Challenge Kreasi Merah Putih: Es Cendol Pake Susu Evaporasi yang Bikin Segar

Selamat datang bulan Kemerdekaan Republik Indonesia. Biasanya, jalanan udah mulai ramai. Maksudku beberapa titik, khususnya yang dekat dengan sekolah, akan ada kemacetan. Beberapa siswa latihan gerak jalan, termasuk adikku.

Beberapa waktu belakangan, dia mengeluh lebih capek dari biasanya. Karena harus ikut latihan gerak jalan. Belum lagi harus panas-panasan. Mbaknya (aku) merasa kena sentil. Seolah si adik bilang, “aku butuh minuman yang segar sepulang sekolah.”

Oke. Anggap saja ini Challenge Kreasi Merah Putih untukku. Menyiapkan minuman segar buat adik kesayangan yang lagi sibuk latihan gerak jalan untuk merayakan Kemerdekaan RI.

Lagian nih ya, kita bisa sekalian ikut kompetisi dari Tiga Sapi periode 2-31 Agustus 2022. Selain akan dipilih pemenang utama, setiap minggunya akan ada pengumuman juara favorit lho.

Caranya mudah saja. Kita hanya harus upload kreasi makanan atau minuman tradisional khas Indonesia dengan menggunakan bahan Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi. Kayak yang akan kubuat ini lho, Gaes!

Info selengkapnya bisa kita cek melalui akun Instagram Official Tiga Sapi ya. Yaitu @lezatnyatigasapi

Es Cendol Minuman Favoritku


Challenge Kreasi Merah Putih


Aku nggak perlu berpikir lama tentang mau buat apa untuk kreasi merah putih ini. Adikku bukan anak yang pemilih dalam hal makanan. Kayaknya, apa pun yang disodorkan padanya pasti dia nikmati. Asal bukan makanan yang terlalu manis. Dia nggak suka.

Jadilah, aku memutuskan untuk membuat minuman favoritku. Es cendol. Meski bukan minuman favoritnya, adikku juga suka kok. Yang penting larutan gula merahnya nggak terlalu banyak. Biar dia nggak merasa enek.

Bacaan Menarik Lainnya:

Susu Evaporasi Alternatif Pengganti Santan

Menurutku ya, es cendol kuah santan mah udah terlalu biasa. Makanya, dalam Challenge Kreasi Merah Putih kali ini aku pingin yang berbeda. Namanya juga challenge. Harus ada yang istimewa gitu deh.

Cendolnya tetap buat yang seperti biasanya. Pake cendol tepung beras warna hijau dari jus daun pandan. Terus yang bikin berbeda apa?

Hal yang membuat es cendol buatanku berbeda adalah kuah yang kupakai. Aku nggak mau pakai kuah santan. Katanya, terlalu banyak mengonsumsi santan ‘kan nggak baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, es cendolnya aku beri kuah susu. Lebih tepatnya Tiga Sapi Susu Evaporasi. Ada dua produknya, sebagai berikut:

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Produk pertama ada Tiga Sapi Susu Evaporasi. Susu tanpa lemak yang dilarutkan dalam air hingga mencapai kepekatan tertentu. Prosesnya pun higienis dong ya.

Apalagi, produk ini merupakan susu evaporasi yang dikemas dalam kemasan kotak pertama di Indonesia. Memiliki tutup ulir putar yang lebih praktis dan aman.

Manfaat Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah sebagai berikut:

  1. Mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan yaitu lemak, protein, karbohidrat, natrium, kalsium dan fosfor.
  2. Pengganti santan untuk bahan makanan, dessert dan campuran minuman.

Jadi, nggak salah dong kalau aku membuat kreasi merah putih untuk es cendol dengan kuah Tiga Sapi Susu Evaporasi. Rasanya juga nggak kalah enak dan segar kok. Creamynya pas, gurih lezat dan pastinya lebih sehat.

Kita bisa membelinya melalui supermarket, toko kue atau toko grosir terdekat dari rumah. Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Kalau Sudah Dibuka, Bisa Ditutup Kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%.

Tiga Sapi Kental Manis

Selain susu evaporasi ada produk Tiga Sapi Kental Manis juga lho. Krimer yang bisa kita gunakan sebagai campuran makanan atau minuman. Krimer Tiga Sapi Kental Manis mampu memberikan rasa gurih dan menambah kenikmatan pada kue, martabak, puding, es campur, salad buah dan lain-lain.

Selain itu, Tiga Sapi Kental Manis juga Lebih Praktis dan Ekonomis. Memiliki manfaat: Sumber kalsium dan Vit D3, Tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g.

Aku membeli produk ini dan susu evaporasinya di toko kue yang ada di dekat rumah.

Sebenarnya masih ada produk Tiga Sapi yang lain, seperti Tiga Sapi Kental Manis Coklat. Tapi yang ada di rumah cuma dua produk saja.

Bahan dan Cara Pembuatan Es Cendol

Dulu, emakku pernah jualan es cendol waktu masih merantau ke Kalimantan. Mungkin karena seringnya menikmati dagangan emak itulah aku sangat menyukai es cendol.

Buatnya agak ribet sih. Ada banyak sekali step by stepnya. Mulai dari bikin cendol. Lalu bikin kuah santan (yang saat ini kuskip karena aku pake kuah susu evaporasi). Terakhir masih harus bikin kenca atau gulanya.

Tapi, demi menaklukkan Challenge Kreasi Merah Putih ya kujabanin saja. Lagian, meskipun ribet tetap saja bikinnya mudah kok.

Bacaan Menarik Lainnya:

Cendol


Kreasi Merah Putih


Kita perlu menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  1. Tepung beras 250 gram. 2.
  2. sdm tepung tapioka.
  3. Pasta panda (aku pakainya jus pandan). Mau pakai pewarna makanan yang hijau juga boleh.
  4. ½ sdt garam.
  5. 1400 ml air matang.

Kalau bahan-bahannya sudah siap. Waktunya kita buat cendol deh. Adapun step by stepnya sebagai berikut:

  1. Kita campurkan semua bahan sampai tercampur rata. Hidupkan api dan kita aduk hingga mengental.
  2. Setelah mengental, masak hingga kurang lebih 20 menit sampai kayak pasta.
  3. Lalu cetak dengan cetakan cendol langsung ke air es. Kita diamkan hingga satu jam sebelum kita campur dengan susu evaporasi dan air gula.

Kinca atau Gula


Tiga Sapi Kental Manis


Selanjutnya, kita akan membuat kinca atau larutan gula merah. Terlebih dahulu, kita siapkan bahan-bahannya, sebagai berikut:

  1. 200 ml air 
  2. Gula merah 500 gram, iris tipis atau nggak juga nggak masalah. Ini hanya biar gulanya cepat larut saja.
  3. Tepung maizena 2 sdt (opsional. Kalau pingin gulanya kental kita bisa tambahkan. Kalau aku sengaja skip bahan ini ya).

Cara membuat larutan gulanya sangat mudah kok. Kita hanya perlu mencampurkan seluruh bahan lalu masak dengan api sdang hingga mendidih. Lalu masukkan tepung maizena yang sudah larut kalau ingin gulanya kental.

Saran Penyajian Es Cendol Pake Susu Evaporasi yang Bikin Segar


Tiga Sapi Susu Evaporasi


Saat penyajiannya, kita bisa sediakan gelas. Lalu masukkan cendol, Tiga Sapi Susu Evaporasi dan larutan gula merah. Kita bisa menambahkan bahan lain seperti tape ketan hitam, nangka dan es kalau ada.

Oh iya, Teman-teman bisa mencampurkan susu evaporasinya dengan air terlebih dahulu ya biar lebih encer kayak susu segar. Lalu didihkan sebentar. Kalau aku lebih suka langsung dari packnya dan tambahkan es batu. Lebih segar saja gitu.

Awalnya bibiku mengataiku aneh. Karena bikin es cendol tanpa santan. Malah pakai kuah susu.

Lantas kubilang pada beliau bahwa kuah yang kupakai adalah Tiga Sapi Susu Evaporasi. Rasanya lebih creamy, gurih dan lebih sehat ketimbang pakai santan.

Belum cukup sampai sana. Aku juga memaksa bibiku untuk mencoba es cendol yang kubuat. Dan beliau memang mengakui bahwa es cendolku lebih gurih dan enak.

Saat adikku pulang sekolah. Es cendol yang memang kusimpan di kulkas untuknya pun langsung dia habiskan. Malah dia minta lagi karena melihat masih ada cendol dan kinca yang tersisa.

Cobain deh, Gaes! Bikin Challenge Kreasi Merah Putih versi kalian sendiri. Pilih resep tradisional yang pakai santan, misal kayak bikin kue nagasari. Siapa tahu bisa ikut lombanya.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

11 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. wah keliatan enak dan segar :D aku belum pernah coba brand Tiga Sapi, nanti beli ah

    BalasHapus
  2. Wah, inovasi baru. Kuah santan diganti kuah susu..nyam...nyam...kebayang enaknya.

    BalasHapus
  3. Langsung bookmark deh mbak, pingin cobain bikin es cendol sendiri di rumah😍 makasih tipsnya. Pasti segar dan sehat pakai brand tiga sapi

    BalasHapus
  4. Makasih resep cendolnya mba. Kapan-kapan aku mau coba bikin cendol sendiri deh. Meski agak ribet, tapi sensasi bikinnya itu loh yang istimewa ... Btw, segerr banget itu es cendol yaaa, kelihatannya sih... Duh aku auto ngebayangin minum es cendol siang-siang terik pas pulang sekolah pasti enak banget

    BalasHapus
  5. Aku juga pernah beli es cendol dengan kuah susu kayak gini, rasanya memang tidak kalah lezat sih sama kalau pakai santan. Anak2 kayaknya lebih suka kalau kuahnya pakai susu. Waktu itu anakku juga suka, dia yang pilih variasi kuahnya pakai susu.

    BalasHapus
  6. seger banget menikmati es cendol siang-siang, jadi kepikiran apa besok aku beli aja ya, pas siang-siang gitu :D
    kayaknya selama ini orang rumahku jarang bikin sendiri, lebih pilih langsung jadi, tinggal minum
    kalau ada acara besar, kayaknya enakan bikin sendiri ya, karena gampang juga

    BalasHapus
  7. Wah, seger, Mbak. Jadi inget masa kecil, simbahku dulu juga suka bikinin cendol warna ijo, tapi masih pakai santan. Btw, ini susu evaporasi 3 sapi apa juga dijual di alfa/indomart, Mbak? Jadi pengen nyoba bikin minuman seger tanpa santan. Hehe...

    BalasHapus
  8. Es cendol bikin sendiri, bahan-bahannya mudah didapat pula. Bisa jadi minuman keluarga yang mudah dan sehat.

    BalasHapus
  9. Coba deket rumahku, aku pesen deh. Favorit Es Cendol

    BalasHapus
  10. Sehat nih buat orang² yang harus menghindari santan. So pasti lebih sehat deh...Pengen cendol nih...Tapi males bikinnya...hihi...

    BalasHapus
  11. Salah satu bahan untuk cendolnya pakai jus pandan. Jus pandan ini maksudnya daun pandan yang dihaluskan gitu ya, Mbak? Bahan alami pastinya lebih enak ya...

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro