7 Tips Jualan di Instagram Biar Laris Manis

Saat ini, bisnis online sudah menjadi layaknya primadona. Kita akan dengan mudah menemukan orang-orang berdagang melalui media social, khususnya instagram. Tapi gimana sih tips jualan di instagram biar laris manis?

Instagram merupakan salah satu sosial media marketing yang paling terjangkau. Sehingga, cocok untuk pelaku usaha yang masih memiliki modal minim.

Selain itu, instagram juga punya banyak kelebihan. Beberapa di antaranya adalah postingan kita akan memiliki jangkauan yang luas, punya fitur promosi beragam, tampilannya juga menarik. Dan yang pasti, kita bisa mengakses instagram dengan mudah.


Tips Jualan di Instagram
Credit to www.pexels.com/id-id/@freestocks/


Tips Jualan di Instagram

Menurut sebuah artikel yang terpublish di website tinewss.com berjudul “Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia Pada 2022” menyebutkan bahwa jumlah pengguna media social ini adalah 99,15 juta.

Jelas sekali ini adalah market potensial untuk berjualan secara online. Berikut adalah tips jualan di instagram biar laris manis ya.

Bacaan Menarik Lainnya:

1. Menentukan Target Market Kita

Hal yang paling utama sebelum memutuskan untuk jualan adalah tentukan target market untuk produk kita. Ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam berpromosi. Mau pakai strategi yang gimana untuk menarik minat dan perhatian calon pembeli dan lain-lain.

Usahakan kita menentukan target market ini dengan detail ya. Misal, dalam kategori gender, usia, daerah tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan dan lain-lain.

Sehingga, kita bisa memutuskan akan membuat konten jualan yang seperti apa dengan mudah. Kalau pun memanfaatkan iklan juga sudah jelas target marketnya siapa saja.

2. Buat Akun Bisnis

Begitu kita tahu target marketnya siapa, lanjut buat media promosinya. Enaknya instagram tu punya fitur buat akun untuk bisnis. Jadi, ada dashboard profesionalnya gitu. Ada fitur konten bermereknya. Juga ada fitur untuk instagram shoppingnya. Lengkap deh.

Oleh karena itu, saat kita mau jualan di instagram. Sebaiknya buat akun bisnis yang khusus untuk jualan.

Caranya mudah saja. Kita hanya butuh untuk menghubungkan akun instagram dengan akun facebook. Lalu pilih settingan dan klik akun dan pilih switch to Business Account.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Siapkan Konten yang Menarik


Jualan di Instagram
Credit to www.pexels.com/id-id/@cottonbro/


Tips jualan di instagram yang ketiga adalah kita perlu membuat konten yang menarik. Karena instagram itu fokusnya pada visual khususnya foto dan video pendek semacam reels. Maka, ambil foto produk dan buat video yang menarik.

Kalau perlu tambahkan lagu yang sedang viral. Hal ini bertujuan untuk semakin memperluas jangkauan pengunjung konten kita.

4. Menambah Followers

Kalau kita menempatkan diri sebagai calon pembeli. Maka tanyakan pada diri sendiri. Kita lebih percaya untuk membeli produk pada akun yang sudah banyak followersnya atau nggak. Tentunya, kita lebih percaya kalau beli produk ke akun yang banyak followersnya dong ya.

Oleh karena itu, kita perlu menambah followers agar semakin banyak orang yang terhubung dengan akun kita. Pastikan kita menarget followers yang sesuai dengan target market yang sudah kita tentukan pada point pertama tadi ya, Gaes.

Kalau perlu kita bisa memanfaatkan kampanye di media sosial untuk menjaring semakin banyak followers lho. Biar pertumbuhan followersnya semakin cepat.


nambah follower di rajakomen
nambah follower di rajakomen


5. Pakai Hashtag yang Tepat

Tips berjualan di instagram selanjutnya adalah memainkan peranan hashtag pada setiap postingan kita. Pilih hashtag yang tepat yang menggambarkan produk yang kita jual ya. Sematkan hashtag tersebut pada setiap konten yang kita post.

Ini bisa membantu para calon customer menemukan untuk menemukan bisnis kita lho. Hanya saja, kita perlu berhati-hati dalam memilih hashtag ya. Jangan terlalu berlebihan juga. Biar hasilnya semakin optimal.

Bacaan Menarik Lainnya:

6. Siapkan Diskon dan Promo

Orang-orang akan sangat senang jika kita menyuguhkan diskon dan promo lho. Maka dari itu, kita bisa manfaatkan apa yang mereka suka untuk semakin meningkatkan angagement.

Tapi, program diskon dan promo ini perlu kita pertimbangkan dengan matang ya, Gaes ya. Jangan sampai ingin dapat jangkauan pengunjung yang luas, tapi kita malah merugi.

7. Jaga Kepercayaan Pelanggan

Terakhir adalah jaga kepercayaan pelanggan. Kita harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap calon pelanggan yang datang.

Sediakan juga produk yang berkualitas. Agar mereka mau melakukan repeat order dan melakukan marketing melalui mulut ke mulut.

Percayalah. Marketing seperti ini masih amat sangat potensial lho untuk perkembangan bisnis kita.

Lakukan 7 tips jualan di instagram yang sudah kusebutkan tadi dengan konsisten ya. Lakukan evaluasi setiap periode untuk mengetahui apakah strategi kita sudah berhasil atau belum.

Jika belum, maka kita analisis apa yang membuatnya kurang sukses. Lalu temukan jalan keluarnya. Begitu seterusnya. Hingga jualan kita laris manis. Bahkan mungkin kita bisa kekurangan produk untuk kita jual. Hehehee….

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro