam jenis aktivitas dalam sebuah lingkungan. Bagaimana bisa begitu?

Misalnya, jika perangkat ini terpasang sebagai sistem keamanan gedung tempat produksi barang tertentu. Maka alat tersebut akan membantu memantau semua aktivitas dalam jangkauannya tanpa terkecuali.

Semua aktivitas karyawan yang bekerja di dalam gedung akan terpantau dengan baik dan detail oleh kamera CCTV.

#3 Menyediakan Barang Bukti Tindak Kejahatan

CCTV akan merekam semua jenis aktivitas yang ada di sebuah lingkungan. Jika nantinya ada tindak kejahatan terjadi di sana, maka akan langsung tertangkap oleh CCTV.

Artinya, sistem keamanan CCTV ini akan menyediakan barang bukti atas sebuah tindak kejahatan. Jadi akan lebih mudah untuk menangkap pelaku maupun menyelesaikan masalah tertentu karena ada bukti nyata berupa rekaman dari CCTV.

#4 Mencegah Tindak Kejahatan

Keberadaan sistem keamanan CCTV ternyata juga bisa mencegah tindak kejahatan lho. Masa iya?

Ternyata saat ini sudah tersedia tipe CCTV yang dilengkapi dengan Lampu Flash dan Speaker. Kedua fitur ini berfungsi sebagai alarm peringatan terhadap penyusup atau pelaku kejahatan.

Sehingga, dengan adanya perangkat CCTV biasanya pelaku kejahatan akan berpikir dua kali untuk melancarkan aksinya. Mereka akan berpikir bahwa unit kamera CCTV akan selalu mengawasi dan menjadi peringatan bagi mereka.

Bahkan tanda peringatan bahwa lokasi tersebut diawasi CCTV saja sudah cukup untuk mencegah adanya tindak kejahatan.

#5 Menjaga Aset

Kamera CCTV juga akan membantu menjaga aset yang kita miliki. Jika kamu memasang perangkat ini di lingkungan rumah pribadi maka akan ada pengawasan ketat terhadap semua aset yang kita miliki di rumah.

Begitu juga jika alat ini terpasang di tempat usaha atau perusahaan. Semua aset yang kita miliki akan terawasi dengan baik dan aman dari pencurian.

#6 Bahan Evaluasi Kinerja di Perusahaan

Nggak hanya bekerja sebagai sistem keamanan gedung, CCTV di sebuah gedung perusahaan juga akan menyediakan bahan evaluasi kinerja. CCTV akan merekam semua aktivitas yang ada di dalam lingkungan perusahaan yang ada dalam jangkauannya.

Dengan begitu pemimpin perusahaan dapat melakukan evaluasi dengan mudah dan efektif karena ada bukti rekaman nyata dari CCTV. Lalu, mereka dapat memberikan penilaian dari apa yang sudah tersaji dalam rekaman.

#7 Mengontrol Ketersediaan Fasilitas

CCTV akan mengawasi setiap detik aktivitas yang ada di sebuah lingkungan. Selain menjaga keamanan dan mengawasi aktivitas orang-orang di lingkungan tersebut, CCTV juga akan berfungsi sebagai pengontrol ketersediaan fasilitas di sebuah lingkungan.

Kita bisa dengan mudah mengetahui apakah fasilitas di suatu tempat sudah lengkap atau belum. Jika terjadi kerusakan fasilitas maka langkah perbaikan juga bisa lebih cepat untuk dilakukan.

CCTV dari Hikvision HikCentral Enterprise


Fungsi Kamera CCTV
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/cahaya-langit-malam-kamera-4059469/


Sistem keamanan CCTV benar-benar akan memberi kemudahan dalam mengawasi keamanan di sebuah lingkungan. Salah satu pilihan yang tepat adalah dari Hikvision HikCentral Enterprise.

Keunggulan CCTV Hikvision HikCentral Enterprise

Dimana CCTV Hikvision HikCentral Enterprise merupakan pilihan perangkat yang tepat untuk memenuhi semua fungsi tadi karena memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh CCTV Hikvision HikCentral Enterprise:

#1 Lebih dari Alat Pengaman

Produk CCTV dari HikCentral Enterprise bukan merupakan perangkat keamanan biasa. Perangkat ini hadir dengan berbagai jenis fitur pendukung dan pelengkap yang akan memenuhi kebutuhan setiap penggunanya.

#2 Fitur Keamanan Commercial

Produk CCTV HikCentral Enterprise yang digunakan di gedung komersial nantinya akan memberikan solusi komprehensif end to end. Sistem keamanan tersebut sudah terintegrasi dari pintu masuk ke pintu keluar.

Selain itu, ada pula fitur human access management yang bisa mengawasi akses pengunjung, tenant, serta karyawan yang bekerja di sana. Lengkap kan?

#3 Fitur Keamanan Retail

HikCentral Enterprise juga efektif digunakan sebagai sistem keamanan gedung retail. Perangkat CCTV satu ini berbekal teknologi proactive marketing.

Ada juga fitur analisis konsumen yang bisa mempermudah pengelola dalam mengenali konsumen lebih dekat demi kepentingan marketing.

#4 Fitur Keamanan Industri

CCTV Hikvision HikCentral Enterprise dilengkapi banyak fitur canggih yang mendukung operasional di lingkungan industri. Selain sistem keamanan yang akan bekerja efektif, produk ini juga bisa menghadirkan solusi dari semua masalah yang berhubungan dengan peningkatan kualitas proses produksi dan kualitas produk itu sendiri.

#5 Fitur Keamanan Pendidikan

HikCentral Enterprise sangat direkomendasikan untuk terpasang di lingkungan sekolah. Perangkat CCTV dari Hikvision ini dibekali teknologi yang bisa mengenali wajah-wajah murid saat keluar maupun masuk ke lingkungan sekolah dan kelas sebagai laporan kehadiran.

Selain itu fitur keamanan tersebut juga sangat lengkap dan mampu bekerja efektif dalam mengontrol lingkungan sekolah. Nantinya, nggak ada lagi siswa-siswi yang kabur dari sekolah sebelum waktu pulang deh.

Sistem keamanan CCTV Hikvision HikCentral ini akan memberikan kemudahan pengawasan keamanan di sebuah lingkungan. Kamu bisa mengandalkan perangkat ini di berbagai tempat. Berbagai fitur yang disediakan oleh perangkat CCTV ini akan membantu proses kontrol keamanan jadi lebih efektif dan efisien.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

3 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Jaman sekarang cctv udah jadi perangkat keamanan yang sebaiknya ada di rumah dan di lingkungan rumah, apalagi kalau wilayah sekitar sepi dan rawan

    BalasHapus
  2. Sebagai barang bukti maka hadir cctv bisa jadi bahan penyeledikan. Tapi terkadang kita juga bisa lihat adegan Lucy di cctv

    BalasHapus
  3. Sekarang hampir setiap rumah ada cctv meskipun lingkungan perumahan juga ada cctv, lebih aman gitu. HikCentral juga efektif ya untuk kebutuhan keamanan di sekolah

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama