7 Tips Wisata Untuk Kaum Milenial

Generasi milenial dikenal sebagai generasi dengan jiwa petualang yang tinggi. Oleh karena itu, berwisata merupakan agenda wajib yang harus ada di kehidupan para generasi ini. Nah, jika Teman-teman termasuk sebagai salah satu kaum milenial yang juga hobi berwisata, berikut ini adalah beberapa tips wisata bermanfaat yang bisa kita coba terapkan.

Tips Wisata untuk Kaum Milenial

1. Pilih Negara yang Mudah Kita Kunjungi


Tips Wisata untuk Kaum Milenial
Tentukan negara yang mau kita kunjungi


Tahu nggak sih? Ada lho beberapa negara yang lebih sulit kita kunjungi dari pada negara lainnya.

Jika ini adalah pengalaman pertama kita berwisata ke luar negeri, sebaiknya kita pilih negara yang mudah untuk kita kunjungi saja. Kayak misalnya Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Selain nggak perlu urus visa, akomodasi ke negara-negara tersebut juga terbilang murah daripada negara lainnya. Sehingga sangat cocok untuk kita jadikan sebagai destinasi wisata bagi pemula.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Bepergian Bersama Teman

Traveling sendirian memang terkadang menyenangkan. Tetapi membawa teman saat bepergian bisa sangat membantu ketika kita berada jauh dari rumah lho.

Terlebih lagi jika kita memutuskan untuk berwisata ke tempat baru yang bahasa dan budayanya masih terasa asing. Lebih baik kita mengajak seorang teman yang mungkin sudah pernah berkunjung ke tempat tersebut sebelumnya.

Selain itu, kelebihan lainnya saat bepergian bersama teman adalah kita dapat menghemat biaya yang perlu kita keluarkan. Karena kita bisa patungan untuk membayar biaya menginap, makan, membeli kuota, dan banyak lagi yang lainnya.

3. Perhitungkan Segala Hal

Supaya waktu liburan kita berjalan dengan lancar, pastikan kita memperhitungkan segala hal dengan terperinci. Misalnya seperti:

  1. Berapa lama kita akan pergi?
  2. Kota atau negara mana yang akan kita kunjungi?
  3. Pengalaman baru apa yang ingin kita dapatkan?
  4. Termasuk berapa budget yang kita miliki?

Dengan memperhitungkan semua ini, kita bisa membuat jadwal dan rencana wisata yang lebih terorganisir. Sehingga kita nggak perlu khawatir akan terjadi hal-hal di luar rencana ketika pergi berlibur.

Tetapi, meskipun kita sudah merencanakan anggaran dengan sangat rapi. Jangan lupa untuk tetap selalu menyiapkan budget tambahan sebagai dana darurat untuk berjaga-jaga. Maksudku, kita ‘kan nggak tahu ya apa saja yang mungkin terjadi di tempat tujuan wisata. Semacam sedia paying sebelum hujan gitu deh.

4. Pikirkan Tujuan Kita Berwisata

Jika kita merasa kebingungan untuk mencari destinasi wisata yang tepat, cobalah pikirkan apa sih tujuan kita berwisata

Apakah kita ingin mencari wisata kuliner yang lezat? Ingin mengunjungi tempat-tempat ikonik yang bersejarah? Ingin berbaring di kamar hotel yang nyaman dengan pemandangan yang cantik? Atau ingin pergi ke wisata alam yang bisa menyegarkan hari-hari kita?

Dengan mengetahui apa tujuan wisatanya, kita bisa lebih mudah untuk mencari berbagai rekomendasi tempat wisata yang paling tepat untuk kita melalui internet lho.

Bacaan Menarik Lainnya:

5. Wisata Religi untuk Muslim

Bagi kita-kita yang muslim, rasanya boleh banget deh ikut paket umroh plus wisata. Ini bisa menjadi pengalaman spiritual yang luar biasa sekaligus jalan-jalan ke berbagai tempat wisata yang muslim friendly. Kayak Yerusalem, Turki, Yordania, dan Mesir.

Paket umroh plus wisata biasanya dikemas selama 11 atau 12 hari. Dengan harga paket umroh bervariasi yang bisa kita pilih sesuai budget.

Nantinya selain beribadah di tanah suci, kita juga akan diajak untuk berziarah ke situs-situs peninggalan Islam, masjid-masjid bersejarah, hingga berbagai museum yang menyimpan jejak peradaban Islam di muka bumi. Sound great, is’n it?

6. Jangan Takut Melokal


Wisata Lokal untuk Kaum Milenial
Bali juga cocok untuk wisata Kaum Milenial


Tentu bisa berwisata ke luar negeri memang menjadi impian banyak milenial. Tetapi jika kita belum punya budget yang cukup, nggak ada salahnya lho untuk mencari destinasi wisata lokal yang jauh lebih terjangkau.

Faktanya ada banyak sekali destinasi wisata lokal yang nggak kalah indah dan eksotis dari tempat wisata luar negeri. Sebut saja Raja Ampat, Danau Toba, pulau Komodo, Taman Nasional Way Kambas, Bali, dan lain-lain.

7. Jika Perlu, Bawa Alat Safety

Jika tempat wisata yang akan kita kunjungi memiliki medan yang ekstrim, seperti area gunung, kawah, air terjun, bersalju, dan kondisi ekstrim lainnya. Membawa alat safety dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan atau kejadian yang nggak kita inginkan selama perjalanan lho.

Alat safety seperti helm safety, sepatu safety, body harness, dan pelindung mata dapat membantu melindungi kita dari cedera. Biar wisata tetap aman dan menyenangkan nggak perduli medannya mau seperti apa. Benar kan?

Kita bisa mengunjungi toko alat safety terdekat untuk berkonsultasi mengenai rekomendasi alat safety apa saja yang sesuai dengan rencana perjalanan kita.

Itulah dia beberapa tips wisata bermanfaat untuk generasi milenial yang suka berpetualang.

Bepergian ke banyak tempat dan negara baru memang seru. Tapi pastikan kita juga selalu membuat persiapan yang matang ya! Agar rencana liburan kita berjalan dengan lancar dan bebas hambatan.

Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

16 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Bepergian kalau rame-rame jadi lebih asik juga, dan bisa ada sharing bersama teman, saling bercerita selama perjalanan, jadi travelling makin asik.

    Persiapan-persiapan di atas memang perlu direncanakan dengam baik ya. kak biar ga khawatir dan ga menemukan masalah saat traveling.

    BalasHapus
  2. Meski bukan backpacker, bawa safety harus banget sih, ditambah sama bawa obat-obatan pribadi dan P3K. Kebetulan nih lagi ngelist destinasi wisata krn mau jalan2 sekitaran pertengahan tahun, pastiny cocok nih untuk melokal

    BalasHapus
  3. Sampai sekarang pengin ajak ortu pergi ke Singapura karena yang saya lihat Singapura itu ramah manula. Semoga suatu saat bisa kesampaian.

    BalasHapus
  4. Aku lebih suka traveling dalam kelompok kecil mba, biar lebih seru dan gak terlalu rempong saling tunggu. Dan destinasinya pasti ke tempat-tempat yang kita bisa belajar tentang budaya lokalnya

    BalasHapus
  5. Eh iya daku gak kepikiran sama sekali untuk bawa alat safety saat liburan, padahal penting banget ya karena kita gak tau nanti kalau ada apa2 saat holiday.

    Untuk lebih amannya sih ikut tour saja jadi mereka yang bikinin itinerary dan gak pusing bikin rencana sendiri.

    Jadi pengen ke Thailand hihihiiihihihi.

    BalasHapus
  6. aku termasuk yang lebih sering berwisata beramai-ramai ketimbang sendirian. kalau sama teman itu rasanya lebih tenang aja nggak takut tersesat atau diganggu orang

    BalasHapus
  7. Berkaca dari Verrel Bramastya yang kecopetan di Jepang (sempat sangsi sih kalo di Jepang bs kecopetan), kita emg butuh alat safety buat jaga2. Soalnya namanya penjahat tuh emang ga mengenal tempat bahkan diklaim sebagai negara teraman sekalipun.

    BalasHapus
  8. Saya malah punya pikiran jangan dulu berkelana ke luar negeri sebelum menjelajahi semua lokasi wisata di dalam negeri.
    Tapi kalau ada kesempatan ya gak nolak juga hehehe. Hanya jika dikasih pilihan, saya akan memilih eksplorasi lokasi wisata dalam negeri dulu

    BalasHapus
  9. Daku setuju kak, wisata lokal juga banyak yang menarik. Apalagi terbilang unik dan makin kekinian. Sehingga bisa dijadikan andalan dan pilihan buat berwisata

    BalasHapus
  10. wisata kalo sendirian kurang asyik sih apalagi kalo wisatanya berhari-hari. menentukan tujuan dan bikin itinerary udah jadi satu hal yang wajib ya mba.

    BalasHapus
  11. Sekarang ini, meskipun sedang berwisata, nggak ada salahnya untuk membawa alat safety ya kak, kotak P3K contohnya

    BalasHapus
  12. Tipsnya asyik nih buat yang suka traveling. Cuma untuk poin traveling bareng teman, aku terakhir 2018 kayaknya liburan rame2 gitu dan habis itu nggak pernah lagi. Soalnya baru sadar gaya liburanku beda... hahaha. Maksudnya, aku tu nggak suka jalan2 kayak dikejar-kejar. Trus kalo orang liburan 5juta untuk 3-4 hari, misalnya, aku 5 juta berdua Punto bisa 2 minggu lho di Bali. Trus masalah safety, aku lumayan rewel. Peralatan/perlengkapan safety serta obat-obatan wajib ada.

    BalasHapus
  13. Bawa perlengakapan safety ini nggak kalah penting sih, walaupun misalnya tujuan wisatanya terasa "aman" tapi seringnya kan saat sudah menjelajah di destinasi tujuan, kadang kan ada aja keadaan yang nggak terduga ya.

    BalasHapus
  14. Jangan takut melokal, mungkin yg paling tepat jangan malu melokal x ya.. karena sejatinya lokal pub keren.

    BalasHapus
  15. Noted nih tipsnya. Dan jujur, aku suka bepergian rame-rame sih, seru aja gituuu

    BalasHapus
  16. Setujuuuu, pesiapan yang tepat adalah kunci perjalanan aman dan menyenangkan. Apalagi kalau tujuan wisatanya adalah daerah-daerah baru, seperti gunung. Perlengkapan harus lengkap!

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro