Cara Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula yang Mudah dan Tanpa Modal

Sebutkan apa saja kebutuhan primer bagi kita? Yups, nggak lain dan nggak bukan adalah sandang, pangan dan papan atau tempat tinggal. Semakin bertambah jumlah penduduk maka begitu juga kebutuhan akan tempat tinggal.

Makanya, nggak heran kalau kita bisa menemukan semakin menjamurnya bisnis terkait hal ini. Bisnis properti misalnya.


Cara Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula
Sumber Foto: Website Canva


Mengapa Memilih Bisnis Properti sebagai Pemula?

Bisnis properti adalah bisnis yang bidang usahanya bergerak di bidang kepemilikan aset. Misalkan tanah, bangunan, dan lain-lain. Lalu, apakah bisnis jenis ini cocok untuk seorang pemula sepertiku?

Mungkin kebanyakan orang berpikir (termasuk aku sendiri) bahwa bisnis properti adalah bisnis yang butuh modal gedhe. Secara bisnisnya bergerak di bidang kepemilikan aset. Dalam benakku, kita butuh aset yang bisa kita perdagangkan.

Sayangnya, konsepnya nggak melulu seperti itu lho. Meski tanpa modal ternyata kita bisa memulai bisnis properti kok. Nanti kuceritakan bagaimana caranya ya.

Alasan lain kenapa pemula bisa memilih untuk memulai bisnis properti adalah karena bidang ini kayak nggak pernah sepi. Seperti yang kusebutkan di awal tadi bahwa tempat tinggal merupakan kebutuhan primer.

Bacaan Menarik Lainnya:

Siapa sih yang nggak butuh tempat tinggal sekarang? Mau itu kos, rumah petak, apartemen, vila dan lain sebagainya. Pasti kita butuhkan. Tinggal mengatur dengan kondisi keuangan kita saja.

Misal, kalau lagi banyak dana mungkin kita akan membeli tanah dan membangun rumah gedong. Atau kalau kita punya dana terbatas ya beli rumah dengan cara kredit dan lain-lain.

Intinya adalah bisnis properti adalah bisnis yang menjanjikan deh. Kita bisa mendapat keuntungan yang tinggi untuk kesejahteraan masa depan kita.

Cara Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula

Lantas, kalau kita nggak punya modal gedhe gimana kita bisa berbisnis properti? Ada beberapa cara memulai bisnis properti yang mudah dan tanpa modal bagi pemula, sebagai berikut:

1. Mulai dengan Orang-orang di Sekitar Kita

Cara pertama bisa kita mulai dari orang-orang yang ada di sekitar kita. Siapa tahu ada yang ingin membeli atau menjual rumah ‘kan?

Kita bisa bantu mereka untuk mencarikan properti yang cocok atau pembeli yang bersedia membeli rumah mereka. Dari transaksi tersebut kita bisa mengambil keuntungan begitu transaksi berhasil.

Dengan begitu, kita sudah bisa memulai bisnis properti tanpa modal sedikit pun ‘kan?

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Kerja Sama dengan Developer


kerja sama dengan developer
Sumber Foto: Website Canva


Cara memulai bisnis properti tanpa modal kedua adalah kita bisa menjalin kerja sama dengan developer sebagai penyedia unit yang bisa kita jual. Selanjutnya kita tinggal promosikan unit yang sedang dikembangkan oleh developer.

Saat bekerja sama dengan developer jangan lupa untuk mengumpulkan semua informasi dengan detail terkait properti yang akan kita promosikan ya. Mulai dari lokasi properti, harga promosi, diskon sampai berbagai penawaran menarik lainnya.

Oh iya, kita juga harus mengetahui dengan pasti seperti apa spesifikasi unit yang ingin kita jual. Hal ini biar kita semakin mudah saat berpromosi.

Yang paling penting adalah cari tahu tentang komisi yang bisa kita dapatkan begitu bisa menjual setiap unitnya. Ini bisa menjadi sumber income kita dong. Income adalah pendapatan atau profit yang kita peroleh.

Sehingga, penting sekali ada bukti perjanjian kerja samanya ya. Biar kita nggak merasa rugi kalau terjadi hal-hal yang nggak menyenangkan di kemudian hari.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Gencar Mencari Calon Pembeli

Begitu kita punya perjanjian kerja sama maka selanjutnya kita bisa mencari calon pembeli dengan gencar. Oleh karena itu, kita perlu mengembangkan skill marketing dengan baik.

Biar semakin mudah memikat hati calon pembeli potensial. Maka kita perlu mengenali dan memahami kebutuhan mereka. Lalu kita bisa menemukan dan menawarkan unit sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Kalau sudah begini, maka kesempatan kita untuk closing akan semakin lebar.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Manfaatkan Internet untuk Kegiatan Promosi

Menjaring calon pembeli yang ada di sekitar kita memang bagus sih. Kita mungkin sudah mengenal mereka. Penyampaian penawaran pun rasanya bisa dengan mudah kita lakukan.

Hanya saja, akan lebih baik jika kita juga memanfaatkan internet untuk kegiatan promosi. Kita bisa gunakan marketplace, social media, website dan forum jual beli.

Buat caption yang menarik beserta foto-foto unit yang ingin kita jual. Sematkan juga keterangan terperinci tentang spesifikasi unit tersebut. Agar calon pembeli semakin merasa tertarik.

Terakhir jangan lupa sematkan kontak informasi kita. Biar calon pembeli bisa menghubungi kita saat ingin bertanya lebih detail mengenai unit dan membelinya.

See! Memulai bisnis properti nggak selalu harus dengan modal gedhe ‘kan. Bahkan kita bisa memulainya tanpa modal. Hanya dengan memanfaatkan skill marketing dan internet pun bisa. Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

16 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. internet memang paling membantu untuk bisnis apapun ya, termasuk bisnis properti ya, biar menjangkau lebih banyak calon klien maupun konsumen, dan meningkatkan bisnisnya

    BalasHapus
  2. Hai kak, saya pernah coba berbisnis jual property. Memang gak lama dilakoni kurang dari 1 tahun.Sampai hopless karena susah banget ya lakunya menjual rumah dan mencari pembeli. Mungkin harus lebih gigih lagi ya

    BalasHapus
  3. Saya punya beberapa teman yang berbisnis properti. Promosinya lewat medsos. Memang harus bisa merangkai kata yang menarik. Teman-teman saya kelihatannya memang pintar menjual properti

    BalasHapus
  4. Jual properti secara mandiri memang agak sulit. Lama banget terjualnya. tapi begitu diagenkan, wah ga pake nunggu lama tuh kejual.

    Terlihat menggiurkan ya mbk, karena komisi dari satu unit aja sudah lumayan.

    BalasHapus
  5. udah lama nih saya pingin bisnis properti karena harga properti gak mungkin jatuh
    walau kenaikannya tergantung lokasinya
    dan happy baca tulisan ini karena jadi solusi untuk yang mau memulai seperti saya

    BalasHapus
  6. Dari sekian bidang bisnis, saya paling minat sama bisnis property...
    Risiko ruginya kecil dan keuntungannya besar. Tadinya saya pikir butuh modal besar. Tapi setelah baca artikel ini, saya jadi tahu bahwa untuk bisnis property gak selalu butuh modal besar... Makasih ya kak...

    BalasHapus
  7. Bisnis property tanpa modal yang saya tau jadi marketinga tau broker hehehe tapi hasilnya kalau closing menguntungkan ya

    BalasHapus
  8. Mantan rekan kerja daku seperti itu juga kak, dia mulai usaha properti dari yang lingkungan temen² deketnya dulu, eh karena orangnya gercep maka makin gencar juga peluangnya seperti di dalam tulisan kak Yuni.
    Memang tekad dan usaha bisa mewujudkannya, apalagi usah aproperti bisa dikatakan terus dicari sih ya, karena orang banyak butuh hunian

    BalasHapus
  9. Wah, bisa ya bisnis property tanpa modal. Jadi kepengen deh ih. Walopun mungkin, aku kudu banyak belajar dulu. Aku soalnya dari nol banget. :D

    BalasHapus
  10. Bisnis properti memang menjajikan karena keuntungan yg didapat terbilang lumayan. perlu strategi yg cermat untuk mempromosikannya. Beruntung di era digital seperti sekarang makin terbantu dgn akses internet

    BalasHapus
  11. Bisnis properti bagi saya adalah bisnis yang besar. Susah loh jual rumah. Makanya orang yang sukses bisnis properti bagi saya adalah orang yang keren.

    BalasHapus
  12. Wah keren banget nih kalau bisa eksekusi semua tips diatas. Saya pribadi pengen juga sih jualan property karna memamg untung nya lumayan ya mom

    BalasHapus
  13. Wah keren banget nih kalau bisa eksekusi semua tips diatas. Saya pribadi pengen juga sih jualan property karna memamg untung nya lumayan ya mom

    BalasHapus
  14. Menarik. Aku baru dapet tawaran dari senior untuk bantu bisnis propertinya. Yaaa nggak apa-apa deh, itung-itung belajar dulu. Siapa tau nanti bisa punya bisnis sendiri. Cihuuy!

    BalasHapus
  15. Bisnis properti ini menarik, apalagi aku tuh termasuk yang suka banget sama rumah-rumah yang desain dan konsepnya keren nih, jadi kepikiran buat coba juga sih untuk bisnis properti

    BalasHapus
  16. rasanya ingin sekali memiliki bisnis yang menjanjikan seperti di atas, tetapi harus banyak belajar dulu ya. di rumah orang tua sebenernya dulu ada sarang walet, tapi terbengkalai sejak ayah meninggal, sayang sekali waktu itu saya masih kecil.

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro