Gali Kreativitas, Begini Cara Mencari Ide Menulis yang Nggak Terbatas

Menulis adalah keterampilan yang membutuhkan lebih dari sekadar kemampuan mengeja dan menyusun kalimat. Salah satu aspek penting dalam menulis adalah kreativitas.

Sebagai seorang blogger tentu saja kami sudah sangat akrab dengan kegiatan menulis. Apalagi yang menjadikan profesi ini sebagai sumber penghasilan. Meski katakanlah hanya profesi sampingan.

Pertanyaan selanjutnya adalah gimana kita bisa terus menghasilkan tulisan menarik dan bermutu tanpa kehabisan ide?

Cara Mencari Ide Menulis yang Nggak Terbatas


Cara Mencari Ide Menulis


Menggali kreativitas untuk membuat sebuah konten yang menarik tuh bukan perkara mudah. Setiap profesi yang erat dengan aktivitas menulis, baik blogger, penulis novel, penulis script dan lain-lain, pasti punya cara sendiri untuk mencari sebuah ide.

Kita bisa meniru cara mereka atau memikirkan cara sendiri yang lebih work untuk kita. Aku rasa ada yang sudah membagikannya di berbagai media. Entah itu website, Tiktok, Instagram, Facebook dan sebagainya.

Mungkin kalian juga nggak asing dengan cara mencari ide menulis yang akan kusebutkan, sebagai berikut:

1. Observasi Lingkungan di sekitar Kita

Salah satu cara paling sederhana untuk mencari ide menulis yang nggak terbatas adalah dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Mungkin ada banyak yang belum menyadari bahwa kehidupan sehari-hari tuh penuh dengan kisah-kisah menarik.

Nggak menutup kemungkinan salah satu dari kisah tersebut bisa kita angkat sebagai inspirasi. Misal, tentang gimana mengasuh anak yang baik bila kita berada di sekitar tetangga yang sudah berkeluarga atau kisah lainnya.

Cobalah untuk selalu waspada terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Nggak perduli meski itu hanya peristiwa kecil seperti percakapan di restoran atau bahkan peristiwa besar di lingkungan tempat tinggal.

Yakin deh, kita akan terkejut melihat betapa banyak ide yang bisa muncul dari observasi sederhana ini.

Related Post:

2. Banyak Membaca

Membaca adalah cara efektif untuk mengasah kreativitas dan mengekspansi wawasan. Malah, ada yang bilang kalau seorang penulis tuh harus banyak membaca biar tulisannya lebih berwarna.

Karena saat kita membaca berbagai jenis buku, artikel, dan cerita, kita akan terpapar pada beragam ide, gaya penulisan, dan sudut pandang. Hal ini bisa merangsang pemikiran kreatif dan membantu kita untuk mengembangkan ide-ide baru.

Jadi, luangkan waktu untuk membaca secara teratur. Bahan bacaannya bisa apa saja, meliputi buku fiksi dan non-fiksi, majalah, surat kabar, atau blog.

3. Pemanfaatan Teknologi

Kita tuh hidup di era digital yang menawarkan akses tak terbatas ke berbagai macam informasi. Maka, kita gunakan saja teknologi sebagai alat untuk mencari ide menulis.

Kita bisa menjelajahi internet, mengikuti berita terkini, dan membaca blog atau forum yang berkaitan dengan minat kita. Minimal, kita akan mendapatkan satu ide untuk kita kembangkan dalam tulisan.

Selain itu, media sosial adalah sumber inspirasi yang kaya, karena kita bisa melihat apa yang sedang tren dan apa yang sedang diperbincangkan oleh banyak orang. Bahkan, salah satu temanku memutuskan untuk menulis dari sebuah berita menggelitik yang di baca di Facebook.

4. Pencatatan Ide


Mencatat Ide yang Muncul


Jangan pernah menganggap remeh ide-ide kecil yang muncul secara tiba-tiba. Seringkali, ide-ide terbaik muncul di saat-saat yang nggak kita duga.

Oleh karena itu, selalu siapkan alat untuk mencatat ide-ide tersebut. Kita bisa menggunakan buku catatan, aplikasi ponsel, atau catatan di komputer. Mungkin akan lebih mudah kalau mencatat di ponsel ya. Secara kayaknya, kita sudah nggak bisa terpisahkan sama gadget itu.

Dengan mencatat ide-ide tersebut, kita bisa kembali ke mereka saat kita membutuhkan inspirasi.

5. Diskusi dengan Orang Lain

Berbicara dengan orang lain bisa jadi salah satu sumber inspirasi yang nggak terbatas lho. Diskusi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja tentang topik-topik yang kita minati bisa membuka perspektif baru dan memberikan ide-ide segar.

Jika kita memiliki pertanyaan atau kebingungan tentang suatu topik, jangan ragu untuk mencari masukan dari orang lain. Mereka mungkin memiliki wawasan yang berbeda yang akan memicu ide-ide kreatif dalam pikiran kita.

6. Jelajahi Diri Sendiri

Kreativitas sering kali berasal dari pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita sendiri. Luangkan waktu untuk merenung tentang minat, hobi, dan pengalaman hidup yang sudah kita alami.

Apakah ada pengalaman pribadi yang bisa kita jadikan sumber inspirasi? Apakah ada kisah pribadi yang ingin kita bagikan?

Dengan menjelajahi kehidupan kita sendiri, kita bisa menemukan ide-ide unik yang hanya kita yang memiliki.

Related Post:

7. Bermain dengan Imajinasi

Imajinasi adalah alat penting dalam menulis. Cobalah untuk bermain-main dengan imajinasi kita.

Bayangkan situasi fiksi, karakter, atau konsep-konsep yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Kita bisa menggunakan teknik ini untuk menciptakan cerita fiksi, artikel, atau bahkan puisi yang unik dan menarik.

8. Mencari Inspirasi dari Seni dan Musik

Seni dan musik bisa menjadi sumber inspirasi yang luar biasa. Mengunjungi museum seni, galeri, atau konser musik bisa memicu kreativitas.

Bahkan melukis, menggambar, atau bermain musik sendiri bisa menjadi cara untuk mencari ide menulis yang nggak terbatas lho.

9. Membiasakan Aktivitas Menulis

Menciptakan rutinitas menulis bisa membantu kita untuk menjaga aliran ide yang nggak terbatas. Kita bisa membuat jadwal tetap untuk kegiatan menulis, anggaplah sejam sehari.

Lakukan jadwal itu dengan konsisten. Dengan begitu, kita bisa mengembangkan disiplin dan konsistensi dalam menulis. Semakin kita sering menulis, maka mungkin akan semakin banyak ide yang muncul.

10. Mengatasi Writer Block


Aktivitas untuk Mengatasi Writer Block


Kadang-kadang, kita akan mengalami writer block, di mana kita merasa sulit sekali menemukan ide-ide menulis. Apa yang kita lakukan hanya ketik hapus ketik hapus saja di depan laptop. Sudah mentok dan nggak ada sebait kalimat pun yang tercipta.

Kalau sudah begini kita bisa mencoba teknik-teknik untuk mengatasi writer block, seperti jalan-jalan singkat, meditasi, atau berhenti sejenak untuk melihat sekitar.

Tahu nggak sih? Ada kalanya dengan beristirahat sejenak dari menulis bisa membantu kita untuk kembali dengan ide segar lho.

Kesimpulan

Cara mencari ide menulis yang nggak terbatas tuh nggak mudah. Kita butuh kerja keras, kreativitas, dan ketekunan.

Dengan menggali sumber-sumber inspirasi yang beragam, kita bisa memastikan bahwa kita nggak akan kehabisan ide.

Ingatlah untuk selalu mencatat ide-ide kecil yang muncul, berbicara dengan orang lain, dan menjelajahi dunia di sekitar kita. Dengan mengikuti strategi ini, kita akan memiliki aliran ide yang nggak terbatas untuk mendukung aktivitas menulis sehari-hari.

Related Post:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

1 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. dulu aku sempet hiatus kurang lebih setahun, dan pada akhirnya menyesal juga hahaha
    alasannya karena kesibukan, padahal kalau disempetin ya bisa, terus ada lagi alasan ga nemu ide, padahal disekitar kita banyak cerita atau pengalaman yang bisa ditulis kembali
    Kayaknya memang tergantung niat tiap orangnya ya

    apalagi kalau pas nemu ide di jalan, terus lupa dicatat, sampe berakhir hilang gitu aja idenya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro