Begini Cara Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

Sudah bukan rahasia umum lagi sih kalau saat ini pemasaran secara online sedang marak di kalangan para pebisnis. Nggak terkecuali untuk para pemula. Kita perlu belajar banyak mengenai gimana cara memulai digital marketing untuk menjual produk yang kita miliki.

Apa itu Digital Marketing?


Cara Memulai Digital Marketing


Sebelumnya, aku sudah pernah membahas mengenai bisnis digital. Apa itu bisnis digital dan contoh-contohnya? Teman-teman bisa membacanya kembali melalui tautan dalam box informasi di bawah ini:

Bacaan Menarik Lainnya:

Berkaitan dengan bisnis, tentu kita membutuhkan usaha pemasaran. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan bisnis kita pada orang-orang yang akan menjadi target market.

Salah satu kegiatan pemasarannya bisa kita melalui online. Atau seringnya kita sebut sebagai digital marketing.

Sehingga, definisi digital marketing adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (internet) dalam hal memasarkan produk. Baik berupa barang atau jasa dari sebuah bisnis.

Gimana Cara Memulai Digital Marketing Bagi Pemula?

1. Tetapkan Produk Terbaik yang Ingin Kita Jual

Namanya juga usaha pemasaran ya. Tentu kita harus tahu dulu produk atau jasa apa yang ingin kita jual?

Dalam hal ini, kita nggak hanya bisa mengandalkan tentang gimana bagusnya produk kita. Tapi, kita juga perlu memikirkan apakah orang akan membutuhkan produk tersebut.

Sehingga, akan lebih baik kalau kita mencari atau menciptakan produk yang bisa memberikan solusi untuk kebutuhan banyak orang.

Contohnya: Kita tinggal di daerah yang intensitas cahaya mataharinya ada sepanjang tahun. Padahal sinar matahari yang sampai ke bumi juga bawa sinar UV yang juga berbahaya bagi kulit.

Maka, akan lebih cocok kalau kita menyediakan produk sunscreen. Jadi, banyak orang yang membutuhkan lalu membelinya.

2. Pilih Target Market yang Cocok

Setelah kita tahu mau jual produk apa. Langkah memulai digital marketing selanjutnya adalah memilih target market yang cocok. Yah, ‘kan nggak semua orang akan suka sama produk kita. Iya nggak sih?

Kita jualan sunscreen. Maka seharusnya yang membeli produk kita adalah cewek-cewek yang aware sama kondisi kulitnya. Bisa mulai dari usia sekolah sampai ibu-ibu juga. Terus mereka yang sering beraktivitas di luar rumah, kayak pekerja gitu deh.

Dengan begitu, produk kita bisa menjadi solusi mereka untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA atau UVB.

3. Bangun Website Pribadi


Website Pribadi untuk Digital Marketing


Kalau sudah memutuskan mengenai dua hal utama yang sebelumnya. Hal yang nggak kalah penting adalah membangun toko online. Bila modalnya masih nggak banyak, kita boleh menumpang di marketplace dulu.

Namun, saat modal sudah terkumpul dan kita ingin membuat toko online sendiri. Maka kita bisa membangun website pribadi. Agar bisa mendesaign, mengisi konten dan mengiklankan website kita sendiri.

Untuk membuat toko online, kita bisa melalui salah satu web hosting Indonesia terbaik dengan harga terjangkau. Kita bisa membuat website pribadi dengan harga mulai dari Rp. 12.250,- per bulan. Namanya DomaiNesia.

Bukan hanya itu sih. DomaiNesia juga menyediakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan website pribadi kita yaitu CPanel, LiteSpeed, Nevacloud, MySQL, PHP dan lain sebagainya.

Oh ya, DomaiNesia juga menyediakan mail hosting bisnis lho. Jadi, bisnis kita bisa semakin terlihat lebih profesional.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Manfaatkan Sosial Media

Sambil lalu membangun toko online sendiri, kita bisa memanfaatkan sosial media juga lho. Kenapa?

Menurut laporan We Are Social, Pada bulan Januari 2022 ada 191 juta pengguna sosial media di Indonesia. Whatsapp menjadi urutan pertama dalam jumlah pengguna yaitu 88,7%. Lalu Instagram dan Facebook yang masing-masing sebesar 84,8% dan 81,3%. Baru kemudian Tiktok dan Telegram yaitu 63,1% dan 62,8%.

Kita bisa memilih untuk menggunakan minimal 2 jenis sosial media tersebut untuk memasarkan bisnis yang kita punya. Semakin banyak media sosial yang kita kelola akan semakin baik sih. Tapi, perlu kita pertimbangkan keaktifan mengisi kontennya.

Kalau emang belum punya sumber daya untuk memastikan update kontennya. Mending kita gunakan jumlah minimal saja ya.

5. Gunakan SEO, SEM dan Sosial Media Ads

Terakhir adalah mengoptimasi channel untuk digital marketing yang kita pakai. Misalnya, website pribadi dan sosial media lain. Optimasinya gimana tuh?

Ada beberapa metode sih untuk mengoptimasi channel digital marketing, seperti SEO, SEM atau memanfaatkan Ads untuk masing-masing sosial media.

SEO atau Search Engine Optimization agar website pribadi atau toko online yang kita punya lebih mudah ditemukan melalui mesin penelusuran. Kita bisa menggunakan jasa SEO yang banyak di luar sana. Atau mempelajarinya sendiri.

SEM atau Search Engine Marketing untuk mendapatkan visitor dan calon kostumer produk atau jasa. Kita bisa menggunakan Google Ads.

Terakhir adalah memanfaatkan Ads untuk masing-masing sosial media yang kita gunakan. Bisa Facebook Ads, Instagram Ads dan lain-lain.

Pada point ini, kita memang menggunakan modal lebih banyak sih. Meski begitu, kita harus ingat untuk tetap hari-hati dalam penggunaannya ya. Biar nggak mubadzir.

Memulai Digital Marketing Nggak Sulit Kok

Sebenarnya, siapa saja bisa memulai bisnis digitalnya sendiri. Toh, kita bisa memilih yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Karena memang ada begitu banyak contoh bisnis digital yang bisa kita lakukan.

Urusan memasarkannya juga nggak sulit kok. Kita bisa melakukan beberapa cara memulai digital marketing untuk pemula yang tadi kita bahas.

Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

18 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Yashhhh, di era yg serba digital.kyk sekarang, hayuklahhh ikut bisnis d ranah online juga.

    Supaya berhasil, kudu ikuti tips ini yakkk

    BalasHapus
  2. Dan yang paling penting, segera mulai ya Mba :D
    Mulai bikin websitenya juga, pakai hosting yang mantul biar makin bagus.
    Dan saya setuju banget, memulai digital marketing itu, nggak sulit kok

    BalasHapus
  3. Aku tercerahkan sama artikelnya mba. Jadi lebih paham tentang seluk beluk dunia digital marketing.

    Btw, itu biaya hostingnya murah juga ya, mba. Aku biasanya bayar kisaran 52 rb per bulan.

    BalasHapus
  4. 12.250,- per bulan mah worth it lah ya?
    Karena penghasilan yang diterima berlipat-lipat setelah menggunakan web hosting dari DomaiNesia

    BalasHapus
  5. Digital marketing memang oerlu banget dikembangkan ya Mbak. Aku sampai saat ini masih terus belajar SEO mbak. Krn semakin ke sana zaman semakin maju dan perlu banget mengembangkan diri, mengepakkan sayap untuk terus berkembang sesuai zamannya.

    BalasHapus
  6. Nah cara memulai digital marketing sudah diuraikan di sini, tinggal pembaca memulai untuk melakukannya ya.
    Wah murah banget di domanesia ini mbak, 12.500 aja per bulan biaya hosting. Seharga segelas kopi aja nih

    BalasHapus
  7. saat ini belajar digital marketing udah jadi keharusan untuk kita bisa melek digital. apalagi saat ini udah banyak banget media buat kita belajar soal ini.

    BalasHapus
  8. Dunia digital marketing saat ini menjadi dunia yang menarik perhatian. Apalagi dejgan semakin banyaknya pelaku bisnis yang beralih dari konvensional ke digital. Tapi tetap harus dipersiapkan dengan baik segala sesuatunya agar bisa tercapai ya, Kak.

    BalasHapus
  9. Tips di atas emang benar dan harus dilakukan bagi seorang pebisnis. Mengetahui target pasar sangat penting sebagai bentuk observasi di awal sebelum membuka usaha atau bisnia. Makasih infonya, bagus dan inspiratif :)

    BalasHapus
  10. Emang berasa deh kalau jualan menggunakan tehnik digital marketing jangkauannya luas banget, insyaallah makin luas juga keuntungannya bahkan bisa sampai luar negeri kan. Asal ya itu, pinter-pinternya aja gimana cara pemasarannya

    BalasHapus
  11. Wah lengkap banget ulasannya tentang Digital Marketing mba. Ilmu baru untukku. Sebenarnya Digital Marketing GK serumit bayanganku hehe.. makasiii sdh share mba

    BalasHapus
  12. Sekarang ini, digital marketing adalah kunci dalam mengembangkan bisnis
    Makanya harus serius untuk dijalani ya mbak
    Salah satunya ya harus punya website pribadi

    BalasHapus
  13. Digital marketing udah jadi andalan nih buat perusahaan dalam memasarkan bisnisnya, apalagi dengan mengetahui teknikalnya. Makanya kita pun sebagai bloger juga kudu belajar ya digital marketing

    BalasHapus
  14. era digital ini mau gak mau semua beralih ke media sosial untuk penjualan ya, semoga makin banyak UMKM sukses dan mandiri

    BalasHapus
  15. Tips-tips digital marketing kayak gini kita dapatkan berbayar. Mba Yuni menyajikannya secara gratis. Keren.

    Mulai dari menentukan produk yang akan dijual, target pasar, website, optimasi sosmed, sampai SEO, SEM, dan sosmed ads semuanya penting.

    BalasHapus
  16. Pastikan target pasaran dan Manfaat kan medsos itu penting banget buat aku. Biar proses jual beli kita berjalan dengan lancar dan laris manis tentunya.

    BalasHapus
  17. Tentukan produk dan target pasarnya, memang penting ya mbak. Biar bisnis makin terarah dan terencana.
    Nice tips Mbak Yuni.

    BalasHapus
  18. Memanfaatkan sosial media yang kita punya akan memberikan banyak manfaat yaa apalagi buat mereka yang punya bisnis

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro