Inspirasi Bisnis dari Elizabeth Setiaatmadja, Bisnis Tak Hanya Soal Uang

Indonesia masih butuh banyak entrepreneur, loh. Agar Indonesia bisa tampil sebagai negara yang maju di kancah internasional. Artinya, ke depan harus lahir banyak entrepreneur-entrepreneur bertalenta di negeri ini. Mengingat jumlahnya masih jauh dari kata cukup.

Sebenarnya, Indonesia tak kekurangan figur entrepreneur handal. Ada banyak sosok entrepreneur yang bisa jadi inspirasi ataupun panutan. Dan, salah satu cara untuk bisa jadi entrepreneur sejati ya belajar dari mereka.

Nah, di tulisan kali ini. Aku akan mengenalkan salah satu sosok womenpreneur Indonesia yang menurutku bisa banget buat jadi inspirasi dan panutan. Namanya Elizabeth Setiaatmdja.

Apa ya kira-kira inspirasi yang bisa kita dapatkan dari Elizabeth Setiaatmadja? Kita simak bareng-bareng, yuk! Soalnya aku udah sempat berkomunikasi via Google Meet bareng beliau pada tanggal 23 November 2022 lalu.

Lebih Dekat dengan Elizabeth Setiaatmadja


Elizabeth Setiaatmadja
Mengenal Elizabeth Setiaatmadja Lebih Dekat


Sebelum aku bahas lebih jauh soal perjalanan bisnis maupun inspirasi yang bisa kita dapatkan dari Elizabeth Setiaatmadja. Ada baiknya kita tahu dulu sedikit latar belakangnya.

Jadi, Elizabeth Setiatmadja ini adalah putri sulung dari Pak Jahja Setiaatmadja. Nama ini sudah tidak asing loh di dunia perbankan Indonesia. Yap, karena Pak Jahja adalah seorang CEO dari salah satu bank swasta besar di Indonesia.

Tapi salutnya, Liz Setiaatmadja tak mau menggunakan nama besar Pak Jahja dalam meniti karir. Ia memutuskan untuk mencari jalannya sendiri.

Semua ia buktikan lewat pilihan hidup untuk memulai karirnya sendiri. Makanya, sebelum terjun menjadi full time entrepreneur. Elizabeth Setiaatmadja memilih mencari pengalaman dulu dengan bekerja di Ernst & Young. Wah, padahal kalau mau. Ia bisa langsung bekerja di bank tempat Pak Jahja berkarir. Iya kan?

Tapi sudah ada jiwa kewirausahaan dalam diri Elizabeth Setiaatmadja. Yakni mau belajar dan berjuang dari bawah.

Bacaan Menarik Lainnya:

Perjalanan Bisnis Liz Setiaatmadja


Womenpreneur Indonesia
Liz Setiaatmadja, Salah Satu Womenpreneur Indonesia yang Mulititalenta dan Berjiwa Sosial Tinggi


Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari perjalanan bisnis Elizabeth Setiaatmadja. Ternyata, ia sudah dari kecil terlatih untuk menangkap peluang bisnis. Pas masih SD saja, ia sudah pernah berjualan kartu natal kepada teman-temannya.

Kebiasaan ini terus berlanjut sampai beliau kuliah di Sydney, Australia. Padahal beliau udah dapat pesen nih supaya fokus belajar. Tapi ya karena jiwa kewirausahaan udah kuat banget, jadi ia nggak bisa diam saja saat melihat peluang bisnis di depan mata.

Makanya, bersama seorang temannya. Elizabeth Setiaatmadja berjualan kartu telepon kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Sydney.

Tau nggak? Hasil dari berjualan kartu tersebut sangat lumayan, loh. Bisa jadi tambahan uang untuk menjalani kehidupannya di Australia. Keren kan?

Nah, lepas dari kuliah, Elizabeth Setiaatmadja memilih untuk bekerja dulu di Ernts & Young selama dua tahun seperti yang udah aku jelaskan tadi. Barulah beliau membangun bisnis bersama suaminya bernama Cronicle Production.

Sebuah bisnis rumah produksi atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Production House. Awalnya melayani pembuatan konten untuk wedding. Tapi seiring berkembangnya pasar, maka Cronicle Production juga mulai melayani perusahaan juga.

Tak puas dengan satu bisnis, Elizabeth Setiaatmadja juga menjajal berbagai bisnis lainnya. Baru-baru ini, beliau membuka bisnis kuliner, yakni berjualan sushi dan rice bowl. Coba deh cek IG @sushimoo.id dan @donmoo.id buat cari tahu lebih jauh.

Selain bisnis kuliner ini, Elizabeth Setiaatmadja juga memiliki bisnis di bidang kesehatan. Bisnis ini sudah lama beliau jalankan. Kalau mampir ke Tokopedia, coba cari toko Belle Couture.

Toko online ini menyediakan berbagai alat kesehatan seperti kaluang kesehatan AVIAIR dan masker kesehatan CareMax. Toko ini menjadi toko kesehatan terbaik di Tokopedia, loh. Lantaran dapat rating bintang lima dan balasan chat customer service dalam hitungan detik.

Elizabeth Setiaatmadja nggak berhenti berinovasi. Ke depan, di Belle Couture, ia akan menyediakan aneka camilan sehat. Untuk awal akan menyediakan camilan sehat untuk autis dan diabetes.

Wah, luar biasa!

Inspirasi Bisnis dari Elizabeth Setiaatmadja


perempuan multitalenta
Nggak Ingin Hanya Mengandalkan Kesuksesan Ayah, Liz Setiaatmadja pun Ingin Kesuksesannya Sendiri


Aku sangat takjub ketika mendengar Elizabeth Setiaatmadja berbicara waktu itu di Google Meet. Terlihat jelas ia adalah orang yang selalu bersemangat, menghargai orang lain, serta sangat visioner.

Ngomongnya juga cepet, sampai-sampai aku hampir keteteran saat membuat beberapa catatan. Untungnya aku berhasil mengimbangi kecepatan berpikirnya dengan berusaha sangat fokus. Lebih fokus dari biasanya, hehehe.

Nah, dari obrolan kami melalui Google Meet tersebut. Aku mendapatkan beberapa insprasi bisnis dari Elizabeth Setiaatmadja. Aku harap catatanku ini bisa membantu kamu yang sedang mencari tahu tentang cara jadi entrepreneur yang baik itu gimana. Langsung saja kita mulai!

1. Pintar Membaca Peluang

Bisnis salah satunya ternyata dimulai dari membaca peluang. Itulah yang selalu ada pada sosok Setiaatmadja. Dari kecil ia bahkan sudah bisa membaca peluang jika kartu natal itu addalah barang yang sangat dibutuhkan menjelang natal.

Buat siapapun yang mau menjadi entrepreneur juga harus melatih kemampuan membaca peluang ini. Tentu bisa dimulai dengan melihat apa yang tengah dibutuhkan oleh orang-orang sekitar.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Berani Mencoba

Membaca peluang saja tak cukup. Harus didukung pula dengan keberanian untuk mencoba. Yang namanya bisnis, tentu ada resiko gagal bukan?

Coba bayangkan, seandainya Elizabeth Setiaatmadja hanya sekedar membaca peluang. Tapi tak berani mencoba, sudah barang tentu berjualan kartu natal semasa SD dan menjual kartu telepon di Australia tak bakalan ia lakukan.

Selanjutnya, bahkan sampai saat ini pun. Aku rasa yang menjadikan Eliabeth Setiaatmadja sebagai womenpreneur Indonesia handal karena kemauannya untuk mencoba berbagai bisnis dan berjuang menjadikan bisnis tersebut sukses.

3. Visioner dan Selalu Berinovasi

Kemampuan membaca peluang dan keberanian untuk mencoba juga perlu disokong dengan visi dan inovasi. Jadi berbisnis itu jangan cuma hanya memikirkan hasil atau uang saja.

Kalau kata Elizabeth Setiaatmadja. Setiap mau mulai berbisnis, ia selalu berpikir tentang pembeda atau inovasi. Jadi setiap bisnis yang ia kerjakan harus punya pembeda dengan bisnis lain yang sejenis.

Selain itu, ia juga selalu memikirkan manfaat atau kontribusi bisnisnya untuk para customer nantinya.

4. Pandai Menjalin Komunikasi dan Networking

Liz Setiaatmadja ini bisa dibilang sebagai networking expert dan pakar komunikasi. Ya gimana tidak, saking mahirnya menjalin komunikasi. Toko onlinenya di Tokopedia dapat rating yang baik. Sampai-sampai customer yang beralih jadi sahabat dan tak canggung untuk curhat.

Terus, jaringannya juga luas banget. Karena jaringan yang luas dan kuat tersebut. Elizabeth Setiaatmadja sampai dipercaya oleh banyak pihak untuk berbagi ilmu bisnisnya melalui seminar-seminar atau pelatihan-pelatihan.

Banyaknya bisnis yang ia jalankan juga lantaran networkingnya bagus. Banyak kenalan, kemudian berakhir pada kerjasama bisnis.

Jadi perlu diingat nih buat siapa saja yang mau berbisnis perlu banget membangun networking seluas-uasnya. Sebab semakin banyak teman semakin banyak peluang yang akan datang.

5. Berbisnis dengan Semangat Berbagi

Satu hal lagi yang patut kita jadikan contoh dari seorang Elizabeth Setiaatmadja. Dalam berbisnis, ia tak cuma membaca peluang, berinovasi, dan membangun networking. Tapi ia juga punya semangat berbagi yang tinggi.

Makanya ada beberapa bisnis beliau yang itu arahnya ke bisnis sosial atau sociopreneur. Jadi ceritanya, pas pandemic Covid-19 merebak di tahun 2020 lalu.

Elizabeth Setiaatmadja bersama temannya memproduksi 400.000 APD. Kemudian APD tersebut ia distribusikan pada para tenaga medis dengan harga jauh di bawah harga pasaran, yakni hanya Rp55.000,- saja. Padahal kala itu APD harganya mencapai Rp250.000.

Ia juga tak pelit berbagi pengalaman atau ilmu bisnis yang ia punya. Makanya ia sering diminta oleh beberapa pihak, salah satunya BCA UMKM, Top Karir untuk mengajari para UKM bahkan juga menjadi juri UKM di Iforte Enterpreneur 4.0.

Biasanya para UKM ini akan diajari bagaimana cara memaksimalkan pelayanan dan komunikasi dalam menggaet customer dan meningkatkan penjualan.

Bacaan Menarik Lainnya:

6. Selalu Bersyukur dan Melibatkan Tuhan

Dalam hal apapun, jika kita ingin melakukan sesuatu secara jangka panjang. Rasa-rasanya kita harus melibatkan Tuhan dan selalu bersyukur kepadaNya.

Itu pula yang selalu Elizabeth Setiaatmadja lakukan. Bahkan dalam sesi Google Meet, hal itu ia sampaikan secara blak-blakan. Bahwa ia bersyukur jika apa yang ia lakukan dan ia raih semua adalah bentuk anugerah dari Tuhan.

Elizabeth Setiaatmadja juga merasa, jika ia adalah perpanjangan tangan Tuhan untuk sesama melalui jalan hidup yang ia pilih, mejadi womenpreneur Indonesia.

Elizabeth Setiaatmdja, Womanpreneur Indonesia

Sekarang kita telah sama-sama mengenal sosok Elizabeth Setiaatmadja. Sosok yang bisa aku bilang adalah perempuan multitalenta. Ia tak cuma jago jualan, loh. Ia pintar berkomunikasi, mahir networking, seorang ibu, dan juga bisa bermain musik. Keren kan?

Aku berharap, sosok Elizabeth Setiaatmadja bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi pembaca blogku ini yang mungkin sedang belajar cara menjadi entrepreneur sejati. Aamiin.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

14 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Terbukti kalau gak ada yang instan jika ingin mendapatkan sesuatu, orang-orang yang punya bisnis besar pasti awalnya jadi yang kecil dulu meskipun dia anak dari pengusaha sekali pun. Banyak inspirasi yang bisa kita pelajari dari Elizabeth Setiaatmadja ini yaa, sangat inspiratif ✨

    BalasHapus
  2. mahasiswa yg kuliah di LN emang mesti pinter2 cari peluang bisnis ya, kartu telepon pun jadi, bahkan ada jg yg jual ayam bakar hehe. cari peluang, komunikasi bagus dan pinter membangun relasi jadi modal dasar banget klo mau usaha ya

    BalasHapus
  3. keren ya, jiwa wirausahanya sudah ada sejak kecil dengan jualan kartu natal waktu SD. juga suka berbagi jadi rejekinya ngalir

    BalasHapus
  4. Aahh bener banget ini, bisnis itu ngga hanya perkara uangg :)) Tapi di sana juga ada banyak pelajaran yang bisa diambil

    BalasHapus
  5. Kegigihan Kak Liz ini cakep ya.
    Karena gak menyerah dalam berbisnis.
    Apalagi tiap peluang positif yang ada bisa dimaksimalkan, serta rasa bersyukurnya bisa menjadi teladan buat kita

    BalasHapus
  6. komunikasi dan networking sih ya emang harus dimiliki banget, apalagi buat pembisnis. karena betul tadi, usaha itu bukan cuma urusan duit.

    BalasHapus
  7. Sosok Elizabeth Setiaatmadja sangat menginspirasi banget yah. Bener banget kalau mau jadi enterpreneur emang harus pinter baca peluang juga biar tahu apa yang lagi hype. Dan tentu saja harus berani mencoba jangan nunggu nanti nanti bae.

    BalasHapus
  8. Keren ya Elizabeth Setiaatmadja ini perjuangan dan kemandiriannya. Yang kusalut, beliau ini anak bos besar lho, tapi ternyata malah bangun bisnis sendiri. Dan aku setuju, bersyukur dan selalu melibatkan Tuhan dalam apa pun yang kita lakukan, hasilnya pasti akan baik.

    BalasHapus
  9. Kalau sosok enterpreneur seperti Elizabeth Setiaatmadja ini aku seneng banget nih bila ada kesempatan untuk mendapatkan ilmunya. Secara dalam dunia bisnis sudah berhasil dan pandai melihat peluang, ya. Terbukti dengan banyaknya bisnis yang ditekuni dan sukses.

    BalasHapus
  10. Ya Allah, aku kalau lihat perempuan seperti ini silau banget. Terus rasanya gue bukan apa-apa. Tetapi memulai bisnis itu memang tidak mudah, perlu modal kuat dna dukungan yang kuat juga di belakangnya. Tapi tetep perjalanan beliau menginspirasi, jika ia bisa mungkin kita pun juga bisa.

    BalasHapus
  11. Orang yg punya jiwa bisnis itu pasti selalu saja ada ide buat jualan apa. Bahkan saat sekolah. Aku nggak kepikiran jualan kalo udah sekolah

    BalasHapus
  12. Dalam dunia bisnis, memang harus pandai membaca peluang, selain itu ya harus berani mencoba. Gagal atau berhasil itu urusan belakang 🤭
    Elizabeth Setiaatmdja emang keren sih, bisnisnya juga enggak 1 macam, bisa jadi inspirasi dia...

    BalasHapus
  13. Saya terinspirasi dari mbak Liz ini. Keren aja pokoknya. Pandai baca peluang dan semangat membantu orang lainnya selalu tinggi. Uang belakangan. Itu yg penting.

    BalasHapus
  14. Wah salut saya dengan kiprahnya Ibu Liz yang berbisnis dengan tujuan semata-mata bukan cuma buat cuan tapi juga untuk membantu sesama. Perjuangan beliau meraih kesuksesan juga inspiratif banget ya Mbak, padahal punya ayah yang konglomerat tapi beliau lebih memilih berjuang dari nol, dengan usahanya sendiri tanpa bantuan sang ayah. Keren!

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro