7 Tanda Perangkat Kamera Pengintai Sudah Aktif dan Beroperasi dengan Baik

Closed Circuit Television atau lebih dikenal dengan sebutan CCTV merupakan kamera pengintai yang berfungsi untuk merekam gambar dan suara. Kemudian hasil rekaman tersebut akan disimpan dengan bantuan perangkat DVR atau Perekam Video Digital.

Kamera pengintai berfungsi untuk memastikan atau menjaga keamanan rumah, kantor, toko serta fasilitas lainnya. Pada situasi tertentu, keberadaan rekaman CCTV sangat dibutuhkan untuk menjadi bukti atau referensi kerja. Sehingga bisa segera dilakukan tindakan jika terjadi sesuatu yang nggak kita inginkan.

Sebagai kontrol keamanan, pemilik CCTV membutuhkan cara untuk mengetahui aktif atau nggaknya CCTV sebagai fungsi kontrol. Pada dasarnya cara kerja kamera pengintai nggak berbeda jauh dengan kamera video lainnya.

Kelebihan lain dari kamera pengintai atau CCTV dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam secara mekanis dan terus menerus. Selain itu, kamera CCTV akan bekerja secara otomatis.

Biasanya pemilik nggak perlu mengatur atau mengontrol apakah kamera CCTV dalam kondisi yang smart atau nggak serta dalam kondisi aktif atau nggak. Salah satu metode yang paling efektif untuk mengecek apakah kamera pengintai dalam kondisi aktif adalah dengan memperhatikan lampu merah yang berkedip pada kamera.

Selain itu, pengguna juga bisa memperhatikan pergerakan pada camera wireless. Hal ini juga menandakan jika CCTV masih aktif. Pada jenis tertentu, sensor infra merah akan menangkap gerakan manusia. Kemudian direspon oleh rotasi kamera ke arah objek, sebagai tanda bahwa CCTV tersebut telah aktif.

Manfaat CCTV dalam Mengawasi Keamanan Lingkungan


Tanda Kamera CCTV sudah Aktif
Manfaat Kamera CCTV (Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/cahaya-langit-biru-baja-keamanan-4059469/)


Sekarang ini nggak hanya digunakan untuk area publik seperti kantor dan pusat perbelanjaan, tapi juga dimanfaatkan untuk hunian. Adapun manfaat pemasangan kamera CCTV, antara lain:

1. Keamanan Semakin Meningkat

Fungsi utama kamera pengintai adalah untuk meningkatkan keamanan atau sebagai bentuk pencegahan aksi kejahatan atau kriminal.

2. Lebih Mudah Memantau Aktivitas Pegawai

Perusahaan menggunakan kamera pengintai untuk memantau aktivitas pegawai dalam rangka menjaga produktivitas kerja dari seluruh divisi. Sehingga stabilitas sistem perusahaan terjaga dengan baik.

3. Menjaga Aset Perusahaan

Penempatan kamera wireless di tempat penyimpanan aset perusahaan sangatlah diperlukan. Salah satunya untuk menjaga operasional perusahaan agar tetap normal.

4. Barang Bukti Tindak Kejahatan

Hasil rekaman CCTV akan tersimpan secara otomatis. Apabila terjadi tindak kejahatan, maka hasil rekaman tersebut bisa kita jadikan bukti untuk membantu proses penyidikan.

Bacaan Menarik Lainnya:

Tanda Perangkat Kamera Pengintai Sudah Aktif dan Beroperasi dengan Baik

Setelah mengetahui besarnya manfaat pemasangan CCTV, pelanggan juga perlu tahu jika kamera yang telah dipasang sudah berfungsi dengan baik. Caranya sebagai berikut:

1. Melihat Lampu Indikator CCTV

Tanda pertama untuk mengenali camera wireless telah aktif adalah memperhatikan lampu indikatornya yang menyala. Tapi ingat ya! Lampu indikator nggak akan menyala sepanjang hari.

Lampu inframerah yang menyala, artinya sedang beroperasi dalam mode gelap. Untuk mengeceknya, pelanggan bisa menghadapkan handphone pada CCTV. Jika pelanggan melihat lampu yang terang pada handphone, artinya CCTV menyala.

2. Mengamati Pergerakan CCTV

Kamera CCTV dengan jenis tertentu memiliki fitur pergerakan ke kanan-kiri yang selalu bergerak ketika menyala. Biasanya, kamera jenis ini memiliki bentuk memanjang keluar. Ada pula jenis CCTV yang bergerak ketika mendeteksi pergerakan dan mengikuti sensor yang ditangkap.

3. Menggunakan Komputer

Pelanggan bisa mengecek CCTV yang hidup dengan menggunakan aplikasi seperti IVMS-4200, Hikcentral Profesional, dan lain sebagainya. Jika pemasangan CCTV lebih dari satu, maka akan memudahkan pelanggan untuk mengecek CCTV yang hidup dan mati.

4. Menggunakan Smartphone

Pelanggan bisa mengecek CCTV yang hidup dan mati dengan menggunakan aplikasi yang diunduh pada smartphone yaitu Hik-Connect. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur landscape dan potrait serta zoom in.

5. Melakukan Pengecekan dengan Alat Detektor Penyadap

Biasanya alat detektor digunakan dalam pekerjaan mata-mata, tapi pelanggan bisa membelinya secara online dengan mudah. Apabila didekatkan pada kamera CCTV, alat detektor penyadap akan menunjukkan sinyal aktif, tandanya kamera CCTV masih hidup.

6. Melihat Kabel dan Material Cover CCTV

Sebagian orang memang ada yang memasang CCTV untuk mengelabui orang yang ingin berniat jahat. Cara untuk membedakannya cukup mudah, pemasangan kamera CCTV yang dilakukan oleh teknisi ahli akan dipasang dengan rapi. Bahannya yang kokoh membuat perangkat bisa tahan dengan segala cuaca.

Sedangkan instalasi yang dilakukan oleh teknisi yang nggak berpengalaman, pemasangan kabelnya nggak rapi dan terbuat dari plastik sehingga terlihat nggak kuat.

Pemilihan material juga sangat penting terutama untuk kamera outdoor.

7. Mengecek Konektivitas WiFi

CCTV keluaran terbaru biasanya sudah berupa camera wireless, artinya nggak memerlukan instalasi kabel dengan cara kerja yang dihubungkan dengan WiFi yang ada di rumah. Jika CCTV terhubung dengan WiFi, tandanya perangkat tersebut dalam kondisi hidup dan sedang merekam.

Bacaan Menarik Lainnya:

Kamera CCTV ColorVu Pilihan Terbaik untuk Keamanan Keluarga


Tanda Kamera Pengintai sudah Aktif
Keunggulan Kamera CCTV (Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/kompa-teman-keamanan-rumah-kamera-cctv-atau-pengawasan-yang-beroperasi-di-desa-gm944161214-257927972)


Pengguna CCTV perlu mempertimbangkan keunggulan teknologi ColorVu sebelum menentukan pilihan jenis kamera CCTV, antara lain:

1. Seluruh Momen akan Terekam dengan Terang

Kamera panorama Hikvision dengan fitur ColorVu menggunakan teknologi pendaftaran gambar tingkat piksel perintis. Algoritma fusi gambar Hikvision berfungsi untuk menyatukan bidang pandang horizontal 180 derajat.

Selain itu, juga untuk menghadirkan panorama yang cemerlang dan mulus lengkap dengan detail yang lebih hidup.

2. Hasil Kamera CCTV Zoom dalam Warna yang Cerah

Pengguna bisa mengubah panjang fokus kamera CCTV varifocal untuk lebih mudah beradaptasi dengan lebih banyak skenario, sehingga memudahkan pengelolaan inventaris.

3. Resolusi sampai 4K

ColorVu bisa membuat gambar berwarna cerah dalam cahaya redup, bahkan hingga 0,0005 lux. Artinya, pencahayaan yang sama pada malam tanpa bulan yang diterangi bintang.

Dengan resolusi kamera hingga 4K, hasil gambarnya akan terlihat seperti keadaan nyata.

4. Kecerdasan dalam ColorVu

Gabungan teknologi ColorVu dan AcuSense, membuat kamera tersebut bisa menangkap target manusia dan kendaraan dengan warna yang hidup. Dengan menghubungkan pada produk back-end Hikvision, pengguna bisa menikmati pemutaran video yang mendetail serta pencarian rekaman yang efisien.

Kamera jenis ini dilengkapi dengan Live Guard yang bisa mencegah penyusup dengan peringatan visual serta pendengaran di tempat pada saat mengirim pemberitahuan ke pengguna dari jarak jauh.

Hikvision ColorVu Hadir dengan teknologi canggih memiliki keuntungan untuk menjaga keamanan. Dengan menggunakan kamera pengintai merek ini, kita dapat mencegah tindak kejahatan yang mungkin terjadi. Sebagai informasi, menambahkan kamera keamanan di area luar rumah dapat mengurangi kemungkinan pencurian dan tindak kejahatan.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro